Hymen atau selaput dara merupakan organ tipis yang terdapat di liang vagina wanita, lalu bagaimana tanda-tanda selaput dara robek?. Normalnya selaput dara tersebut mempunyai lubang. Selaput dara pada wanita mempunyai sifat yang berbeda-beda. Beberapa kalangan wanita mempunyai selaput dara dengan celah yang cukup besar serta elastis sehingga ketika berhubungan seksual pertama kalinya, selaput tersebut tidak mengalami robekan dan tidak sebabkan berdarah. Selaput darah hanya dapat dilihat hanya menggunakan alat kesehatan sesuai dengan prosedur yang ada.

Baca juga: Persiapan Prosedur Operasi Keperawanan



Apakah Tanda-Tanda Selaput Dara Robek?

Istilah malam pertama harus berdarah memang sudah menjadi konsep dan secara turun menurun di berbagai budaya masyarakat dunia, khususnya Negara asia yang masih mendominasi oleh kata orang zaman dahulu atau nenek moyangnya. Lalu apakah benar bahwa selaput dara bisa menandakan bahwa seorang wanita masih perawan atau sebaliknya? Jawabannya adalah terganung konsep dan arti keperawanan bagi masing-masing pribadi.

Konsep keperawanan yang ada selama ini hanya mengatakan bahwa wanita yang berdarah pada malam pertama atau ketika berhubungan seksual dengan suami. Disini bisa Anda lihat bahwa perawan dan tidaknya hanya ditandai dengan darah yang keluar atau tidak. Darah ini menjadi penentu status dari seorang wanita.

Namun apakah Anda juga memahami ternyata berdarah tidak hanya disebabkan oleh masuknya penis kelubang vagina, banyak faktor dan tanda-tanda selaput dara robek sebelum berhubungan seksual. Seperti contohnya ketika Anda berolahraga balet yakni split, berkuda, bersepeda, dan lainnya dapat membuat selaput dara seorang wanita robek sebelum ia melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya.

Selain itu kegiatan lain seperti mastrubasi menggunakan alat bantu seks, pemakaian tampon ketika menstruasi mampu menyebabkan tanda-tanda selaput dara robek. Adanya kecelakaan atau tindakan medis serta penyakit yang terdapat di area organ vital wanita. Hal-hal tersebut bisa membuat selaput dara robek.

Perlu Anda pahami, bahwa darah yang keluar pada selaput dara tidak mempunyai standart tertentu mengenai berapa banyak yang akan keluar dan selalu berbeda antara satu wanita dengan lainnya. Ada wanita yang ketika selaput daranya robek hanya mengeluarkan sedikit darah saja, namun ada wanita yang mengeluarkan dara dalam jumlah banyak.

Hal tersebut tergantung pada pembuluh dara yang ada di area vagina Anda. Walaupun selaput dara hanya ada pada kaum wanita dan hanya terdapat satu sepanjang hidup, namun terdapat juga kalangan yang memang terlahir tanpa adanya selaput dara.



Mitos Seputar Tes Keperawanan Terhadap Wanita

Apabila seorang wanita mengalami organisme, bergairah, vagina basah ketika pertama kali berhubungan seksual, tidak berati ia sudah berpengalaman atau pernah melakukan hubungan badan sebelumnya. Mitos jika wanita yang bergairah dan mencapai orgasme ketika pertama kali berhubungan seksual dalam arti sudah tidak perawan.

Jadi hal tersebut merupakan hal tabu jika seorang wanita mempunyai gairah seksual tinggi ketika masih perawan di kalangan masyarakat. Seorang wanita tak seharusnya tahu atau menikmati seks seperti layaknya kaum pria. Hal tersebut tentu salah besar, setiap kalangan, baik pria atau wanita, sama-sama mempunyai kesadaran akan gairah seksual. Kesadaran tersebut dapat dimulai pada usia berapa pun.

Ada beberapa kalangan yang kesadaran seksual muncul ketika masa puber, namun ada yang baru muncul ketika sudah dewasa. Bahkan ada beberapa kalangan yang mempunyai gairah seksual ketika menginjak usia sekolah dasar. Mempunyai pengetahuan dasar mengenai seks yang luas tidak berarti orang tersebut sudah tidak perawan.

Namun selama ini masyarakat memang sering berpikiran negative pada wanita yang tidak menutupi kondisi seksualitasnya. Jadi jangan sampai Anda keliru dan menganggap gairah seksual wanita merupakan hal yang tidak patut diumbar, kerena bisa digunakan untuk menguji keperawanan, jadi hanya wanita itu sendiri yang dapat memaknai dan pastikan keperawanan mereka.

Bagi Anda yang mempunyai masalah terhadap selaput dara bisa segera konsultasi kepada Klinik Utama Gracia yang akan memberikan bantuan secara tepat kepada Anda. Segera lakukan reservasi sekarang juga di nomer bawah ini 085714263063, sekian mengenai tanda-tanda selaput dara robek terima kasih.

Baca juga: Benarkah Selaput Dara Robek Tanda Tak Perawan?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.