Human Papillomavirus atau yang dikenal dengan penyakit HPV merupakan virus yang menyebabkan tumbuhnya kutil di berbagai tubuh. Biasanya virus HPV akan hidup pada sel-sel kulit. Virus HPV mempunyai lebih dari 100 jenis yang berbeda. Beberapa jenis diantaranya bisa memicu penyakit kutil kelamin yang cukup berbahaya.

Baca juga: Penyakit Jengger Ayam Pada Pria Dewasa

Apa Saja Jenis Penyakit HPV

HPV disebut sebagai penyebab kanker serviks, padahal tak semua virus menyebabkan kanker bagi penderitanya. Terdapat beberapa jenis HPV yang tak berbahaya, tetapi ada pula jenis virus yang menyebabkan penyakit cukup parah seperti virus 16 dan 18. Nah kanker serviks disebabkan oleh kedua jenis virus tersebut. Faktanya virus HPV bisa diobati dengan berbagai jenis metode. HPV dapat ditangani sesuai dengan kondisi penyakit yang ditimbulkan oleh virus HPV.

1.Kutil kelamin

Apabila virus HPV menyebabkan kutil kelamin, Anda bisa menggunakan obat jenis oles untuk meredakannya. Obat tersebut berfungsi untuk mengikis lapisan kutil secara bertahap. Sedangkan yang lain mempunyai fungsi untuk membakar protein yang ada dalam sel-sel kutil. Tak hanya dengan obat oles, kutil kelamin bisa dihilangkan menggunakan metode lainnya seperti bedah laser atau pengangkatan kutil kelamin.

2.Kanker serviks

Apabila kutil kelamin sudah terdeteksi dan berkembang menjadi kanker, tentu penangananya akan berbeda dengan sebelumnya. Dokter akan memberi perawatan medis yang sesuai dengan kebutuhkan semua pasien. Namun penanganan pertama Anda akan menjalankan beberapa tes untuk mencegah penyakit yang semakin parah.

Apakah Virus HPV Dapat Dihilangkan Dengan Mudah?

Walaupun beberapa jenis penyakit muncul karena virus HPV dapat dengan mudah diobati, namun sebenarnya HPV sendiri tidak bisa dihilangkan dari tubuh. Virus tersebut akan berada dalam tubuh dan dapat menularkan ke kalangan lain meski penyakit yang timbul sudah hilang.

Namun ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk pencegahan terhadap virus HPV. Salah satunya yakni dengan melakukan vaksin. Anda akan menemukan beberapa jenis vaksin yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus dalam tubuh. Biasanya vaksin tersebut dianjurkan kepada remaja atau wanita yang berusia 10 sampai 26 tahun.

Selain melakukan vaksinasi, terdapat beberapa metode lain yang berguna sebagai pencegahan penyebaran penyakit HPV, seperti menjaga kebersihan diri dan organ vital, hindari melakukan hubungan seks berganti-ganti dan jangan lupa gunakan pengaman untuk mengurangi penularan virus tersebut. Tidak ada salahnya jika ingin mengkonsumsi makanan untuk mengindari diri dari penularan virus HPV, seperti yang kami uraikan dibawah ini.

1.Sayuran

Sayuran seperti ubi, selada, tomat memang kaya akan betakaroten yang bisa diubah menjadi retinol. Tentunya kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh untuk melawan virus jahat, salah satunya penyakit HPV.

2.Bawang Putih

Bawang putih merupakan sayuran dengan kandungan allicin. Allicin sendiri merupakan senyawa yang akan melindungi tubuh dari patogen yakni penyebab penyakit, salah satunya virus HPV. Jangan lupa untuk selalu rajin konsumsi makanan yang kami anjurkan di atas, Anda juga harus melakukan gaya hidup sehat agar kesehatan terjaga dengan baik.

Tidak ada salahnya bertanya kepada dokter mengenai pola hidup sehat atau cara mencegah virus HPV di Klinik Utama Gracia. Kami merupakan salah satu klinik kelamin yang akan memberikan penanganan tepat kepada kalian semua. Lakukan reservasi dengan mudah bersama kami di 085714263063 ini. Sekian kami sampaikan mengenai penyakit HPV yang kami sampaikan kepada kalian semua, semoga bermanfaat ya.