Pernahkah Anda memahami tentang penyakit kelamin pria seperti sifilis, herpes, dan berbagai jenis lainnya, lalu bagaimana ciri ciri penyakit kelamin? Ternyata penyakit tersebut tak hanya menyerang kaum pria saja, wanita juga bisa terjangkit penyakit kelamin. Penyakit tersebut pada umumnya akan menyerang organ reproduksi yang akan menimbulkan beberapa gangguan tertentu.

Anda harus mengetahui, bahwa ciri ciri penyakit kelamin yang bisa menyerang wanita, tak hanya sipilis. Masih terdapat berbagai jenis kondisi lainnya yang bisa dirasakan kaum wanita tersebut. Penyakit kelamin ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya pola hidup kurang sehat dan perilaku seksual yang menyimpang. Anda harus mengetahui ciri-ciri penyakit kelamin sejak dini, jika terlambat dan tak segera memperoleh penanganan yang tepat, tentu akan menimbulkan kondisi yang lebih berbahaya.

Baca juga: Kenali Dan Waspadai Tanda Penyakit Kelamin!



Ciri Ciri Penyakit Kelamin Pada Wanita

Nah dari pada Anda harus menduga-duga apa saja jenis penyakit kelamin tersebut, berikut akan kami simpulnya ciri-cirinya.

1.Infeksi genital

Infeksi genital disebabkan oleh mikroba klamidia. Penyakit satu ini akan menimbulkan gejala atau justru sebaliknya. Gejala umum yang timbul tidak lain yakni keluarnya sekresi atau cairan dari vagina yang tak wajar disertai rasa gatal dan panas di area peradangan tersebut. Pada masa inkubasi penyakit ini akan meradang selama 14 sampai 21 hari lamanya.

2.Trichomonal Vaginitis

Salah satu gejala dan ciri ciri penyakit kelamin ini yakni keluarnya cairan dengan warna kehijauan dan biasanya akan menimbulkan iritasi di sekitar vagina. Penyebab penyakit tersebut tidak lain karena berhubungan seksual atau Anda tidak menjadi kebersihan dengan baik seperti misalnya kloset duduk, baju kotor, jarang mandi atau keadaavagina yang lembap. Masa inkubasi akan berjalan selama 21 hari.



3.Herpes Genitalis

Gejala penyakit kelamin pada kalangan wanita satu ini dimulai dengan timbulnya rasa gatal disekitar kemaluan dan diikuti dengan munculnya beberapa luka lepuh, terkadang timbul di area pantat dan paha. Rasa gatal dan panas akan segera hilang selama 24 jam, meninggalkan bisul kecil yang sakit dan berwarna merah. Bekas melepuh tersebut akan membekas dan dapat melepuh berulang.

Gejala berat bisa terjadi di sekitar mulut rahim, pada awalnya ditempat yang akan menimbulkan lepuh, Anda akan merasakan sensasi seperti terbakar. Ketika lepuh sudah muncul, maka akan menimbulkan demam, nyeri otot, kelelahan, dan sakit kepala. Penyakit tersebut biasanya akan menyerang labia mayora, minora, klitoris, bahkan hingga leher rahim tanpa adanya gejala yang klinis.

4.Gonorrhea

Salah satu ciri ciri penyakit kelamin yakni timbulnya cairan vagina atau uretra yang abnormal dan nyeri ketika buang air kecil. Penyakit tersebut akan menyerang leher rahim, indung telur, saluran telur, uretra, dan rektum. Pada fase yang parah, jika seseorang berhubungan seksual dengan metode oral, penyakit ini akan menularkan dan mengakibatkan gonore di bagian tenggorokan. Pada masa inkubasi penyakit tersebut bisa meradang hingga 10 hari.

Itulah beberapa jenis penyakit kelamin pada kalangan wanita beserta ciri-cirinya. Jika Anda memperoleh tanda dan gejala diatas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kami Klinik Utama Gracia mempunyai tenaga medis yang ahli dalam bidangnya. Semua pasien akan kami layani dengan baik dan profesional. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 085714263063 ini. Sekian mengenai ciri ciri penyakit kelamin, semoga bermanfaat.

Baca juga: Apakah Penyakit Kelamin Itu Berbahaya Atau Tidak?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.