Herpes merupakan penyakit kulit yang cukup umum ditemui beberapa kalangan, lalu apakah penyakit herpes kelamin bisa sembuh total?. Penyakit tersebut ditandai dengan munculnya gelembung berisikan cairan berkelompok di area permukaan kulit. Herpes kadang bisa disebut penyakit cacar oleh sebagian kalangan. Penyebab herpes kulit yakni virus HSV yang bersarang dalam tubuh. Untuk lebih jelas mari kita bahas lebih jauh mengenai penyakit herpes kulit, mulai dari penyebab, gejala serta cara penanganan yang bisa dijalankan.

Baca juga: Fakta Nyata Penyakit Herpes Kelamin

Mengenal Penyakit Herpes Kelamin Bisa Sembuh Total?

Herpes merupakan sebuah penyakit yang timbul akibat serangan HSV dalam tubuh. Penyakit kulit ini serta herpes genital merupakan jenis yang paling umum. Infeksi yang menyebabkan luka pada bibir, leher atau bagian tubuh lain akan menyebabkan sensasi gatal disertai perih. Jadi pada dasarnya, terdapat 2 jenis macam penyakit herpes yakni simpleks dan zoster.

Keduanya sama-sama disebabkan oleh virus, tetapi sebenarnya penyakit herpes kelamin bisa sembuh total. Namun gejala herpes yang ditunjukan oleh kedua jenis tersebut tak sepenuhnya sama. Gejala herpes merupakan hal yang harus Anda waspadai agar tidak menjadi semakin parah. Ciri yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum yakni menggigil, sesak napas, nyeri pada persendian dan demam.

Pertolongan Pertama Untuk Penderita Herpes

Hal penting yang harus dilakukan oleh penderita ketika telah terdeteksi gejala herpes yakni menjaga gelembung cairan agar tidak mudah pecah dan meninggalkan bekas serta menjadi jalan masuk bagi kuman jenis lainnya. Penderita yang tidak tahan dengan kondisi hawa dingin dianjurkan untuk tidak mandi, karena dapat menimbulkan shock.

Hal penting selanjutnya untuk dilakukan adalah jika Anda merasakan tanda dan gejala penyakit tersebut. Segera bawa ke dokter untuk melakukan identifikasi awal. Ini menjadi salah satu langkah penting, karena berhubungan dengan kesehatan penderita dengan kalangan lain sekitarnya.

Biasanya dokter akan menjalankan pemeriksaan sesuai dengan tanda dan gejala yang timbul. Infeksi yang diakibatkan oleh virus herpes sebenarnya bisa dilihat secara kasat mata dengan memperhatikan luka yang timbul akibat serangan penyakit tersebut. Jadi apakah penyakit herpes kelamin bisa sembuh total?

Namun jika dokter akan menyarankan untuk melakukan sebuah prosedur observasi lanjutan, Anda akan diarahkan untuk melakukan tes antibodi dengan cara mengambil sampel darah atau melakukan kultur virus herpes dengan cara mengambil cairan genital yang berasal dari luka seseorang yang mengalami infeksi tersebut.

Pengobatan Untuk Herpes

Penanganan herpes adalah obat yang ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala seperti timbulnya demam atau terasa nyeri. Selain memberi obat yang dapat mengurangi rasa nyeri serta demam, penderita infeksi virus herpes bisa diberikan obat antiviral yang bisa membantu tubuh melawan gejala infeksi virus tersebut. Pemberian obat sebagai antiviral bertujuan untuk mengurangi rasa demam, nyeri, dan komplikasi serta melindungi seseorang dari tidak mampunya melawan virus herpes tersebut.

Sebaiknya pemberian obat ketika timbulnya rasa nyeri atau panas membakar pada kulit, tidak perlu menunggu munculnya gelembung berisikan cairan. Herpes merupakan penyakit yang cukup mengganggu, namun bisa ditangani sehingga Anda tidak perlu gelisah. Kondisi tubuh yang terinfeksi virus penyakit herpes kelamin bisa sembuh total lebih cepat jika daya tahan tubuh Anda kuat.

Jadi herpes merupakan penyakit yang berhubungan dengan daya tahan tubuh. Pada kondisi yang lebih serius, yakni ketika daya tahan tubuh seseorang melemah. Penderita herpes sebaiknya memperoleh pengobatan terapi infus untuk proses yang lebih cepat. Segera hubungi kami Klinik Utama Gracia untuk penanganan lebih cepat dan akurat. Anda bisa lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 085714263063 ini. Sekian mengenai penyakit herpes kelamin bisa sembuh total, semoga bermanfaat.