Penyakit kelamin pada pria merupakan penyakit yang menyerang organ intim miliki pria yang biasanya disebabkan oleh aktivitas seksual. Ada banyak sekali jenis penyakit kelamin yang bisa menyerang pria. Apalagi jika Anda sering melakukan hubungan seksual yang tidak menggunakan pengaman ataupun berganti-ganti pasangan. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kelamin pada pria yang harus Anda ketahui gejala dan juga penyebabnya.

1. Disfungsi Ereksi

Jenis penyakit kelamin pada pria ini biasa dikenal dengan nama impotensi. Pada penyakit ini, pria akan mengalami gangguan dalam mempertahankan ereksi penis sehingga tidak bisa berhubungan seksual dengan normal. Penyebabnya bisa karena merokok, alkohol, kolesterol yang tinggi, konsumsi obat tertentu, hipertensi, dan juga diabetes mellitus.

1. Klamidia

Penyakit ini akan membuat peradangan pada epididimis dan juga testis. Ketika terjadi peradangan, maka sperma menjadi terhalang untuk lewat. Biasanya penanganan yang akan dilakukan jika pria mengalami infeksi ini adalah dengan antibiotik.

1. Tumor Penis

Jenis penyakit kelamin pada pria ini akan lebih umum terjadi pada mereka yang tidak melakukan sunat. Gejalanya biasanya penis menjadi merah dan terasa sakit.

1. Gonore

Gonore biasanya dikenal dengan kencing nanah. Dan ini adalah penyakit menular seksual yang bukan hanya terjadi pada pria saja, namun juga pada wanita. Penyebab penyakit ini adalah bakteri Neisseria gonorrhoeae. Biasanya ditandai dengan uretra menjadi berwarna kekuningan dan munculnya rasa terbakar ketika buang air kecil.

1. Phimosis

Phimosis adalah gangguan dimana kulup penis tidak dapat ditarik dari kepala penis, karena kulup menempel pada bagian ujung penis. Permasalahan ini biasanya terjadi karena pria tidak melakukan sunat untuk membuang kulup tersebut. Gejala yang biasanya terjadi adalah sakit saat buang air kecil, sulit berhubungan intim dan juga kulit penis menutupi glans yang dapat menyebabkan infeksi.

1. Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Penyakit ini sangat mudah menular lewat hubungan seksual. Untuk itu lakukan hubungan seksual yang aman dengan menggunakan kondom.

1. Herpes

Herpes muncul karena disebabkan oleh virus. Gejala awal herpes adalah lecet yang akhirnya menjadi lubang kecil yang berair dan dalam 5-10 hari menghilang. Namun virus herpes tidak akan hilang dari tubuh penderitanya, dan bisa untuk muncul lagi sewaktu-waktu.

1. Sifilis

Sifilis disebabkan oleh bakteri, dan akan menunjukkan gejala setelah berminggu-minggu kontak dengan bakteri tersebut. Luka yang terjadi karena sifilis bisa menyebar ke seluruh tubuh. Biasanya sifilis akan ditangani dengan antibiotik untuk meringankan, namun bakteri tetap akan ada di tubuh dan bisa kambuh sewaktu-waktu.

1. Prostatitis

Prostatitis dapat menyebabkan pembengkakan dan radang di kelenjar prostat. Banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini. Gejala yang mungkin akan dialami penderita adalah sakit dan kesulitan buang air kecil, sering buang air kecil ketika malam hari, sakit di skrotum dan anus, sakit di penis atau testis, ejakulasi terlalu sering dan juga muncul flu.

1. Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual yang terjadi dapat menimbulkan lesi pada penis penderita. Biasanya gejala yang akan ditimbulkan oleh penyakit menular seksual adalah terdapat infeksi klamidia, yang bisa menyebabkan uretritis atau radang uretra, selain itu bisa juga menyebabkan adanya rasa terbakar ketika buang air kecil dan juga gatal pada penis atau nyeri di testis.

Beberapa jenis penyakit kelamin di atas harus Anda ketahui untuk melakukan penanganan yang tepat jika Anda ternyata terserang penyakit kelamin tersebut. Selalu konsultasikan masalah organ intim Anda pada dokter yang tepat. Klinik Utama Gracia juga akan membantu permasalahan penyakit kelamin Anda dengan penanganan yang sesuai.