Ada banyak sekali penyebab hilangnya keperawan wanita, kebanyakan karena aktifitas seksual, namun tidak semata-mata hanya itu saja banyak faktor penyebab hilangnya keperawanan wanita.

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui mengenai keperawanan sebelum Anda menikah sehingga kedepannya hal ini tidak menimbulkan kesalahpahaman diantara pasangan yang baru menikah. Sebagian budaya menganggap keperawanan adalah hal yang sakral pada wanita, karena pada wanita yang dapat memberikan keperawanan pada suaminya akan merasa dirinya berharga atau hal yang suci.

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa wanita yang perawan adalah pada saat pertama kali melakukan hubungan seks merasakan sakit dan mengeluarkan darah. keperawanan atau selaput dara adalah bagian dalam organ kewanitaan yang berada diantara diantara vulva, ada banyak jenis selaput dara sepeti Hymen Interforata, Hymen Microperferata, dan Saptate Hymen.

Ada beberapa perempuan yang memiliki selaput dara berbentuk elastis sehingga pada melakukan hubungan seks pertama kali tidak mengeluarkan darah sama sekali, ada juga bebera wanita yang baru pertama kali berhubungan seks tidak mengeluarkan darah sama sekali meskipun memiliki selaput dara yang tidak elastis dan robek, hal itu terjadi karena saat melakukan hubungan intim tidak ada luka yang terjadi didalam organ kewanitaanya, sehingga tidak mengeluarkan darah padahal selaput dara nya telah robek.


Hal-hal Penyebab Hilangnya Keperawanan Wanita

Ada banyak faktor penyebab hilangnya keperawanan wanita baik dari hubungan seks, maturbasi, pengguanaan tampon atau pembalut, penggunaan mainan seks, dan dibawah ini adalah hal-hal penyebab hilangnya keperawanan wanita:

• Karena Hubungan Intim

Salah satu faktor terbesar hilangnya keperawanan adalah hubungan intim, selaput dara robek dan mengeluarkan darah pada saat pertama kali penetrasi. Ini adalah salah satu penyebab hilangnya keperawanan wanita dan bukan merupakan hal yang mutlak bahwa ini adalah penyebeb utama kehilangan keperawanan.
Wanita memang bisa kehilangan keperawanannya saat berhubungan intim, memang dalam ilmu kedokteran wanita yang masih perawan atau tidak ditandai dengan apakah sudah melakukan hubungan atau tidak. Jadi jika seseorang perempuan yang sudah melakukan hubungan intim baik selaput daranya robek atau tidak dia tetap dikatakan tidak perawan lagi.

Olahraga yang Berat

Yang selanjutnya adalah hilangnya keperawaan karena aktivitas atau olahraga yang berat, olah raga yang berat dan menguras tenaga atau hal yang berkaitan langsung dengan bagian daerah kewanitaan seperti saat melakukan olahraga seperti berkuda atau bersepeda yang secara langsung menyebabkan terjadinya gesekan pada area kewanitaan.
Meski tidak mengeluarkan darah pada saat melakukan hal ini namun hal itu dapat membuat selaput dara seseorang menjadi robek.

Penggunaan Pembalut

Pada beberapa kasus penggunan pembalut yang kasar serta tidak tepat pada tempatnya akan menyebabkan pembulu dara robek, hal itu terjadi karena organ kewanitaan Anda tergesek, hal itu biasanya terjadi pada wanita yang memiliki selaput dara yang tipis dan tidak elastis sehingga itu dapat merusak selaput daranya.
Maka dari itu, pada wanita yang belum melakukan hubungan seks, agar berhati-hati dalam memilih pembalut, agar pembalut yang digunakan dapat berfungsi dengan baik tanpa harus merusak organ kewanitaan Anda.

Bedah Perbaikan Selaput Dara

Bagia Anda yang mungkin sudah kehilangan keperawan atau selaput dara Anda sudah robek Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak metode untuk mengembalikan keperawanan Anda. Saat ini operasi keperawanan sudah tidak dianggap tabu, hal ini dianggap tren Karena banyak wanita yang sudah melaukan operasi keperawanan. Metode yang digunakan untuk operasi selaput dara diantaranya:

Hymenoplasti

Pada dasarnya ini adalah operasi yang dilakukan untuk operasi selaput dara yang rusak karena alasan pribadi. Selaput dara ditutup dengan melakukan pembedahan, sehingga pada saat pertama kali melakukan penetrasi atau saat melakukan hubungan seks dapat mengeluarkan darah. Beberapa orang mungkin memilih hal ini karena alasan pribadi juga pada mereka yang pernah mengalami korban pemerkosaan.

Hymenektomi

Ini adalah prosedur yang digunakan untuk membuka selapu dara yang menutupi vagina secara keseluruhan, biasanya selaput dara yang anatomis dapat direnggangkan dan pecah pada saat berhubungan intim atau pengunaan pembalut yang menyebabkan banyak trauma. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa arteri yang membentang sepanjang selaput dara dan bisa menyebabkan perdarahan hebat. Memilih Hymenektomi dapat menurunkan risiko perdarahan dan membuat darah menstruasi keluar lebih mudah.


Penjelasan diatas mengenai penyebab hilangnya keperawanan wanita semoga menambah wawasan Anda, jika Anda memiliki keluhan atau pertanyaan seputar operasi keperawanan, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mengklik chat online, atau Anda dapat datang langsung di Klinik Utama Gracia yang memiliki peralatan yang canggih dan modern serta dokter ahli berpengalaman serta biaya terjangkau.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.