Penyakit menular seksual adalah penyakit yang bisa muncul karena hubungan seksual. Pengertian penyakit menular seksual atau PMS adalah infeksi atau penyakit yang timbul karena hubungan seksual yang tidak aman dengan penderita PMS juga. PMS bisa ditularkan lewat aktivitas seksual apapun seperti yang melibatkan mulut, vagina, penis dan juga anus. Penularan PMS tanpa hubungan seksual juga bisa terjadi, seperti penularan dari ibu hamil kepada bayi yang dikandungnya, ataupun melalui darah penderita lewat jarum suntik yang digunakan bergantian dengan penderita.

Setelah mengetahui pengertian penyakit menular seksual, berikut ini adalah beberapa PMS yang akan dibagi berdasarkan penyebab dari PMS tersebut, seperti misalnya disebabkan oleh bakteri, virus, protozoa, ataupun jamur.

PMS Yang Disebabkan Oleh Bakteri

Penyakit menular seksual berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri, yaitu sifilis, gonore, dan klamidia.

• Sifilis

Penyakit yang biasa disebut raja singa ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Gejala awal dari penyakit ini biasanya akan muncul luka di alat kelamin ataupun pada mulut penderita yang umumnya tidak terasa sakit tapi bisa menular bila bersentuhan dengan orang lain. Jika sifilis dibiarkan, maka bakteri bisa saja menyebar ke bagian tubuh yang lain dan akan menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti kelumpuhan, kebutaan, meningitis, demensia, gangguan pada jantung dan juga masalah koordinasi.

• Gonore

Nama lain penyakit ini adalah kencing nanah, karena gejala yang akan terjadi adalah keluarnya cairan berwarna putih, kuning atau hijau dari penis atau vagina wanita yang terinfeksi. Selain itu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae ini akan menyebabkan penderitanya mengalami sakit ketika buang air kecil. Penyakit ini bisa menular bila terjadi kontak dengan cairan dari alat kelamin penderita.

• Klamidia

Bakteri penyebab penyakit ini yaitu Chlamydia trachomatis, dan merupakan PMS yang paling sering terjadi. Banyak penderita yang tidak merasakan adanya gejala, sehingga tidak sadar bahwa telah terjadi penularan.

Obat untuk menghilangkan bakteri penyebab penyakit menular seksual adalah dengan menggunakan antibiotik.

PMS Yang Disebabkan Oleh Virus

Penyakit yang disebabkan oleh virus adalah herpes genital, kutil kelamin, dan HIV.

Penyebab dari penyakit ini adalah virus herpes simpleks atau HSV. Pada penderita akan terjadi luka melepuh berwarna kemerahan di area genital. Virus ini tidak bisa dihilangkan dari tubuh, maka pengobatan yang dilakukan hanya sekedar menghilangkan gejala yang dialami penderita, atau membuat virus menjadi tidak aktif. Namun virus tersebut sewaktu-waktu dapat aktif kembali.

Penyebab dari penyakit ini adalah human papillomavirus (HPV) tipe 6 dan juga 11. Kutil kelamin akan menyebabkan penderitanya mengalami benjolan-benjolan pada area kelamin ataupun dubur, bahkan bisa muncul di mulut dan juga tenggorokan. Virus ini juga tidak bisa dihilangkan dari tubuh, sehingga pengobatan hanya untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dari munculnya kutil di tubuh.

• HIV

Human immunodeficiency virus bisa menyerang sistem kekebalan tubuh, yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman, jarum suntik, ibu hamil pada bayi ketika melahirkan dan juga melalui darah. Penderita penyakit ini akan memiliki kekebalan tubuh yang lemah sehingga banyak penyakit yang akan datang.

PMS Yang Disebabkan Oleh Protozoa

• Trikomoniasis

Penyebab dari penyakit ini adalah parasit kecil yang bernama Trichomonas vaginalis. Parasit ini bisa menular lewat hubungan seksual dan menyebabkan penderitanya mengalami gejala salah satunya yaitu keluarnya cairan dari penis atau vagina berwarna putih atau kekuningan.

PMS Yang Disebabkan Oleh Jamur

• Infeksi Candida

Jamur Candida albicans bisa menyebabkan iritasi pada vagina, dan juga bisa menginfeksi pria yang umumnya tidak melakukan sunat. Jamur ini juga bisa ditemukan di bibir, kuku, anus dan juga saluran pencernaan. Pada wanita, gejala yang akan dialami yaitu gatal di area vagina, perih, dan kemerahan, lalu muncul keputihan yang menggumpal. Pada pria, akan muncul ruam di penis, gatal dan juga perih di ujung penis, dan juga bau yang tidak sedap. Pengobatan yang biasanya dilakukan yaitu dengan krim anti jamur.

Jadi pengertian penyakit menular seksual adalah segala penyakit yang bisa muncul yang berasal dari hubungan seksual yang tidak aman. Setelah mengetahui pengertian penyakit menular seksual adalah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, diharapkan pria dan wanita akan lebih waspada dan juga perhatian dengan penyakit-penyakit tersebut. Jika Anda mengalami penyakit-penyakit di atas, segera konsultasikan dengan dokter.