Selaput dara atau dalam dunia medis biasa dikenal dengan istilah hymen yakni selaput membrane mukosa yang ada di depan bibir vagina, lalu berapa biaya operasi hymenoplasty?. Selaput dara memang penting bagi kesehatan wanita, karena berhubungan dengan keperawanan.

Namun terdapat beberapa jenis kasus selaput dara mudah rusak akibat trauma atau tindakan kekerasan seksual yang tidak diinginkan, sehingga akan menyebabkan kekhwatiran jika akan keutuhan selaput dara tersebut. Dalam dunia medis, terdapat tindakan yang bisa merestorasi kondisi tersebut, yakni kerusakan selaput dara disebut dengan hymenoplasty.

Baca juga: Klinik Operasi Keperawanan Terbaik Di Jakarta



Pahami Mengenai Prosedur Dan Biaya Operasi Hymenoplasty

Apa itu Hymenoplasty?

Hymenoplasty merupakan sebuah rekonstruksi untuk memperbaiki hymen atau selaput dara pada kalangan wanita. Hymen yang memperoleh robekan akan dilakukan jahitan untuk memperbaiki bentuk dari hymen itu sendiri. Berbeda dengan vaginoplasty atau labioplasty, dimana operasi tersebut hanya fokus memperbaiki kondisi selaput dara. Sementara labia dan vaginoplasty bertujuan untuk mempercantik kelamin atau vagina.

Mengapa Prosedur Ini Dilakukan?

Biaya operasi hymenoplasty yakni proses yang bertujuan untuk memperbaiki hymen yang sudah robek atau berbagai penyebab lainnya. Hymenoplasty pada umumnya dijalankan karena alasan moral, social, dan budaya. Pada kalangan wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah sekali robek. Robekan tersebut disebabkan hubungan seksual atau non seksual seperti bermain sepeda, senam, olahraga, atau berkuda.

Bagaimana Prosedur Ini Dikerjakan?

Jadi secara umum hymenoplasty akan terbagi menjadi 2 jenis prosedur. Simple hymenoplasty yakni jika selaput dara masih ada yang tersisa, maka akan dilakukan penjahitan, sehingga selaput kembali kebentuk semula. Alloplant yaitu sebaliknya, dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali, dan akan dilakukan pemasangan selaput dara buatan.

Apa Keluhan Yang Dirasakan Setelah Prosedur Tersebut?

Hymenoplasty merupakan sebuah prosedur yang aman, namun tidak lepas dari efek samping operasi yang sudah terjadi. Berbagai hal yang bisa dialami pasien yang menjalani operasi tersebut yakni pendarahan, rasa nyeri, dan pembengkakan di area tersebut. Namun seharusnya berbagai jenis keluhan akan menghilang setelah beberapa waktu setelah hymenoplasty di jalankan.



Apa Komplikasi Tindakan Hymenoplasty?

Prosedur dan biaya operasi hymenoplasty yakni proses menyambung kembali selaput dara yang sudah robek, sehingga seharusnya tidak akan mengganggu organ vagina dan saluran kencing. Namun sebagai bentuk tindakan yang invasive, prosedur tersebut tetap akan menimbulkan resiko seperti yang kami sampaikan di atas. Bahkan beberapa kalangan akan meninggalkan infeksi, namun kondisi tersebut jarang sekali terjadi. Persiapan sebelum melakukan rekonstruksi Hymenoplasty?

•Mencukur bulu kemaluan sampai habis

•Periksakan diri Anda ke LAB jika memerlukan

•Puasa selama 3 jam sebelum biaya operasi hymenoplasty dimulai

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Proses Himenoplasty?

Hymenoplasty sebaiknya dilakukan setelah lewat sebulan masa trauma pada hymen akibat berhubungan seksual atau faktor lainnya. Hal tersebut kami maksudkan untuk menunggu peradangan akibat trauma hilang terlebih dahulu.

Pasien yang aktif secara seksual memang wajib berkomitmen untuk tak berhubungan seksual atau melakukan mastrubasi setelah proses tersebut. Luka yang timbul setelah membayar biaya operasi hymenoplasty membutuhkan kurang lebih 6 minggu untuk kembali pulih, sehingga dibutuhkan jarak antara prosedur operasi kurang lebih 2 bulan dari tanggal pemeriksaan kesehatan atau keperawanan Anda.

Kami Klinik Utama Gracia akan membantu semua proses dan prosedur dengan aman. Dokter kami tentunya sudah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 085714263063 ini. Sekian ulasan mengenai biaya operasi hymenoplasty, semoga bermanfaat ya.

Baca juga: Bagaimana Tips Mengembalikan Keperawanan?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.