Apakah Anda pernah mendengar istilah rekontruksi selaput dara atau prosedur operasi keperawanan? Faktanya sebagian kalangan wanita melakukan operasi selaput dara untuk kembalikan keperawanan atau selaput dara yang sudah hilang. Hal tersebut disebabkan karena banyak wanita yang berpikir bahwa keperawanan merupakan utuhnya selaput dara. Sehingga mereka menyakini apabila selaput dara tidak utuh, menunjukan bahwa wanita tersebut sudah melakukan hubungan seksual.

Selaput dara yakni selaput tipis yang ditemukan pada ujung atau area vagina. Bentuk dari selaput dara pada wanita memang berbeda-beda, namun yang paling umum yakni selaput tersebut berbentuk seperti bulan sabit.

Baca juga: Klinik Terbaik Operasi Keperawanan Di Jakarta

Apakah Keperawanan Dan Adanya Selaput Dara Sama?

Saat wanita mulai berhubungan seksual, ujung penis yang dimiliki pasangan pada umumnya mampu menerobos selaput dara tersebut. Hal ini akan menyebabkan terjadinya peradangan ringan, sehingga seorang wanita yang baru pertama kali melakukan hubungan seksual akan mengeluarkan darah, hal tersebut disebabkan oleh selaput dara yang robek.

Pada kalangan yang mengutamakan keperawanan, akan merasa malu apabila melaukan hubungan seksual pertama kali setelah menikah dan tak mengeluarkan darah. Wanita yang tidak mengeluarkan darah ketika malam pertama, dianggap wanita tak perawan atau pernah melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Hingga sebagian dari melakukan prosedur operasi keperawanan agar mempunyai selaput dara, sebab merasa takut pasangan akan mempertanyakan hal tersebut.

Pada sebenarnya hadirnya selaput dara tidak menandakan Anda masih perawan. Beberapa kalangan wanita bahkan lahir tanpa selaput dara. Selaput dara tersebut akan meregang bahkan robek karena beberapa hal, selain berhubungan seksual, seperti kegiatan olahraga atau menjalankan prosedur medis.

Faktor Dan Penyebab Operasi Keperawanan

Semua kalangan wanita harus memahami hal ini dengan baik, bahwa seorang gadis belum menikah mempunyai selaput dara yang masih sangat tipis. Ketika berada di usia tersebut, sebaiknya tak melakukan beberapa kegiatan berbahaya yang akan menimbulkan selaput dara mudah robek kecuali setelah menikah. Masuk masa pubertas, keadaan selaput tersebut akan menebal dan warnanya menjadi merah muda.
 

Persiapan Sebelum Prosedur Operasi Keperawanan

Di dunia medis, semua pasien akan menjalani opersi dan melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu agar proses berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan. Proses prosedur operasi keperawanan merupakan rekontruksi yang masih dinggap controversial. Tak semua kalangan wanita mau menjalankan proses tersebut. Maka dari itu, sebaiknya lakukan persiapan dibawah ini sebelum memutuskan operasi kemaluan, diantaranya;

1.Konsultasi Bersama Dokter Bedah

Yang paling peting bagi pasien yakni berkonsultasi terlebih dahulu mengenai prosedur awal dari operasi selaput dara. Komunikasi ini dilakukan bersama dokter langsung agar terjadi sebuah kesepakatan antara pasien dengan ahli medis.

2.Tes Kesehatan

Apabila Anda sudah merasa yakin dengan keputusan menjalankan prosedur operasi keperawanan setelah melakukan konsultasi, maka selanjutnya menjalankan tes kesehatan. Tes ini akan meliputi medical check seperti memeriksa jantung, paru-paru darah, dan dilakukan pembiusan.

3.Pemeriksaan Kolposkopi

Seluruh pasien diharuskan melalui beberapa pemeriksaan awal yang biasa disebut dengan kolposkopi. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan alat pembesar khusus yang berfungsi melihat keadaan vagina, vulva, sampai serviks seorang wanita. Dokter menggunakan alat tersebut untuk memonitor bagia luar vagina sampai mulut Rahim. Setelah selesai melakukan pemeriksaan, dokter akan mengetahui seberapa parah rekontruksi selaput dara yang telah rusak tersebut.

4.Pemeriksaan Urine

Pasien akan diminta sampel urinenya, kemudian dokter akan kembali memeriksa serta melakukan identifikasi. Apakah terdapat penyakit terntu yang bisa menghambat proses operasi yang akan di jalankan.

5.Tahapan Operasi Keperawanan

Setelah melalui beberapa tahap awal, dengan seluruh hasil normal, maka operasi akan segera di laksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah berlaku dalam dunia medis. Operasi pun akan dilakukan oleh dokter berpengalaman dalam bidang ginekologi serta ahli dalam bidang operasi selaput dara.

Bagi Anda yang ingin menjalani proses hymenoplasty atau rekontruksi mengembalikan keperawanan bisa segera berkonsultasi dan reservasi di Klinik Utama Gracia, kami mempunyai visi dan misi memberi kenyamanan serta keamanan untuk seluruh pasien, segera lakukan reservasi bersama kami di 081336361555. Sekian kami sampaikan ulasan mengenai prosedur operasi keperawanan, terima kasih.

Baca juga: Hilang Keperawanan Pada Wanita Apakah Fatal?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.