Pertanyaan diatas mungkin menjadi pertanyaan yang umum yang akan diajukan oleh Anda yang menderita Herpes, dan adakah cara menyembuhkan herpes kelamin?, namun sebelum kita membahas mengenai cara menyembuhkan herpes kelamin, kita akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu Herpes?, Herpes adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh Virus Herpes Simplek (HSV).

Ada dua jenis virus penyebab penyakit herpes simplex, yaitu herpes tipe 1 dan herpes tipe 2, herpes tipe 1 atau disebut herpes oral, menyebabkan bentol berair pada sekitar mulut dan bibir, walaupun HSV satu dapat menyebabkan penyebaran herpes genita, herpes genital biasanya disebabkan oleh virus herpes lain seperti HSV 2.

Gejala Herpes Kelamin

Waspadai gejala herpes kelamin dan cara menyembuhkan herpes kelamin, terkadang virus HSV tidak menimbulkan gejala. Bagi yang baru terserang pertama kali mungkin tidak akan menyadari adanya gejala tetentu, akibatnya, orang tidak akan tahu apakah dia terinfeksi penyakit herpes, gejala-gejala yang timbul biasanya berupa:

 Luka yang terbuka dan terlihat merah tanpa disertai warna merah, rasa gatal dan geli.

 Adanya cairan yang keluar dari vagina, diluar masa keputihan dan menstruasi.

 Sensasi rasa sakit, gatal atau geli, didaerah sekitar genital sampi keanal.

 Luka terbuka atau melepuh pada daerah rahim.

 Luka melepuh yang kemudian terbuka, disekitar genital, rektum, paha dan bokong.

 Mengalami gejala-gejala seperti flu, demam, kehilangan nafsu makan, dan kelelahan.

 Merasakan sakit saat buang air kecil.

 Rasa sakit pada punggung bawah.

Virus HSV terkadang dapat hidup dan mati dalam sementara waktu. Namun virus ini dapat kembali aktif dan memicu timbulnya penyakit herpes kelamin. Dengan kata lain, setelah gejala dari infeksi pertama hilang, bukan berarti virus menghilang dari tubuh kita, virus tersebut mungkin masih mengendap dalam tubuh kita.

Biasanya saat tubuh kita terinfeksi, maka tubuh akan mengelurkan anti bodi alami sebagai perlawanan untuk menghancurkan virus, hal ini membuat tubuh kita dapat mengenali dan melawan virus HSV efektif, hal ini merupakan cara menyembukan herpes kelamin secara alami. Maka dari itu, gejala atau infeksi yang terjadi tidak akan separah infeksi yang pertama dan biasnya frekuensi akan berkurang dan akan cepat hilang.

Cara Menyembuhkan Herpes Kelamin

Ada beberapa pilihan pengobatan atau cara menyembuhkan herpes kelamin, pengobatan dengan obat antivirus dapat digunakan untuk pengobatan pada orang yang terganggu herpes kelamin, obat ini juga dapat mengurangi keparahan, dan lamanya gejala saat mereka kambuh. Ada tiga obat yang biasanya digunakan dalam pengobatan herpes genital sebagai cara menyembuhkan herpes kelamin, biasanya obat yang berikan dalam bentuk pil.

Perawatan Atau Cara Menyembuhkan Herpes Kelamin

Pengobatan Awal – jika Anda memiliki gejala seperti luka saat pertama kali didiagnosis dengan penyakit herpes kelamin, dokter biasanya akan memberi terapi antivirus singkat (tujuh sampai sepuluh hari) untuk penyembuhan atau pencegahan herpes kelamin lebih parah, dan dokter biasanya akan mendabah durasi pengobatan jika Anda belum sembuh.

Pengobatan Intermiten – dokter Anda biasanya akan meresepkan obat antivirus, agar Anda dapat bertahan dengan penyakit ini, pengobatan ini biasanya disebut terapi intermiten, Anda dapat minum pil dua sampai lima hari segera setelah Anda melihat adanya luka atau Anda merasakan gejala. Biasanya sakit akan sembuh dan hilang sendiri, tetapi biasanya minum obat dapat membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Pengobatan Supresif – jika Anda sering mengalami gejala, mungkin Anda akan mempertimbangkan untuk penggunaan antivirus setiap hari, dokter menyebut ini dengan terapi supresif, bagi seseorang yang memiliki enam wabah dalan setahun, terapi penekanan dengan antivirus dapat menekan 70 % sampai 80%. Banyak orang yang tidak memiliki gejala herpes kelamin tetapi masih minum obat setiap hari.



Tidak ada jumlah wabah pertahun yang ditetapkan dokter untuk memutuskan kapan seseorang harus memulai terapi pengobatan, yang lebih terpenting adalah seberapakah menggangu wabah yang Anda alami. Memilih terapi pengobatan setiap hari juga dapat mengurangi resiko penularan terhadap pasangan Anda. Obat antivurus biasanya akan menghilangkan pertumbuhan virus saat virus sedang memperbanyak diri. Menggunakan obat merupakan cara yang biasa dilakukan sebagai cara menyembukan herpes kelamin.

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukan orang yang memakai terapi pengobatan antivirus dengan dosis harian dapat membantu mengurangi penularan terhadap pasangan seks agar tidak terinfeksi, walaupun Anda harus tetap menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Efek samping dari pengobatan herpes ini tergolong ringan, dan para ahli meyakini obat ini aman dalam konsumsi jangka panjang.

Jika gejala infeksi tidak telalu para dokter biasnya akan menyarankan untuk perawatan dirumah, atau cara menyembuhkan penyekit herpes kelamin secara mandiri:

1. Bersihkan luka atau tukak agar tidak menjadi menyebar dan terinfeksi lebih parah dan mepercepat proses penyembuhan, cara membersihkan dapat dengan menggunakan air garam.

2. Mengguanakan pakaian longgar untuk mengurangi gesekan pada area yang melepuh.

3. Gunakan krim yang dapat mengurangi rasa sakit pada area yang melepuh atau tukak.

4. Perbanyak minum air mineral agar meringankan rasa sakit saat buang air kecil.

5. Gunakan es batu, untuk meringankan rasa sakit Anda juga dapat mengguanakan es batu, namun jangan menggunakan es batu bersentuhan secara langsung dengan area yang luka, gunakan kain atau media lain agar tidak bersentuhan secara langsung.

Konsultasi secara langsung dengan para ahli dapat memberikan solusi terbaik, jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai cara menyembuhkan herpes kelamin Anda dapat datang langsung di Klinik Utama Gracia, atau Anda dapat berkonsultasi dengan dokter secara online Anda dapat mengklik tombol chat online diatas selama 24 jam.



Panduan Penting 
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
 
Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.