Kencing nanah atau gonore pada wanita merupakan sebuah penyakit menular seksual. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Melalui cairan tubuh, seorang wanita dapat tertular penyakit gonore dari pasangannya. Gonore paling mudah menyebar pada orang yang memiliki pasangan seksual lebih dari satu.

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae ini dapat diderita oleh pria maupun wanita. Gonore pada wanita lebih sering ditemukan. Jika tidak segera dilakukan perawatan, gonore dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti radang panggul. Bagian yang diserang oleh bakteri penyebab gonore pada wanita adalah endoservik.

Benarkah Gejala Gonore Muncul Dengan Cepat?

Seseorang yang terinfeksi oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, akan segera mengalami gejala yang ditimbulkan. Namun, hal ini tidak terjadi kepada semua orang. Ada juga yang mengalami gejala 30 hari berselang setelah bakteri menginfeksi. Untuk gejalanya, gonore pada wanita maupun pria hampir sama. Contohnya saja beberapa gejala di bawah ini:

•Keputihan

Hal ini biasanya dialami oleh pria maupun wanita. Keputihan berwarna kuning kehijauan yang keluar dari alat kelamin ini bentuknya seperti nanah. Makanya, nama lain dari gonore ini adalah kencing nanah. Meskipun keputihan pada wanita sudah biasa terjadi, namun jika yang terjadi adalah keputihan abnormal seperti di atas, maka hal ini harusnya anda waspadai karena merupakan salah satu gejala gonore.

•Rasa nyeri ketika buang air kecil

•Rasa nyeri pada panggul bagian bawah dan perut

•Cairan yang keluar dari vagina pada penderita penyakit gonore akan menyebabkan mata kita gatal dan merah

•Jika melakukan oral seks, maka anda akan merasakan terbakar pada bagian tenggorokan

•Muncul flek darah sehabis melakukan hubungan seksual

•Terkadang keluar darah dari vagina di luar masa menstruasi

•Kelenjar getah bening mengalami pembengkakan

Apakah Anda Berisiko Terkena Gonore?

Agar anda dapat mengantisipasi bahaya penyakit gonore pada wanita, mari lihat apakah anda memiliki risiko terkena gonore atau tidak. Meskipun bakteri penyebab gonore ini ditularkan melalui hubungan seksual, namun tidak semua orang yang berhubungan seksual dapat terkena infeksinya. Gejala-gejala di atas memiliki kemungkinan lebih besar untuk muncul pada wanita yang memiliki faktor penyebab gonore. Berikut beberapa faktor pendukung yang membuat risiko terkena gonore lebih besar.

•Sering berganti pasangan seksual

•Saat berhubungan seksual tidak menggunakan kondom

•Sebelumnya pernah menderita penyakit gonore

•Aktif dalam berhubungan seksual

•Penderita penyakit menular seksual lain

Penderita penyakit menular seksual selain gonore juga biasanya berisiko mengalami komplikasi jika terinfeksi bakteri penyebab gonore. Orang yang pernah didiagnosis gonore sebelumnya, akan lebih mudah tertular lagi. Itulah pentingnya perawatan yang tepat. Dengan perawatan yang tepat, maka gonore dapat disembuhkan. Dengan mengurangi risiko gonore, bahaya gonore pada wanita juga dapat dihindari.

Bagaimana Menghindari Bahaya Gonore Pada Wanita

Penyakit Gonore ini jika dialami oleh wanita sangat berbahaya, terutama untuk wanita yang sedang hamil. Dari gejalanya saja, kita dapat melihat bahwa kenyamanan berhubungan seksual maupun melakukan aktivitas lainnya jadi terganggu. Dan jika dibiarkan, gonore dapat menyebabkan komplikasi dimana penderita dapat mengalami radang panggul.

Pada wanita hamil, gonore bahkan dapat menular pada bayi yang dikandungnya. Untuk itu disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan perawatan gonore sebelum melahirkan. Pasalnya gonore dapat memberikan memberikan bahaya untuk kehamilan, maupun pada bayi setelah dilahirkan. Bahaya gonore pada wanita hamil diantaranya adalah menyebabkan air ketuban pecah sebelum waktunya, keguguran, dan kelahiran prematur.

Solusi Perawatan Untuk Gonore

Jika didiagnosis penyakit gonore atau mengalami gejalanya, lebih baik anda segera menghubungi dokter kami di Klinik Gracia Utama. Dokter kami siap membantu anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk berbagai masalah penyakit kelamin, salah satunya yaitu gonore. Selain melayani konsultasi via telepon di nomor 085714263063, anda juga bisa konsultasi via chat dengan cara klik link di bawah ini.