Penyakit herpes kelamin wanita merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyebar luas, bahkan menurut beberapa sumber terdapat ratusan juta kalangan di dunia yang mengidap herpes. Hal tersebut berarti penularan herpes memang cukup berbahaya. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari mengenai sebab dan akibat infeksi virus ditularkan. Simak ulasan kami selengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Penyakit Herpes Kelamin Adalah Kondisi Serius? Pahami Gejalanya!

Mengenal Jenis Penyakit Herpes Kelamin Wanita

Diluar penyakit herpes kelamin wanita, Anda mungkin pernah mendengar soal herpes zoster atau biasa dikenal dengan sebutan cacar ular. Herpes jenis ini disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster. Namun saat ini herpes tersebut masuk kepada kasus yang sering ditemui. Herpes simplex sendiri terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan virus penyebabnya.

Jenis pertama yakni virus herpes simplex jenis 1, herpes ini biasanya akan menyerang area mulut dan bibir. Anda bisa mengamati gejalanya antara lain muncul bintil kemerahan yang berisikan nanah serta cairan. Herpes simpleks jenis kedua biasanya disebabkan oleh virus herpes simpleks 2. Bakteri ini akan menyerang area vital dan anus, baik wanita maupun pria.

Tanda gejala tersebut biasanya berupa rasa sakit ketika buang air kecil atau berhubungan seksual. Anda tak mungkin memastikan jenis virus penyakit herpes kelamin wanita yang sedang menyerang kecuali melalui tes lab. Pasalnya terkadang herpes jenis 1 bisa menyebabkan munculnya bintil herpes di bagian kelamin seperti herpes 2.

Bagaimana Agar Tidak Tertular Herpes Genital?

Tenang, semua kalangan masih bisa melakukan tindakan pencegahan supaya tak tertular penyakit penyakit herpes kelamin wanita, khususnya dari pasangan. Simak ulasan selengkapnya:

1.Tak berhubungan intim ketika muncul gejala herpes

Jika pasangan anda masih dalam pengobatan atau pemulihan dari penyakit herpes genital, sebaiknya jangan melakukan hubungan seks terlebih dahulu. Baik melalui penetrasi penis ke vagina, oral, dan lain sebagainya.

2.Hubungan seks menggunakan kondom

Terkadang gejala herpes genital tak timbul kepada penderitanya. Sebab berhubungan seks dengan pengaman bisa jadi salah satu cara pencegahan yang cukup efektif supaya tidak tertular penyakit herpes. Pria juga sebaiknya tidak menggunakan kondom ketika menerima seks oral dari pasangan.

3.Tak menggunakan alat bantu seks secara bergantian

Jangan menggunakan alat bantu seks secara bergantian. Jika ingin digunakan bersama, Anda harus mencuci terlebih dahulu sampai bersih menggunakan sabun dan air panas. Setelahnya Anda bisa keringkan hingga tuntas.

4.Menjaga kebersihan dan kesehatan alat kelamin

Menurut beberapa sumber, wanita memang lebih rentan tertular herpes genital dibandingkan pria. Karena itu, Anda harus menjaga kebersihan serta kesehatan pada vagina. Apalagi ketika Anda sedang berada di siklus haid atau menstruasi.

Ketika berada di siklus haid, vagina menjadi lebih mudah diserang bakteri atau virus jahat, salah satunya yakni herpes simpleks. Untuk mencegah iritasi ketika menstruasi, cuci bagian luar vagina dengan air hangat serta produk kewanitaan lainnya 2 kali sehari.

5.Jangan berganti-ganti pasangan

Jangan pernah berganti pasangan seksual, hal tersebut hanya akan meningkatkan peluang Anda akan tertular herpes genital pada kalangan lainnya. Jadi jika Anda habis melakukan hubungan seks segera cek ke dokter untuk melakukan tes penyakit kelamin.

Jadi bagi Anda yang memperoleh tanda gejala herpes bisa melakukan beberapa pencegahan diatas, kami Klinik Utama Gracia akan membantu semua masalah yang Anda alami. Lakukan reservasi bersama kami dengan mudah melalui 085714263063. Sekian mengenai penyakit herpes kelamin wanita, semoga bermanfaat.