HPV adalah penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menginfeksi area kulit dan organ intim manusia tidak hanya wanita, pria pun berpotensi terkena virus ini. HPV adalah virus yang dapat ditularkan dengan mudah melalui hubungan seksual dengan orang yang sudah terinfeksi virus tersebut.

HPV adalah PMS yang paling umum terjadi dan kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka terkena virus ini. Ada lebih dari 100 jenis tipe HPV yang sampai saat ini sudah diidentifikasi, sebagian tipe HPV menyerang kulit dan organ reproduksi sehingga menimbulkan kutil di area kemaluan. HPV atau human papillomavirus mungkin lebih dikenal kebanyakan orang sebagai penyebab kanker serviks pada wanita.

Gejala HPV Adalah Sebagai Berikut

Seseorang yang terinfeksi virus ini pria atau wanita, mungkin tidak menimbulkan gejala secara langsung, karena seringkali virus ini tidak menimbulkan gejala apapun sampai bertahun-tahun setelah terinfeksi virus tersebut. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemeriksaan bagi Anda yang aktif secara seksual, supaya virus ini dapat dideteksi sejak dini.
Berikut ini adalah gejala yang muncul apabila seseorang terinfeksi virus HPV (human papillomavirus) :

- Munculnya benjolan daging / kutil yang berbentuk seperti kembang kol yang berukuran kecil sampai ukuran besar.
- Bagi seorang wanita yang terinfeksi akan menimbulkan keputihan tidak normal.
- Timbulnya rasa gatal dan menimbulkan sensasi terbakar pada area Miss V.
- Kutil juga akan muncul di area Mr. P, kantung kemaluan, paha pada pria.
- Sedangkan pada wanita kutil akan muncul di dalam atau di luar Miss V atau anus.
- Kutil juga bisa muncul di area mulut, lidah tenggorokan, yang disebabkan oleh oral seks.

Namun ada beberapa jenis HPV beresiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker, walaupun jarang sekali ditemukan untuk kasus ini, seperti kanker anus, penis, vagina, vulva, mulut dan tenggorokan.

Apabila Anda sudah terinfeksi dan menimbulkan gejala seperti diatas, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit kelamin agar segera mendapatkan pengobatan, atau Anda bisa konsultasi dengan dokter kami dengan cara klik gambar dibawah ini.

Penularan HPV

HPV adalah (Human Papillomavirus) ditularkan melalui kontak langsung kulit dengan kulit yang berhubungan dengan alat kelamin, yang terjadi ketika melakukan hubungan seksual melalui vaginal, anal maupun oral. Bahkan HPV adalah virus yang bisa menyebar walaupun hanya memegang alat kelamin yang sudah terinfeksi menggunakan tangan.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena HPV tidak akan tertular apabila berjabat tangan, berbagi toilet duduk dan berenang dengan seseorang yang terinfeksi virus tersebut.

Pengobatan dan Pencegahan HPV

Apabila Anda terinfeksi HPV dan muncul kutil di area kemaluan, maka dokter biasanya akan langsung melakukan tindakan pengobatan dengan cara memberikan salep atau krim oles, serta pembekuan kutil atau melakukan pembedahan pada kutil. Walaupun ada beberapa kasus virus ini dapat sembuh dengan sendirinya tetapi dapat muncul kembali sewaktu-waktu, namun pengobatan harus tetap diperlukan terkait virus ini dapat menyebabkan kanker serviks, penis serta anus.

Dan perlu Anda ketahui bahwa virus ini tidak dapat disembuhkan, pengobatan dilakukan hanya untuk mengurangi gejala yang terjadi dan juga menghilangkan ketidaknyamanan karena kutil kelamin. Untuk pencegahan virus HPV adalah dengan melakukan vaksinasi. Biasanya untuk perempuan usia 11-26 tahun yang belum aktif berhubungan seksual bisa melakukan vaksin, sedangkan untuk laki-laki dianjurkan pemberian vaksin di usia 11-21 tahun.

Selain itu melakukan hubungan seksual dengan aman adalah cara lain untuk mencegah penyebaran virus ini. Gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda dan tetap setia dengan satu pasangan adalah cara terbaik untuk mencegah virus HPV.

Apabila Anda sudah tertular dan menimbulkan gejala yang mengganggu aktivitas, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis agar mendapatkan pengobatan dan infeksi virus tidak mengembang. Atau Anda bisa datang ke KLINIK UTAMA GRACIA untuk melakukan pengobatan, dengan didukung oleh dokter handal dan peralatan medis yang modern serta harga yang terjangkau.

Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kami dengan cara klik gambar dibawah ini, untuk menanyakan seputar penyakit kelamin yang Anda alami. Semoga artikel ini bermanfaat.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.