Penyakit herpes kelamin pada pria merupakan bakteri menular seksual yang dapat menyerang pria dan wanita. Kondisi ini menimbulkan luka melepuh di area kelamin, namun penderita herpes bisa terserang tanpa kendala. Sebab herpes genital tidak akan menimbulkan gejala. Banyak penderita yang tak sadar bahwa dirinya sedang terkena penyakit herpes kelamin pada pria. Maka dari itu, perilaku seksual yang aman memang perlu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tersebut.

Herpes genital sering tak menimbulkan gejala sama sekali pada penderitanya, namun apabila muncul, gejala yang terlihat berupa luka melepuh diarea kelamin. Luka tersebut biasanya terasa gatal dan sakit. Gejala ini bisa kambuh beberapa kali dalam setahun, namun seiring terbentuknya sistem kekebalan tubuh pada virus tersebut, maka kekambuhan akan berkurang.

Baca juga: Penyebab Penyakit Herpes Pada Kelamin Laki Laki

Penyebab Penyakit Herpes Kelamin Pada Pria

Virus herpes simpleks menjadi salah satu penyebab dari penyakit herpes kelamin pada pria. Penyebaran HSV paling sering terjadi melalui hubungan seksual dengan kalangan yang terinfeksi virus ini. Selain itu, herpes genital dari ibu hamil juga bisa ditularkan kepada bayi yang sedang di kandungnya.

Gejala Penyakit Herpes Kelamin Pada Pria

Diagnosis penyakit herpes kelamin pada pria ditetapkan melalui sebuah pemeriksaan fisik, terutama pada bagian luka melepuh di area kelamin. Selain melalui pemeriksaan luka, sampel cairan bisa dilakukan oleh dokter kulit untuk mengetahaui keberadaan virus tersebut. Dokter bisa melakukan pemeriksaan darah guna mendeteksi keberadaan herpes serta antibody terhadap virus itu sendiri.

1.Demam dan flu

Herpes yang muncul pada kelamin pria bisa menyebabkan demam yang tinggi. Deman tersebut sering dianggap sebagai kondisi biasa oleh beberapa kalangan. Persamaan ini memang akan membuat pria sering menganggap tubuhnya hanya mengalami demam ringan dan akan segera sembuh dengan sendirinya setelah minum obat seperti paracetamol.

Jika Anda sering mengalami demam dengan sendirinya tanpa ada gangguan lain, coba cek pada bagian area kemaluan. Jika terdapat bisul atau luka yang cukup serius serta terasa sakit, kemungkinan Anda sedang terinfeksi herpes. Ingat kembali kapan terakhir melakukan hubungan seks dan mengenakan kondom atau tidak sama sekali.

2.Bintil kecil di penis

Gejala lain dari herpes yang sering terjadi pada kalangan pria yakni munculnya bintil pada bagian penis. Bintil tersebut biasanya mempunyai jumlah banyak dan bergerombol. Ketika area bintil disentuh, akan terasa sakit dan kadang bisa lancet atau terjadi sebuah pendarahan. Di area penis yang muncul bintil juga sering gatal atau berkeringat. Ketika digunakan untuk berjalan, rasanya tidak nyaman, sehingga pria sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3.Luka pada penis cukup besar

Herpes merupakan penyakit yang muncul berbentuk luka di penis, khususnya area kulit di sekitar skrotum, selangkangan, dan kepala penis. Luka tersebut biasanya akan muncul begitu saja, padahal sebelumnya tak ada luka sama sekali, entah karena gangguan jenis lainnya, seperti luka akibat gesekan atau digigit serangga.

Luka pada penis terkadang muncul disertai dengan rasa panas diarea tubuh, area tersebut sangat sakit ketika disentuh. Penis akan mengalami penurunan fungsi seksual karena ketika akan berhubungan seksual terasa sakit, sehingga tidak akan muncul rasa nikmat. Ini merupakan beberapa gejala yang muncul pada kalangan pria.

Semoga informasi ini bisa memberi wawasan kepada Anda untuk mengenal lebih juah mengenai herpes genital. Anda bisa lakukan reservasi bersama kami di Klinik Utama Gracia atau melalui nomer 085714263063. Sekian kami sampaikan mengenai penyakit herpes kelamin pada pria. Terima kasih.