Kutil kelamin atau kondiloma akuminata adalah jenis penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh virus. Seseorang yang mengalami penyakit ini akan merasakan munculnya benjolan di area genitalnya, seperti di vagina wanita ataupun penis pria. Penyakit ini bisa ditularkan melalui kontak antar kulit dengan penderita.

Seseorang akan berisiko tinggi terkena penyakit ini jika dirinya berganti-ganti pasangan seksual, melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, berhubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat kehidupan seksualnya, seseorang yang aktif secara seksual sejak remaja, dan juga orang yang pernah mengalami penyakit seksual lain.

Virus penyebab kutil kelamin bernama human papilloma virus (HPV). HPV memiliki lebih dari 100 jenis virus, dan penyebab penyakit tersebut umumnya karena virus HPV tipe 6 dan juga tipe 11. Virus tersebut nantinya akan memperbanyak diri setelah masuk ke dalam tubuh, kemudian akan keluar dari sel inang dan menyerang sel sehat yang lain.

Virus HPV tidak akan menular hanya melalui pelukan, ciuman, ataupun menggunakan peralatan bersama dengan penderita. Karena virus bisa ditularkan hanya melalui kontak kulit saja, seperti ketika melakukan hubungan seksual, seperti seks anal atau oral, ataupun hanya bersentuhan antar kulit kelamin tanpa terjadi penetrasi seksual. Virus kutil kelamin juga bisa ditularkan oleh seorang ibu yang mengalami penyakit ini pada bayi yang dikandungnya. Biasanya penularan terjadi selam proses persalinan.

Gejala

Tidak jarang kutil yang tumbuh sama sekali tidak terlihat oleh mata secara langsung, karena bentuknya yang kecil dan juga datar. Namun akan muncul rasa tidak nyaman seperti gatal dan juga bisa terjadi pendarahan ketika melakukan hubungan seksual. Biasanya kutil akan tumbuh berkelompok dan berdekatan, selain itu warnanya merah atau abu-abu.

Pencegahan

Melakukan pencegahan dari penyakit ini bisa dilakukan dengan menahan keinginan melakukan hubungan seksual, apalagi jika kondisinya Anda belum menikah, maka akan ada kemungkinan Anda akan berganti-ganti pasangan seksual. Hal tersebut malah akan meningkatkan resiko Anda terkena penyakit kondiloma akuminata ini.

Selain itu gunakan pengaman seperti kondom ketika melakukan hubungan seksual. Walaupun tidak sepenuhnya efektif, namun kondom bisa meminimalisir terpaparnya infeksi karena kontak antar kulit dengan penderita. Anda juga disarankan untuk menghindari berbagi sex toys ataupun menggunakan alat bantu seks yang tidak steril.

Anda juga bisa mencegah terjadinya penyakit menular seksual ini dengan melakukan vaksin virus HPV penyebab kutil kelamin. Vaksin ini bisa diberikan sebelum Anda aktif secara seksual. Biasanya diberikan pada usia 12 tahun untuk anak laki-laki dan pada usia 11 tahun untuk anak perempuan. Jika belum mendapatkan vaksin pada usia tersebut, maka bisa diberikan pada usia 21 tahun untuk pria, dan pada usia 26 tahun untuk wanita. Pemberian vaksin pada usia-usia tersebut bisa menurunkan resiko terkena penyakit ini sekitar 50 persen.

Itulah gejala dan juga cara pencegahan kutil kelamin. Sebenarnya untuk mencegah terserang penyakit ini, Anda hanya memerlukan kebiasaan sehat dalam melakukan hubungan seksual ataupun menjaga kebersihan area genital Anda. Hindari melakukan aktivitas seksual yang rentan untuk terkena penyakit menular seksual.

Jika Anda merasakan ada gejala penyakit ini di tubuh Anda, segera konsultasikan dengan dokter yang tepat untuk segera mendapatkan penanganan. Dokter biasanya akan memeriksa apakah benar Anda terkena kutil kelamin, setelah itu dokter akan memberikan obat untuk menghilangkan kutil. Umumnya pengobatan dilakukan hanya untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dari akibat tumbuhnya kutil, bukan menghilangkan virus penyebab penyakit tersebut. Karena obat untuk menghilangkan virus tersebut belum ada sampai sekarang.