Herpes genital berbahaya menjadi salah satu penyakit yang disebabkan oleh human herpes virus atau HPV, virus tersebut dapat menyebabkan terjadinya infeksi kepada kulit. Herpes merupakan salah satu penyakit menular dan beberapa cara penularan penyakit diantaranya melalui kontak secara langsung dengan penderita yakni melalui hubungan seksual.

Penyakit herpes kulit dan genital merupakan jenis yang paling umum terjadi dan ditemui kalangan Indonesia. Infeksi virus tersebut akan menyebabkan adanya luka di leger, bibir, atau bagian tubuh lain yang akan memberikan sensasi gatal disertai rasa perih.

Jadi memang pada dasarnya terdapa dua macam jenis penyakit herpes diantaranya simplex dan zoster. Keduanya sama-sama disebabkan oleh sebuah virus, namun gejala yang ditujukan oleh kedua jenis tersebut sepenuhnya tak akan berlangsung sama.

Gejala herpes genital berbahaya memang harus Anda waspadai, agar tidak menjadi semakin parah. Ciri yang akan timbul akibat serangan virus herpes secara umum yakni demam, sesak nafas, nyeri pada persendian, menggigil dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Waspada! Penyakit Herpes Genitalis Pada Pria Dan Wanita



Bagaimana Gejala Dan Tanda Herpes Genital Berbaya?

Penyakit satu ini sebenarnya cukup mudah dikenali, beberapa setelah terjadi infeksi virus herpes, penderita akan mengalami lecet atau benjolan yang berisi nanah di area kelamin. Hal tersebut akan berlangsung kurang lebih 6 hari dan terdapat infeksi berulang selama 10 hari. Biasanya penderita akan disertai dengan gejala lain seperti deman, linu, lelah, dan sakit pada kepala.

Sayangnya penyakit tersebut dapat meluas pada bagian tubuh lain seperti mata, ketiak, dan mulut. Bagian kulit yang tertular virus tersebut akan terasa gatal dan terbakar serta terdapat sensasi nyeri pada bagian punggung bawah, tungkai dan pantat.



Pertolongan Pertama Untuk Penderita Herpes

Hal penting yang harus dilakukan penderita ketika sudah terdeteksi gejala herpes genital berbaya yakni menjaga gelembung berisi cairan agar tidak mudah pecah serta meninggalkan bekas atau menjadi jalan masuk bagi kuman. Penderita yang tidak tahan dengan kondisi dingin, kami anjurkan untuk tidak mandi terlebih dahulu, karena akan mengalami shock.

Hal penting selanjutnya yakni dilakukan pencegahan apabila mencurigai seseorang terserang infeksi herpes kulit, segera bawa ke dokter untum menjalankan identifikasi awal. Ini menjadi langkah penting, sebab berkaitan dengan kesehatan penderitan dan orang-orang disekitarnya. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan sesuai dengan gejala yang Anda alami.

Infeksi yang disebabkan oleh virus herpes sebenarnya bisa Anda rasakan dan dilihat dengan kasat mata dengan mempertahankan luka yang timbul akibat penyakit tersebut. Namun apabila dokter menyarankan untuk melakukan prosedur obeservasi secara lanjutan. Anda akan diarahkan untuk menjalani tes antibody dengan mengambil tes darah atau melakukan kultur virus herpes dengan cara mengambil cairan genital yang berasal dari luka seseorang yang mengalami infeksi tersebut.

Pengobatan Kalangan Yang Terserang Herpes

Obat herpes genital berbahaya menjadi salah satu cara yang bertujuan untuk mengurangi keluhan seperti demam, nyeri. Selain memberi obat yang dapat mengurangi rasa nyeri dan demam. Pederita pun akan memperoleh obat antiviral yang bisa membantu tubuh melawan gejala infeksi yang disebabkan virus tersebut.

Dokter akan memberikan obat tablet sebagai antiviral untuk mengurangi demam, nyeri, komplikasi serta melindungi seseorang dari ketidakmampuan daya tahan tubuh melawan virus yang sedang menyerang. Sebaiknya tidak memberikan pemberian obat ketika timbul rasa panas atau nyeri pada kulit, tak perlu menunggu hadirnya gelembung atau cairan.

Herpes merupakan kondisi yang sangat mengganggu, namun bisa ditangani sehingga Anda tidak perlu gelisahkan masalah tersebut. Kondisi tubuh yang sudah terserang infeksi virus herpes bisa kembali seperti semula apabila daya tahan tubuh Anda kuat.

Jadi herpes merupakan penyakit yang berkaitan dengan daya tahan tubuh manusia, pada kondisi tersebut, dimana daya tubuh seseorang menjadi sangat lemah, penderita herpes sebaiknya memperoleh pengobatan terapi infus, agar semua proses dapat berjalan lebih cepat.

Kami merupakan Klinik Utama Gracia akan berikan fasilitas yang berkualitas kepada semua pasien. Segera lakukan reservasi bersama kami dinomer bawah ini 08133636155. Demikian ulasan singkat kami mengenai herpes genital berbahaya, sekian terima kasih.

Baca juga: Hindari Komplikasi Herpes Kelamin Berikut Ini!


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.