Serviks merupakan penyebab paling umum kematian terkait kanker di kalangan wanita seluruh dunia, lalu bagaimana langkah-langkah pemeriksaan pap smear?. Padahal apabila diobati sejak dini, hasilnya menjadi lebih baik. Nah cara terbaik untuk mendeteksi kanker serviks secara dini yakni dengan melakukan pemeriksaan bernama tes pap smear. Pap merupakan singkatan dari papanicolaou, yakni nama dokter yang mengembangkan tes skrining untuk kanker serviks tersebut. Pap smear merupakan pemeriksaan kepada sel yang diambil dari mulut Rahim atau serviks.

Baca juga: Klinik Operasi Keperawanan Terbaik Di Jakarta



Bagaimana Langkah-Langkah Pemeriksaan Pap Smear Secara Rinci

langkah-langkah pemeriksaan pap smear bisa mendeteksi perubahan pada sel serviks akibat infeksi yang cukup serius seperti HPV, peradangan tersebut diketahui dapat menyebabkan kanker serviks. Saat perubahan prakanker diketahui dan diobati sedini munkin, maka kanker serviks bisa diatasi sebelum berkembang secara penuh. Banyak wanita yang pada akhirnya meninggal karena tak menyadari bahwa dirinya mengidap kanker serviks, sebab pada tahap awal tak mengalami gejala apapun. Begitu gejala datang, maka kondisinya semakin berat dan sulit di tolong.

Berkat langkah-langkah pemeriksaan pap smear tersebut, insiden kanker serta kematian akibat kanker serviks sudah menurun secara signifikan selama bertahun-tahun. Sebab ketika hasil pap semar menunjukan gejala yang tidak normal, maka observasi atau tindakan yang tepat bisa dilakukan oleh ahli medis atau dokter.


Tahapan Pap Smear Bagi Pasien


Setelah menjalankan persiapan diri, berikut beberapa tahap pemeriksaan pap smear yang perlu Anda ketahui lebih lanjut:

1.Ganti Baju

Langkah pertama pemeriksaan pap semar tidak jauh berbeda dengan tahap awal kegiatan medis lainnya, yakni dengan mengganti pakaian atau baju khusus dari rumah sakit. Kalian akan diminta untuk meninggalkan semua pakaian, terutama kain dibagian bawah. Jangan merasa risih atau panik, sebab hal tersebut berguna untuk mempermudah proses langkah-langkah pemeriksaan pap smear tersebut.

2.Berbaring dengan Kaki Terbuka Lebar

Jika kalian sudah mengganti pakaian, dokter akan memberi instruksi Anda untuk berbaring di meja pemeriksaan dengan posisi kaki yang terbuka lebar. Pada tahap ini Anda harus benar-benar merasakan rileks, agar otot vagina tidak tegang yang akan menyulitkan pemeriksaan.

3.Pemeriksaan bagian luar vagina

Pada proses tersebut, petugas akan melakukan pemeriksaan pada bagian luar vagina, yang mencakup bagian labia dan vulva. Proses cek tersebut dilakukan untuk pemeriksakan tahap selanjutnya.



4.Memasukkan Speculum untuk membuka vagina

Jika sudah dilakukan pengecekan di bagian luar, tahap selanjutnya yakni dengan masukan alat bernama speculum yang mempunyai fuksi untuk membuka dindinging vagina. Petugs medis bisa dengan mudah melihat area intim. Namun jangan khawatir, smeua proses pemasukan speculum biasanya akan dilakukan dengan hati-hati atau tidak akan membuat vagina Anda terluka.

5.Pengambilan Sampel Jaringan

Setelah speculum sudah terpasang dengan benar, proses selanjutnya yang akan dilakukan petugas medis adalah dengan mengambil sampel jaringan. Dimulai dari mulut Rahim bagian luar. Pengembalian sampel tersebut dilakukan dengan alat sejenis spatula khusus. Lalu pengambilan sampel akan di lanjutkan kebagian lebih dalam yakni saluran mulut Rahim atau bagian dalam Rahim. Untuk proses tersebut, dibutuhkan alat bernama cytobrush dengan bentuk seperti sikat yang menyerupai sapu kecil.

6.Melepaskan speculum

Jika dokter selesai mengambil sampel, maka sudah selesai beberapa tahap utama dalam proses pap smear. Benda yang terpasang akan segera dilepas dengan hati-hati, ketika proses pencopotan tersebut, petugas medis biasanya akan melakukan pemeriksaan pada bagian ovarium atau uterus, hanya menggunakan tangan.

7.Pemeriksaan sampel jaringan

Apabila semua proses pap smear selesai, hal yang harus Anda lakukan yakni menunggu sampel selesai diperiksa di laboraturium. Sementara itu, petugas media akan memberi tugas untuk melakukan pemeriksaan secara detail, yakni apakah sel dalam sampel merupakan masalah normal atau sebaliknya.

Kami merupakan Klinik Utama Gracia yang akan memberi kemudahan dan kelancaran kepada kalian semua yang ingin melakukan tes tersebut. Kami juga melayani berbagai masalah penyakit kelamin, proses vaginoplasty, sunat dan masih banyak lainnya. Segera lakukan reservasi dinomer bahwa ini 081336361555, sekian mengenai langkah-langkah pemeriksaan pap smear terima kasih.

Baca juga: Operasi Mengembalikan Keperawanan Bagi Wanita


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai

panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.