Faktor penyebab penyakit sipilis adalah bakteri, namun aktivitas seksual juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan risiko terkena sipilis. Sipilis merupakan infeksi menular seksual yang cukup berbahaya. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini dapat menyebabkan penyakit lainnya. Bakteri penyebab sipilis adalah Treponema pallidum. Tak hanya ditularkan melalui hubungan seksual, bahkan sipilis melalui cairan tubuh penderitanya dapat menular kepada pasangan maupun orang lain.

Sipilis dapat diderita siapa saja, baik itu wanita maupun pria. Bahkan ibu hamil juga dapat menderita penyakit ini. Orang yang menderita diabetes juga memiliki risiko terkena penyakit sipilis ini. Biasanya penderita akan menderita gejala seperti ruam, luka yang bentuknya seperti kutil, serta kelenjar bening membengkak akibat bakteri yang merupakan faktor penyebab penyakit sipilis utama.

Bahaya Sipilis, Komplikasi Hingga Kematian

Saat seorang penderita menderita gejala penyakit sipilis, seharusnya segera pergi ke klinik kelamin. Hal ini untuk mencegah adanya bahaya lain dari penyakit sipilis ini. Selain ketidaknyamanan akibat gejala yang dialami, mengabaikan penyakit sipilis terlalu lama juga dapat membuat faktor penyebab penyakit sipilis meningkat. Bahkan HIV yang merupakan penyakit menular seksual yang berbahaya dapat dipicu oleh sipilis.

Pengobatan untuk mengatasi gejala sipilis ini juga sebaiknya tidak sembarangan. Menggunakan obat tanpa mengikuti saran dokter sebaiknya dihindari. Salah memilih obat bisa memicu adanya komplikasi. Berikut adalah beberapa bahaya sipilis yang akan terjadi jika Anda mengalami gejala, namun mengabaikannya.

•Kerusakan di bagian tubuh lain

Tak hanya bagian kelamin saja yang terkena dampak dari bahaya penyakit sipilis. Faktor penyebab penyakit sipilis adalah bakteri, dimana bakterinya dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Apalagi sipilis ini termasuk penyakit yang tidak mudah dideteksi.

Baca Juga : Waspadai Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Wanita

•Komplikasi sistem organ

Bahaya lainnya yang dapat diderita oleh penderita sipilis adalah terjadinya komplikasi sistem organ. Hal ini biasanya sering terjadi pada wanita karena gejala yang muncul terjadi di dalam vagina maupun rahim. Inilah yang membuat sipilis baru diketahui setelah parah.

•Meningkatkan risiko HIV

Karena penyakit sipilis memicu komplikasi, maka kemungkinan HIV diderita oleh penderita sipilis juga semakin besar.

•Kematian

Penyakit sipilis yang tidak segera mendapatkan perawatan akan mulai meningkatkan komplikasi dan yang lebih parah adalah kematian.

Tahap-Tahap Gejala Infeksi Sipilis

Faktor penyebab penyakit sipilis adalah bakteri. Bakteri ini dalam menginfeksi terbagi dari beberapa tahapan. Tahapan ini biasanya dapat dilihat dari gejala yang muncul. Berikut beberapa tahapan gejala yang biasanya dialami oleh penderita sipilis.

•Biasanya di tahap pertama setelah infeksi, muncul luka namun tanpa rasa nyeri.

Gejala ini akan muncul sekitar 3 sampai 6 minggu setelah bakteri menginfeksi. Bentuk lukanya biasanya seperti jerawat, hanya saja ukurannya sedikit lebih besar.

•Kelenjar bening mengelami pembengkakan dan demam

Gejala lainnya yang mungkin muncul adalah demam yang terjadi beberapa hari atau terkadang hanya sebentar. Jika saat demam kelenjar bening Anda juga mengalami pembengkakan, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

•Ruam kulit

Selain itu, muncul pula ruam pada kulit yang berarti bakteri telah mulai menyebar melalui aliran darah dan menginfeksi bagian tubuh lainnya. Ruam ini tidak menyebabkan gatal, sehingga penderita terkadang kurang menaruh perhatian kepada gejala yang satu ini.

•Luka pada bagian tubuh seksual

Bagian tubuh yang biasa digunakan untuk melakukan seks oral, anal, maupun vaginal seperti miss v, mulut, maupun anus biasanya luka tersebut muncul.

•Rambut rontok

•Berat badan berkurang

•Respon sensorik berkurang

•Infeksi pada bagian saraf optik

Pada tahap yang satu ini biasanya penderita mulai kabur penglihatannya.

Tahapan pada infeksi sipilis biasanya dibagi menjadi 4 tahap, dimana setiap tahapnya ditandai dengan gejala yang berbeda-beda. Penanganan sipilis sebaiknya dilakukan sejak tahapan yang pertama. Hanya saja gejalanya yang sulit untuk dideteksi membuat kita harus ekstra waspada dengan penyakit yang satu ini.

Bagaimana Perawatan Tepat Yang Harus Diambil?

Memahami faktor penyebab penyakit sipilis dapat membantu kita agar lebih waspada tehadap infeksi yang satu ini. Paling tidak kita dapat menghindari munculnya tahap yang lebih parah dimana kita akan kesulitan untuk menanganinya. Faktor penyebab penyakit sipilis selain bakteri adalah pola hidup yang kurang sehat. Depresi maupun diabetes juga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit sipilis.

Mengetahui penyabnya dapat membuat kita memutuskan perawatan apa yang harus kita ambil. Misalnya saja penderita menderita diabetes yang dapat menghambat proses pengobatan. Maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter kami di Klinik Utama Gracia. Sampaikan keluhan yang Anda alami seputar sipilis maupun penyakit kelamin lainnya melalui konsultasi online dengan dokter kami di nomor 081336361555 .

Baca Juga : Waspada Gejala Sipilis Pada Pria Dan Wanita!

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.