Sipilis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh komplikasi jangka panjang apabila penderita tidak segera menangani, lalu bagaimana tanda tanda sipilis pada pria?. Tanda dan gejala sipilis bagi kalangan dewasa, baik pria atau wanita akan mengalami proses dan tahapan yang berbeda, yakni sekunder, primner, laten, serta akhir. Anda dapat terjangkit sipilis bila melakukan hubungan seksual secara langsung dengan luka yang meradang, baik secara oral, anal ataupun vagina.

Luka sipilis biasanya ditemukan pada penis, anus, vagina, dan rektrum atau bibir. Sipilis bahkan bisa menyebar dari seorang ibu yang sedang terinfeksi kepada bayi yang belum lahir. Untuk mengenal dengan baik tanda dan gejala sipilis dalam tubuh, bagi kalangan pria, mari kita pahami gejala yang ada dibawah ini:

Baca juga: Treponema Pallidum Bakteri Penyebab Sifilis

Gejala Dan Tanda Tanda Sipilis Pada Pria

1. Tahap primer

Dalam fase ini, luka tidak akan menimbulkan rasa sakit, namun akan muncul ditempat bakteri yang masuk kedalam tubuh. Hal tersebut biasanya akan terjadi selama 3 minggu awal. Penderita yang megalami tahap primer berisiko tinggi menularkan ke pasangan ketika berhubungan seksual. Pada umumnya luka hadir dibagian penis, luka tersebut sering menimbulkan rasa nyeri dan sakit.

Bagi kalangan wanita, luka mudah berkembang di bagian luar kelamin atau di dalam vagina. Chancre biasanya tidak akan diketahui apabila terjadi dalam vagina atau di permukaan rahim. Luka pada umumnya timbul tanpa rasa sakit dan tidak akan terlihat.

•Perkembangan kelenjar getah bening bisa terjadi pada area sekitar luka tersebut

•Luka bahkan bisa terjadi pada bagian tubuh lain selain kelamin.

Luka pada umumnya akan berlangsung selama beberapa minggu dan dapat segera sembuh tanpa ada pengobatan, namun akan meninggalkan luka tipis. Walaupun luka sudah sembuh, bukan berarti sipilis mudah menghilang, sebab seorang bisa menularkan tanda tanda sipilis pada pria pada kalangan lain dalam kondisi tersebut.

2. Tahap sekunder

Pada fase ini luka akan ditandai dengan timbulnya ruam selama kurang lebih 12 minggu setelah luka berkembang, bahkan sebelum ia sembuh. Gejala tersebut mungkin akan terjadi, yang berarti bahwa infeksi sudah menyebar kebagian tubuh lainnya. Seorang menjadi semakin mudah terular pada fase sekunder tersebut. Ruam menjadi sering berkembang pada seluruh tubuh dan pada umumnya di telapak kaki dan tangan.

•Ruam luka terlihat cokelat kemerahan, padat, kecil, dan datar. Namun ruang tersebut seperti kulit pada umumnya.

•Luka kecil terbuka dapat hadir pada selaput lendir. Luka berisi nanah atau luka lembab seperti kutil.

•Pada pria yang mempunyai kulit gelap, warna luka akan terlihat lebih terang dibandingkan kulit di sekitarnya.

Ruam kulit tersebut biasanya akan segera mereda selama 2 bulan dengan sendirinya, tanpa meninggalkan bekas. Setelah proses penyembuham perubahan warna kulit akan terjadi. Namun walaupun luka sudah sembuh, virus tanda tanda sipilis pada pria tetap ada dan dapat menular pada kalangan lain.

3. Tahap laten atau tersembunyi

Apabila tidak segera ditangani, penderita akan masuk ke fase laten. Ini merupakan tahapan setelah seseorang terserang infeksi. Jika ruam pada fase sekunder hilang, penderita tidak akan menimbulkan gejala apapun dalam jangka panjang. Tahapan tersebut berjalan singkat, yakni selama setahuh atau kurang lebih 20 tahun.

4. Tahap akhir

Ini menjadi fase akhir dan paling menular dari tanda tanda sipilis pada pria. Apabila tidak segera diobati, tahapan akhir akan segera muncul dalam kurun waktu 1 tahun setelah timbulnya infeksi. Pria penderita sipilis jarang memperoleh tahapan ini. Sebab fase ini akan menyebabkan masalah pada jantung serius, pembuluh darah, gangguan mental, masalah sistem syaraf dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang merasakan tanda dan gejala diatas bisa segera melakukan konsultasi bersama kami di Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat. Anda bisa melakukan reservasi dengan mudah bersama kami di 085714263063, sekian kami sampaikan mengenai tanda tanda sipilis pada pria, semoga bermanfaat.

Baca juga: Waspada Bakteri Dan Faktor Penyebab Penyakit Sipilis!

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai

panduan medis yang mutlak.