Kenali tanda penyakit kelamin sebagai langkah mendiagnosis penyakit kelamin sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter secara langsung. Penyakit kelamin ada banyak jenisnya, untuk mendiagnosis penyakit kelamin tidak cukup dengan satu tanda saja. Apalagi tanda penyakit kelamin satu dengan yang lainnya berbeda-beda yang muncul. Jadi, untuk mendeteksi adanya penyakit kelamin, tentunya mengetahui tanda atau gejala apa saja yang muncul merupakan hal yang penting. Pasalnya dari tanda kita dapat lebih waspada.

Jenis-Jenis Penyakit Kelamin dan Gejala Umumnya


Sebelum mengetahui tanda penyakit kelamin, maka mengetahui jenis-jenis kelamin merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Berikut beberapa jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual.

•Gonore

Salah satu penyakit kelamin adalah gonore yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Penyakit ini juga dikenal dengan kencing nanah, pasalnya salah satu gejala dari penyakit ini adalah keluarnya cairan keputihan yang seperti nanah dari alat kelamin penderitanya.

•Sipilis

Penyakit berikutnya adalah Sipilis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Treponema pallidum. Gejala maupun tanda penyakit kelamin yang satu ini biasanya adalah munculnya luka seperti jerawat sekitar alat seksual, baik itu seksual anal, oral, maupun vaginal. Bakteri penyebabnya dapat menular melalui hubungan intim. Saat seseorang menderita sipilis, maka pasangan seksualnya juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan. Bagaimanapun penyakit ini ditularkan melalui aktivitas seksual, jadi kemungkinan seseorang terkena penyakit ini adalah dari pasangannya.

•Kutil kelamin

Jenis penyakit yang ketiga adalah kutil kelamin yang dapat menyerang pria maupun wanita. Gejala umum yang sering ditemukan pada penyakit kutil kelamin adalah munculnya kutil yang ukurannya kecil di sekitar organ intim. Kutil kelamin tidak selalu bisa kita lihat dengan kasat mata, pasalnya kutil ini bisa tumbuh di vagina, penis, maupun anus.

Baca Juga : Apakah Penyakit Kelamin Itu Berbahaya Atau Tidak?



•Herpes genitalis

Herpes adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit yang juga ditularkan melalui hubungan seksual ini biasanya mulai muncul gejalanya setelah 3-10 hari dari waktu terjadinya infeksi atau penularan dari pasangan seksual. Gejala atau tanda penyakit kelamin yang sering muncul diantaranya ruam kemerahan yang menimbulkan rasa nyeri, perih, dan seperti terbakar pada daerah sekitar kelamin. Gejala pada wanita kurang bisa disadari karena terkadang lukanya berada di bagian dalam vagina.

•Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit yang juga disebut dengan Trichomoniasis ini biasanya terjadi karena infeksi parasit. Gejalanya paling sering terlihat pada wanita meskipun penyakit ini juga bisa dialami oleh pria. Gejala yang paling sering terjadi adalah keputihan abnormal dimana warnanya kuning atau kehijauan serta bau tidak sedap. Selain itu, aktivitas berhubungan seksual juga terganggu karena rasa nyeri yang timbul. Nyeri juga terasa setiap buang air kecil. Seorang wanita yang didiagnosis dengan trichomoniasis juga lebih rentan terkena HIV.

Itulah beberapa penyakit kelamin serta tanda umumnya yang sering kali dirasakan oleh penderitanya. Jika telah mengalami gejala maupun menemukan tanda penyakit kelamin, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia. Semakin cepat diberikan perawatan, maka semakin kecil risiko bahaya penyakit kelamin yang harus dialami.

Perawatan Untuk Penyakit Kelamin


Perawatan untuk penyakit kelamin biasanya dibedakan berdasarkan jenis penyakitnya. Begitu pula dengan penyebabnya. Ada yang bisa diobati hanya dengan obat, namun ada juga yang memerlukan prosedur bedah. Perawatan penyakit kelamin sebaiknya menggunakan saran dari dokter. Penanganannya juga harus segera dilakukan begitu gejala atau tanda penyakit kelamin muncul. Hal ini untuk mengurangi risiko memicu penyakit lainnya yang lebih berbahaya seperti HIV.
 
Pemeriksaan dan perawatan dapat anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Untuk konsultasi online dengan dokter kami, dapat langsung menghubungi di nomor 085714263063. Atau klik link di bawah ini untuk menyampaikan keluhan yang anda alami terkait penyakit kelamin dan masalah organ intim lainnya.

Baca Juga : 12 Jenis Penyakit Kelamin


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.