Penyakit kelamin merupakan penyakit yang terjadi di bagian alat kelamin dan biasanya dapat menular lewat hubungan seksual. Mikroorganisme yang ada pada lendir, cairan ataupun selaput kulit dapat membuat penyakit kelamin ini menyebar. Bisa dikatakan penyakit kelamin ini adalah penyakit menular seksual. Terdapat banyak jenis penyakit kelamin yang bisa dialami oleh wanita maupun pria. Berikut ini adalah jenis penyakit kelamin.

1. Cervicitis

Jenis penyakit kelamin yang satu ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan di bagian mulut rahim atau serviks. Awalnya penyakit ini tidak disertai dengan gejala sehingga penyakit ini menjadi terabaikan. Namun terkadang ada gejala yang sangat ringan yang muncul seperti pendarahan pada saat periode menstruasi.

1. Klamidia

Klamidia merupakan jenis penyakit kelamin yang bisa terjadi pada pria ataupun wanita, namun paling banyak dialami oleh wanita muda ataupun remaja. Walaupun tidak selalu menimbulkan gejala, ada beberapa gejala yang mungkin muncul, seperti sakit ketika buang air kecil, sakit di perut bagian bawah, sering mengalami keputihan yang buruk untuk wanita, terdapat cairan yang keluar dari penis bagi pria, sakit ketika melakukan hubungan seksual, sering mengalami pendarahan di luar periode menstruasi dan juga sakit di bagian testis pada pria. Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri yang menyebar ketika berhubungan seksual.

1. Epididimitis

Penyakit ini menyebabkan peradangan di bagian epididimitis, bagian yang berada tepat di belakang testis. Jenis penyakit kelamin ini bisa disebabkan oleh gonore dan klamidia. Gejala yang mungkin timbul yaitu seperti bengkak di skrotum, nyeri pada testis, sakit ketika buang air kecil, keluar cairan dari penis, adanya benjolan pada testis, kelenjar getah bening di selangkangan mengalami bengkak, terdapat darah di air mani dan juga sering demam.

1. Gonore

Gonore bisa terjadi pada pria maupun wanita, dan sering menimbulkan masalah di bagian saluran kencing, rektum sampai tenggorokan. Jika menyerang wanita, bisa menimbulkan infeksi di bagian leher rahim. Penyakit ini terjadi karena disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseris gonorrhoeae, yang bisa ditularkan lewat melakukan hubungan seksual, baik lewat vagina, oral ataupun anal.

1. Vaginitis

Penyakit ini terjadi karena peradangan organ seksual pada vagina. Gejala yang timbul seperti keputihan yang berlebihan, rasa nyeri dan juga gatal. Vaginitis bisa disebbakan karena tingkat estrogen menurun pada wanita yang sudah menopause. Ketidakseimbangan pH juga bisa menyebabkan penyakit ini.

1. Urethritis

Urethritis adalah infeksi yang menimbulkan peradangan di lapisan uretra atau saluran kencing, dan pada pria saluran ini juga tempat keluarnya air mani. Ketika terjadi infeksi ini, prostat, kandung kemih dan juga bagian reproduksi akan terpengaruh. Penyakit ini bisa terjadi pada pria maupun wanita.

1. Trikomoniasis

Jenis penyakit kelamin ini disebabkan oleh parasit jenis Trichomonas vaginalis. Umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala sampai benar-benar menjadi buruk. Penyakit ini bisa dialami oleh pria maupun wanita.

1. Prostatitis

Penyakit ini menyebabkan pembengkakan dan peradang di kelenjar prostat. Akibatnya pria menjadi sulit buang air kecil, timbul rasa sakit saat buang air kecil, dan juga flu. Peradangan ini bisa terjadi pada pria yang berusia muda ataupun tua.

1. Penyakit Radang Panggul

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi di organ reproduksi wanita ini bisa menimbulkan gejala yang membuat wanita sulit hamil. Penyakit ini bisa menular melalui vagina dan berjalan menuju rahim, tuba fallopi dan juga indung telur.

1. Kutil Kelamin

Penyakit ini akan terjadi pada penderita HIV/AIDS yang sudah terkena infeksi human papillomavirus. Namun bisa juga ditemukan pada wanita karena organ kelamin yang lembab. Bentuk dari kutil ini akan muncul di bagian luar, berukuran kecil, benjolan berwarna merah dan juga berkembang.

1. Herpes Genital

Penyakit ini akan menginfeksi organ vital dan menimbulkan gejala seperti peningkatan sensitivitas, kesemutan, rasa terbakar dan juga nyeri. Setelah itu, akan muncul kemerahan dan juga vesikel dengan isi cairan putih kekuningan.

1. Sifilis

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Sifilis akan membuat timbulnya lesi lokal di penis dan bisa mempengaruhi organ vital seperti jantung, pembuluh darah, otak dan juga sumsum tulang belakang.

Itulah beberapa jenis penyakit kelamin yang harus Anda ketahui. Jika Anda memiliki gejala-gejala seperti yang sudah dijelaskan, segera kunjungi dokter yang tepat agar mendapat penanganan secepatnya.