Benarkah selaput dara robek artinya sudah tidak perawan? Temukan jawabannya di bawah ini. Pasalnya penyebab dari selaput dara yang robek tidak melulu karena melakukan hubungan seksual. Bisa saja selaput dara robek akibat melakukan olahraga extreme seperti menunggang kuda maupun olahraga lainnya. Sebenarnya selaput dara yang robek justru terkadang tidak terlalu di sadari. Hal tersebut karena selaput dara yang robek tidak memiliki tanda seperti rasa sakit maupun keluarnya darah. Jadi, tidak heran jika banyak yang tidak menyadari selaput daranya telah robek.

Pertanyaan yang sering muncul di masyarakat yaitu benarkah selaput dara robek itu berarti tidak perawan? Tentu saja itu tergantung pada penyebabnya. Namun, masyarakat pada umumnya menilai keperawanan wanita dari selaput daranya. Meskipun ada banyak wanita yang selaput daranya robek akibat diperkosa ataupun karena berhubungan seksual. Terkadang selaput dara bahkan bisa robek karena jari.

Darimana Kita Tahu Bahwa Selaput Dara Robek?


Selaput dara merupakan bagian dalam lubang vagina yang berupa selaput tipis. Untuk mengetahui apakah selaput dara Anda robek atau tidak, dapat dilakukan dengan cara mengeceknya sendiri. Hanya saja letaknya yang agak di sebelah dalam membuat membutuhkan bantuan senter ataupun cermin untuk melihatnya. Jika selaput dara Anda belum robek, maka saat Anda melihat ke dalam vagina masih terdapat selaput tipis dengan lubang kecil. JIka Anda lihat sudah tidak ada lagi selaput tipis, itu artinya selaput dara Anda telah robek.

Baca Juga : Dimana Letak Selaput Dara Milik Wanita?


Cara lain yang bisa digunakan untuk melihat apakah selaput dara robek atau belum adalah dengan tampon. Hanya saja harus berhati-hati saat memasukkannya karena bisa-bisa selaput dara yang masih utuh justru robek terkena tampon. Jika Anda khawatir, lebih baik konsultasi ke klinik utama gracia untuk melakukan pemeriksaan dan rekonstruksi selaput dara Anda bila sudah robek.

Apa Pentingnya Merekonstruksi Selaput Dara?


Kebanyakan orang akan menilai keperawanan dari selaput daranya. Jika pasangan Anda juga memiliki pemikiran yang sama, mungkin Anda akan merasa kurang percaya diri jika selaput dara robek. padahal belum pernah berhubungan seksual. Selain karena alasan tersebut, banyak pula yang ingin memperbaiki selaput dara robek untuk kepuasan diri sendiri. Terutama bagi yang selaput daranya rusak akibat diperkosa, tentu rekonstruksi selaput dara ini cukup penting sebagai bagian dari langkah memulai hidup baru.
 

Metode Apa Yang Digunakan Untuk Rekonstruksi Selaput Dara?


Jika Anda berniat untuk merekonstruksi selaput dara robek, maka Anda dapat menggunakan metode Himenoplasty. Apa itu Hymenoplasty? Adalah sebuah proses bedah yang dilakukan untuk memperbaiki selaput dari robek. Prosedur ini bisa dilakukan di berbagai klinik ginekologi atau klinik khusus spesialis kelamin. Jika Anda memang ingin memperbaiki selaput dari robek, maka pergilah ke klinik spesialis kelamin yang ada di kota Anda. Jika Anda berminat untuk melakukan rekonstruksi selaput dara dan berkonsultasi, ada Klinik Utama Gracia yang dapat membantu Anda mewujudkan keinginan Anda untuk merekonstruksi selaput dara Anda.

Tentu saja seperti prosedur bedah lainnya, Hymenoplasty ini juga berisiko pendarahan,maupun komplikasi, namun kemungkinan tersebut jarang terjadi. Meskipun begitu, jika Anda ingin melakukan Hymenoplasty ini sebaiknya Anda pertimbangkan baik-baik apakah Anda siap menghadapai risiko nya. Jika memang Anda telah memantapkan keputusan, maka Anda bisa datang ke klinik kami dengan menghubungi ke nomor ini 081336361555 . Lakukan perawatan sesuai dengan saran dokter agar selaput dara menjadi utuh kembali.

Baca Juga : Wanita Tidak Perawan Jika Selaput Dara Robek Karena Jari?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.