Pernah mendengar tentang herpes? Apa itu herpes? Herpes merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling umum terjadi. Herpes kadang muncul tanpa menunjukkan gejala apapun, sehingga diartikan sebagai penyakit yang lain. Penyakit herpes ini disebabkan oleh virus, namun memang bukan termasuk penyakit yang berbahaya. Walaupun begitu, Anda harus mengetahui apa itu herpes dan apa gejala herpes.

Apa Itu Herpes?

Herpes adalah penyakit kulit yang muncul karena virus. Penyakit yang juga disebut cacar ini akan ditandai dengan munculnya gelembung yang berisi air yang biasanya muncul dalam jumlah banyak dan bergerombol. Herpes dibagi menjadi dua golongan, yaitu Herpes Simpleks, dan Herpes Zoster. Kedua golongan ini sama-sama disebabkan oleh virus herpes.

• Herpes Simpleks

Ada dua tipe virus pada herpes simpleks, yaitu herpes simplex virus-1 (HSV-1), dan herpes simpleks virus-2 (HSV-2). HSV-1 akan menyerang bagian mulut ataupun bagian pinggang ke atas, dan merupakan infeksi yang sangat umum. HSV-1 akan membuat penderitanya mengalami sariawan di mulut dan bibir, ruam dan juga muncul lepuh. Virus ini bisa diobati, namun tidak akan sembuh secara total, dan akan muncul sewaktu-waktu ketika daya tahan tubuh lemah.

HSV-2 akan menyerang bagian pinggang ke bawah, seperti alat kelamin, dan biasa disebut Herpes Genitalis. Herpes jenis ini tidak akan menular lewat udara, namun akan menular lewat hubungan seksual. Herpes jenis ini bisa muncul di vagina, dubur, selangkangan, penis, dan juga kaki. Banyak kasus menunjukkan gejala akan sulit terlihat jika dialami oleh wanita. Dan virus ini juga tidak bisa disembuhkan.

Gejala herpes simpleks umumnya seperti munculnya luka terbuka yang tampak seperti lepuhan di bagian tubuh yang terinfeksi, muncul sakit dan juga gatal, jika terinfeksi di kelamin maka penderita akan merasa sakit ketika buang air kecil.

Untuk mengurangi gejala herpes simpleks, biasanya dokter akan memberikan obat antivirus. Antivirus ini akan menonaktifkan virus herpes simpleks untuk sementara, sehingga gejala herpes akan berkurang.

• Herpes Zoster

Penyakit ini merupakan infeksi kulit yang menjadi lanjutan dari penyakit cacar air. Virus penyebab herpes zoster yaitu virus varisela zoster sama seperti virus penyebab cacar air. Herpes zoster umumnya memiliki gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tubuh seperti punggung, dahi ataupun dada. Penyakit ini bisa ditularkan melalui bersih, sentuhan pada luka yang sudah pecah, batuk ataupun pakaian yang tercemar.

Gejala herpes zoster umumnya akan muncul ruam berbentuk setengah lingkaran, biasanya ruam akan mengelilingi bagian kiri atau kanan tubuh, ruam tersebut berbentuk luka lepuhan dan berisi air, muncul sakit seperti rasa terbakar, gatal, dan luka akan menjadi koreng dalam 3 sampai 5 hari.

Untuk pengobatan herpes zoster, dokter juga akan memberikan antivirus untuk mengurangi gejalanya. Namun jika Anda belum terkena virus penyakit ini, Anda bisa melakukan vaksin herpes zoster sebagai pencegahan dini.

Virus-virus herpes tidak akan menghilang dari tubuh seseorang yang sudah terserang herpes. Maka pengobatan yang diberikan hanya sekedar menghilangkan gejala yang akan dirasakan oleh penderita bukan untuk menghilangkan virus penyebab herpes. Virus tersebut akan terus berada dalam tubuh dan bisa kambuh sewaktu-waktu tergantung kondisi tubuh Anda.

Dengan mengetahui apa itu herpes dan apa gejalanya, Anda jadi bisa memahami kondisi yang mungkin sedang Anda alami apakah herpes atau bukan. Jika Anda masih ragu apa itu herpes yang menyerang Anda, maka Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kami di Klinik Utama Gracia.