Herpes adalah penyakit menular yang menyerang kulit penderitanya. Penyakit ini diartikan sebagai radang pada kulit dengan tanda munculnya gelembung yang umumnya akan muncul secara berkelompok. Gelembung ini biasanya berisi air dan bisa menular jika bersentuhan dengan objek lain. Itulah mengapa herpes termasuk dalam kategori penyakit menular. Herpes bisa menyebar ke bagian tubuh lain karena terjadi gesekan ataupun garukan yang membuat virus semakin menjalar ke bagian yang lain.

Herpes sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu herpes simpleks dan juga herpes zoster. Herpes simpleks sendiri terbagi menjadi dua, yaitu herpes yang menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas, dan juga herpes genitalis yang menyerang bagian pinggang ke bawah, misalnya alat kelamin. Sedangkan herpes zoster merupakan herpes yang menyerang kulit penderitanya. Berikut ini adalah penyebab penyakit herpes di kulit. Penyakit herpes ini bisa menyerang pria maupun wanita.

Penyebab Penyakit Herpes Di Kulit

Penyebab penyakit herpes yang terjadi di kulit atau herpes zoster adalah virus varicella-zoster. Virus ini juga merupakan penyebab penyakit cacar air. Virus ini ketika sudah menginfeksi tubuh seseorang makan akan menetap di dalam tubuh dengan kondisi virus yang masih tidak aktif. Namun sewaktu-waktu virus ini bisa aktif jika sistem kekebalan tubuh seseorang menurun. Ketika kekebalan tubuh menurun, virus akan aktif dah menyebar melalui syaraf tepi menuju ke kulit dan membuat terjadinya gejala penyakit herpes. Virus kemudian akan memperbanyak diri dan menimbulkan bintik-bintik kecil berwarna merah dan juga gelembung berisi cairan di kulit yang terinfeksi virus.

Gejala yang akan muncul diawal biasanya penderita akan mengalami demam tinggi disertai gejala lainnya setelah sekitar 8 hari. Gejala lain herpes yaitu kulit yang terasa terbakar dan lebih sensitif selama beberapa minggu, sakit di bagian tubuh yang terinfeksi virus, muncul bintik kemerahan di kulit dan terasa sakit sampai menjadi gelembung berisi air dan muncul berkelompok, sesak napas, dan juga gatal-gatal.

Herpes dapat dengan mudah menular, misalnya melalui peralatan yang digunakan bersama dengan penderita dan tersentuh cairan gelembung herpes, ataupun kontak langsung dengan kulit penderita. Banyak penderita herpes yang sudah berusia lanjut dan juga seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Oleh karena itu lah, penyebab penyakit herpes di kulit yaitu karena kurangnya nutrisi yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mendiagnosa apakah Anda mengalami herpes atau tidak, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Jika Anda memang terserang virus penyebab herpes, sebaiknya lakukan pengobatan dengan tuntas, agar tidak menularkannya ke orang lain. Walaupun begitu, pengobatan yang diberikan pada penderita herpes hanya bertujuan untuk mengurangi gejala yang penderita rasakan dan juga mengurangi kemungkinan herpes akan ditularkan pada orang lain. Namun pengobatan tidak bisa sama sekali menghilangkan virus yang akan tetap ada di tubuh seseorang yang pernah terserang. Dan jika gejalanya sudah menghilang, tidak menutup kemungkinan herpes bisa kambuh lagi sewaktu-waktu.

Untuk mendukung pengobatan yang dijalani, penderita herpes disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, E dan zat besi yang bisa membantu dalam mempercepat proses pengobatan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mencegah terserang herpes, Anda bisa mulai dengan menjaga kebersihan tubuh, ataupun penuhi nutrisi sehat untuk tubuh sehari-hari agar tubuh bisa melawan berbagai virus atau bakteri yang akan membahayakan tubuh. Selain itu hindari juga penggunaan peralatan yang sama dengan penderita herpes untuk mencegah infeksi menular pada Anda.