Berbicara mengenai merapatkan keperawanan, setiap wanita yang aktif dalam hubungan seksual pasti ingin mengetahui rahasia cara merapatkan keperawanan. Hal ini dilakukan biasanya untuk membahagiakan suami atau pasangannya.

Tetapi sebelum menjelaskan cara merapatkan keperawanan sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu keperawanan dan selaput dara. Selaput dara adalah selaput tipis yang mengelilingi vagina, dan setiap wanita memiliki bentuk selaput dara (hymen) yang berbeda-beda. Masyakarat sekarang ini masih mempercayai bahwa keluarnya dara saat berhubungan badan merupakan tanda seorang wanita masih perawan, tetapi ada beberapa wanita yang terlahir tanpa mempunyai selaput dara (hymen).


Penyebab Vagina Longgar


Vagina seorang wanita secara alami sangat elastis, selalu berkembang dan berkontraksi. Vagina akan mengalami kelonggaran saat seorang wanita terangsang oleh aktivitas seksual saat ingin melakukan hubungan badan. Namun, setelah berhubungan badan, vagina akan kembali ke bentuk normal. Jadi, seorang yang sering melakukan hubungan seksual tidak membuat vagina seorang wanita menjadi lebih longgar.

Perlu Anda ketahui fakta bahwa setiap wanita memiliki bentuk vagina yang berbeda-beda. Berikut ini adalah faktor penyebab vagina longgar.

1. Kehamilan
Ada banyak hal yang terjadi selama proses kehamilan. Hormon, mental dan fisik akan ikut mengalami perubahan. Selama kehamilan otot-otot mengalami bombardier dengan hormone yang dapat meregangkan dan mengendurkan vagina. Perlu diingat bahwa keadaan seperti itu alami dan ini berarti tubuh Anda melakukan tugasnya dengan baik.

2. Melahirkan
Melahirkan merupakan salah satu penyebab vagina menjadi longgar, terutama pada wanita yang berusia lanjut. Berbeda dengan wanita yang masih berusia dibawah 20 tahun yang sudah melahirkan, biasanya tidak terlalu berpengaruh.

Vagina wanita muda akan mengembang (melonggar) selama persalinan, dan untuk mengembalikan kembali kesemula membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan. Wanita yang sering melahirkan akan membuat otot-otot menjadi lemah sehingga membuat vagina menjadi longgar.

3. Penuaan (usia)
Penuaan adalah penyebab vagina longgar selanjutnya. Setiap otot yang tidak dilatih/olahraga akan mengalami pelonggaran dari waktu ke waktu. Longgarnya vagina berkaitan dengan melemahnya otot dibagian panggul. Selain vagina yang longgar, penuaan bisa mengakibatkan turunnya kadar estrogen yang menyebabkan vagina menjadi kering.


Bagaimana Cara Merapatkan Keperawanan Atau Merapatkan Vagina?


Senam Kegel

Ini merupakan salah satu metode alami yang paling populer yang dilakukan sebagai cara merapatkan keperawanan / vagina. Senam ini berfungsi untuk memperkuat otot panggul yang mengelilingi vagina. Untuk melakukan senam ini yang pertama dilakukan adalah mengetahui letak otot panggul bagian bawah. Setelah itu latihan pertama ialah dengan mencoba menahan selama 5-10 detik, ulangi terus 3-5kali.

Saat melakukan senam kegel, bernafaslah seperti biasa, ini berfungsi agar dapat menahan otot panggul lebih lama. Manfaat senam ini tidak dapat langsung terlihat hasilnya. Dibutuhkan waktu berminggu-minggu untuk merapatkan keperawanan / vagina.

Vaginoplasti

Vaginoplasti adalah pembedahan atau operasi yang dilakukan untuk merekontruksi organ intim wanita. Dengan operasi ini membuat otot-otot vagina yang sudah kendur serta dindin panggul wanita bisa kembali ke bentuk seperti belum pernah melahirkan.

Prosedur ini menjadi pilihan para wanita, terutama yang telah melahirkan banyak anak dan mengalami pengenduran vagina. Mengingat rumitnya prosedur operasi ini, apabila Anda ingin melakukan operasi tersebut, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis atau bisa konsultasikan dengan kami.

Komunikasikan Dengan Pasangan

Cara yang satu ini memang bukanlah termasuk cara merapatkan keperawanan / vagina. Namun cara ini juga sangat penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga dalam kondisi baik. Komunikasi yang baik dengan pasangan atau suami akan membuat hubungan seksual Anda baik-baik saja.

Itulah tadi pembahasan tentang cara merapatkan keperawanan / vagina. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputar cara merapatkan keperawanan dan operasi keperawanan bisa konsultasi dengan dokter kami dengan cara klik gambar dibawah ini.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.