Keperawanan memang masih menjadi suatu hal yang tabu untuk dibicarakan. Terlebih lagi, pembahasan ini adalah suatu hal yang sensitif. Namun banyak orang sepakat bahwa keperawanan wanita sangat erat kaitannya dengan selaput dara. Sehingga, bila selaput dara robek, maka wanita tidak lagi dikatakan perawan. Hal ini lah yang mencetuskan inovasi di bidang medis terkait operasi mengembalikan keperawanan.

Operasi mengembalikan keperawanan ini akan menjanjikan solusi agar wanita bisa kembali perawan dengan memiliki selaput dara yang utuh kembali. Wanita yang melakukan prosedur operasi ini memiliki berbagai macam alasan, mulai dari ingin mengembalikan keperawanan yang hilang sebelum menikah baik karena sudah pernah melakukan hubungan seksual, ataupun karena hal lain yang menyebabkan selaput dara robek, dan juga untuk meningkatkan kepuasan dalam berhubungan dengan pasangan.

Prosedur operasi yang juga disebut operasi selaput dara ini memiliki beberapa jenis. Berikut ini penjelasannya:

  1. Hymenoplasty

Prosedur operasi yang terbilang kecil ini biasanya dapat dilakukan dengan waktu yang singkat, walaupun sesuai dengan tingkat kesulitan yang ditangani dalam operasi tersebut. Prosedur ini akan dimulai dengan pemberian bius lokal ataupun total pada pasien.

Hymenoplasty sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Simple Hymenoplasty

Jenis operasi ini umumnya akan dilakukan pada wanita dengan kondisi selaput dara yang masih tersisa robekan, sehingga sisa robekan tersebut dapat dijahit kembali menggunakan benang serap untuk mendapatkan selaput dara yang utuh kembali seperti semula.

  • Alloplant

Sedangkan jenis hymenoplasty ini dilakukan bila sudah tidak terdapat sisa robekan selaput dara, sehingga tidak mungkin dapat dijahit kembali. Maka dokter akan mengembalikan keutuhan selaput dara dengan memasangkan selaput dara buatan.

  1. Hymenorrhaphy

Prosedur operasi mengembalikan keperawanan yang disebut juga sebagai operasi rekonstruksi selaput dara ini termasuk dalam prosedur operasi plastik dengan alasan non-medis. Pada prosedur ini maka dokter akan membuang tepian selaput dara dengan memberikan sayatan kecil, lalu selaput dara dijahit bersama robekan kulit sehingga membentuk lapisan sekunder pada selaput dara, dan selaput dara terlihat utuh kembali.

Lalu membran buatan tanpa pembuluh darah, serta kapsul gelatin akan ditempatkan untuk membuat terjadinya pendarahan saat melakukan hubungan seksual. Kemudian, dokter akan membuat lipatan yang berasal dari lapisan vagina bagian dalam, yang akan dijadikan sebagai selaput dara baru yang memiliki pembuluh darah.

  1. Restorasi Cincin Hymen

Prosedur bedah ini dilakukan untuk menjahit tiap sisi cincin hymen yang telah robek sebelumnya. Jahitan ini akan menggunakan benang serap, dan menyembunyikan ikatan jahitan tersebut dibalik mukosa. Umumnya diameter cincin hymen akan dibentuk sebesar 2 cm.

Walaupun dapat disebut mengembalikan keperawanan, namun prosedur ini tidak dapat mengembalikan efek pendarahan yang terjadi seperti ketika wanita perawan dulu. Hal ini dikarenakan tidak adanya pembuluh darah pada hasil jahitan.

Operasi mengembalikan keperawanan memang terbilang aman untuk dilakukan. Namun Anda harus tetap memilih dokter dan klinik yang profesional dan terpercaya untuk melakukan prosedur ini. Anda juga kemungkinan harus menyiapkan dana yang cukup banyak, karena umumnya prosedur ini tidak murah. Walaupun begitu, prosedur ini dapat memenuhi keinginan Anda untuk bisa kembali perawan lagi seperti sebelumnya.

Anda dapat melakukan operasi selaput dara atau operasi keperawanan di Klinik Utama Gracia. Sebelumnya, Anda bisa berkonsultasi melalui layanan chatting online di bawah ini untuk terhubung langsung dengan staf medis Klinik Utama Gracia. Anda dapat berkonsultasi terkait operasi keperawanan yang mungkin ingin Anda lakukan. Semoga bermanfaat.