Selaput dara merupakan lapisan tipis yang berada pada bagian dalam vagina, dan menutupi lubang bukaan vagina. Selaput dara ini sampai sekarang masih menjadi patokan keperawanan seorang wanita. Bila selaput dara sudah robek, maka wanita akan dikatakan sudah tidak perawan karena dianggap sudah pernah melakukan hubungan seksual. Padahal selaput dara bukan hanya bisa robek karena melakukan hubungan seksual saja, namun bisa juga selaput dara robek karena jari.

Selaput dara robek karena jari akan terjadi saat wanita melakukan masturbasi dengan memasukkan jarinya ke dalam liang vagina. Hal ini tentunya akan memicu selaput dara untuk robek. Bila hal ini terjadi, apakah wanita juga dikatakan sudah tidak perawan? Karena dalam kondisi ini, selaput dara yang menjadi penanda keperawanan sudah robek namun wanita tersebut belum pernah melakukan hubungan seksual.

Masih perawan kah wanita bila selaput daranya sudah robek karena jari?

Masih banyak orang yang berpendapat bahwa selaput dara yang robek walaupun karena jari akan membuat keperawanan wanita menghilang. Padahal seharusnya wanita dikatakan tidak perawan jika sudah pernah melakukan hubungan seksual.

Dokter ahli andrologi dan seksologi, Prof. DR. Dr. Wimpie Pengkhayal mengatakan bahwa keperawanan seorang wanita tidak ditentukan oleh keutuhan selaput daranya, melainkan ditentukan dari pernah atau tidaknya ia melakukan hubungan seksual.

Hal ini berarti, wanita tetap dikatakan masih perawan, walaupun selaput daranya sudah robek karena jari ataupun benda lain yang dimasukkan ke dalam vagina ketika masturbasi.

Adakah efek samping memasukkan jari ke vagina?

  1. Merusak Selaput Dara

Bagi wanita yang belum pernah berhubungan seksual, memasukkan jari ke dalam liang vagina akan membuat selaput dara menjadi rusak. Namun, selaput dara wanita akan memiliki elastisitas yang berbeda-beda, sehingga ada selaput dara yang mudah robek, adapula yang kuat. Walaupun begitu masih ada kemungkinan bahwa selaput dara yang Anda miliki akan robek bila Anda memasukkan jari ke dalam vagina ketika masturbasi.

  1. Kemungkinan Terjadi Infeksi

Memasukkan jari ke dalam vagina bukan hanya bisa dilakukan oleh diri sendiri, namun pasangan juga bisa melakukan hal ini untuk mempercepat wanita mencapai klimaks. Namun yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan hal tersebut adalah kebersihan jari. Tangan atau jari yang kotor dan terdapat bakteri akan memperluas perkembangbiakan bakteri di vagina. Hal ini akan membuat terjadinya gangguan keseimbangan bakteri yang bisa membuat infeksi.

Bagaimana mengembalikan keutuhan selaput dara?

Jika Anda belum pernah melakukan hubungan seksual, namun selaput dara robek karena jari, maka Anda pasti akan merasa khawatir jika nanti ketika menikah dan melakukan hubungan seksual pertama kali tidak mengalami pendarahan seperti layaknya perawan. Hal tersebut memang masih dipercaya banyak orang dimana wanita yang masih perawan ketika melakukan hubungan seksual pertama kali akan mengeluarkan sedikit pendarahan, yang menandakan selaput daranya robek.

Karena hal tersebut lah, banyak wanita yang memilih melakukan operasi selaput dara atau operasi keperawanan dimana keutuhan selaput dara dapat dikembalikan. Hal ini tentunya akan menghilangkan rasa khawatir dianggap sebagai wanita yang sudah tidak perawan sebelum menikah.

Operasi keperawanan dapat dilakukan dengan hymenoplasty ataupun hymenorrhaphy. Konsultasikan mengenai keduanya pada dokter, agar Anda mendapatkan informasi yang tepat. Selain itu, pilih klinik dan juga dokter yang sudah terpercaya untuk melakukan prosedur operasi tersebut.

Anda dapat memilih Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi ataupun melakukan operasi keperawanan. Anda akan ditangani oleh dokter yang sudah profesional dan terpercaya. Sebelumnya, Anda dapat melakukan konsultasi online dengan staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting.