Selaput dara atau hymen merupakan bagian vagina yang menentukan keperawanan wanita secara fisik, lalu apa sebenarnya tips mengembalikan keperawanan?. Apabila selaput tersebut robek, wanita tidak akan disebut perawan walaupun robeknya tidak selalu terjadi akibat berhubungan seksual. Pada beberapa kondisi, selaput dara bisa robek karena jatuh, bermain sepeda atau berkuda.

Maka selaput dara memang penting bagi keperawanan wanita, beberapa wanita bahkan memilih tidak berhubungan intim sebelum menikah. Melakukan seks sebelum nikah akan membuat selaput dara robek dan kehidupan seksual dianggap tidak terlalu nikmat setelahnya. Nah kali ini kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai hymen atau selaput dara yang penting bagi kalangan wanita.

Baca juga: Persiapan Prosedur Operasi Keperawanan



Apa Arti Selaput Dara Bagi Seorang Wanita?

Selaput dara atau hymen merupakan jaringan kulit tipis yang melapisi pintu terbukanya vagina. Banyak yang mengatakan bahwa selaput dara ini merentang menutupi keseluruhan bagian vagina. Namun faktanya bentuk, ketebalan, dan tekstur selaput dara setiap wanita berbeda-beda.

Selaput dara mempunyai fungsi yakni darah menstruasi atau cairan tubuh lainnya mengalir keluar melalui lubang vagina. Selain itu fungsi hymen atau lapisan muka yakni menutupi atau mengelilingi bagian dari vagina tersebut. hal tersebut seperti mukosa vagina dan mempunyai pembuluh darah serta darah. Oleh sebab itu, ketika berhubungan seksual selaput dara robek di ikuti dengan pendarahan dan rasa nyeri.

Mudahnya Tips Mengembalikan Keperawanan

Hymenoplasty atau rekonstruksi selaput dara merupakan sebuah prosedur untuk mengembalikan selaput dara yang ada pada bibir vagina menggunakan jahitan. Jahitan yang digunakan merupakan jenis larut, sehingga secara kasat mata tidak akan pernah terlihat atau tidak perlu dilepas setelah operasi dilakukan.

Hymen yang masih tersisa akan diikat bersama untuk menutupi kerusakan yang terjadi pada selaput dara robek. Kemudian jaringan akan segera terangkat, sehingga vagina akan kembali terlapis hymen. Jadi selaput dara akan dilukai terlebih dahulu, kemudian dijahit. Penyatuan kembali lapisan mukosa selaput dara dilakukan oleh benang tipis yang bisa diserap oleh tubuh, kadang dibutuhkan pemindahan jaringan dari vagina ke bagian luar untuk membuat selaput dara.

Prosedur pengembalian selaput dara robek tersebut hanya menyambung kembali ke bagian hymen yang robek, sehingga seharusnya tak mengganggu fungsi dari organ. Namun sebagai bentuk tindakan yang invasof, prosedur hymenoplasty tetap mempunyai risiko atau komplikasi. Seperti terdapat sensai nyeri, infeksi, atau bekas luka. Operasi selaput dara ini merupakan proses pembedahan kecil yang bisa dilakukan hanya menggunakan bius local dan hanya terjadi kurang lebih 45 menit tanpa rawat inap.

Sedangan waktu pemulihan pasca operasi membutuhkan waktu sekitar 5 minggu. Indonesia termasuk dalam budaya mementingkan keperawanan, jadi seorang wanita perawan yakni mempunyai hymen yang masih utuh, prosedur tersebut merupakan proses yang kontroversial. Tindakan untuk merapatkan selaput dara robek satu ini dilakukan jika lapisan hymen sudah tak bisa diperbaiki.

Karena kerusakan yang terjadi cukup parah atau telah hilang karena dilakukan pemasangan selaput dara buatan. Sebuah sayatan dengan bahan biometri akan dimasukan dan kembali menjadi selaput dara. Implant selaput dara menjadi prosedur termudah dan sederhana, dilakukan dengan cara pembiusan local. Karena untuk menentukan tindakan operasi yang segera dilakukan, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan pembekuan darah serta kondisi fisik selama 2 minggu sebelum operasi di lakukan.

Diatas merupakan beberapa cara yang bisa di aplikasikan atau tips mengembalikan keperawanan. Walau terdapat beberapa cara, namun lebih baik apabila wanita menjaga makhota tersebut sampai menikah. Jika Anda ingin melakukan rekontruksi atau proses mengembalikan keperawanan bisa segera konsultasikan bersama dokter berpengalaman kami di Klinik Utama Gracia yang akan memberi kelancaran dengan harga terjangkau. Demikian kami sampaikan mengenai tips mengembalikan keperawanan, segera lakukan reservasi di nomer ini 081336361555. Terima kasih.

Baca juga: Klinik Terbaik Operasi Keperawanan Di Jakarta


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.