Penyakit kelamin adalah salah satu penyakit yang sangat mudah ditularkan melalui hubungan seksual, baik secara oral, vagina maupun anal dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit menular seksual (PMS)

Apakah penyakit kelamin itu? Penyakit kelamin atau lebih dikenal dengan PMS (Penyakit Menular Seksual) penyakit yang umumnya ditularkan oleh adanya bakteri melalui cairan, lendir, atau selaput kulit. Kontak seksual yang melibatkan cairan tubuh ini bisa menyebabkan penyebaran penyakit yang sangat cepat.

Area kelamin yang lembab membuat banyaknya perkembangan bakteri dan virus, namun sayangnya kebanyakan orang sering memandang sebelah mata mengenai kebersihan organ intim, padahal organ intim adalah area paling sensitif dan pesatnya perkembangan bakteri dan virus yang sangat cepat. Maka dari itu kita perlu menjaga kebersihan organ intim.

Apakah Penyakit Kelamin Itu Berbahaya Atau Tidak?

Apakah penyakit kelamin itu sangat berbahaya? pasti setiap penyakit menimbulkan tanda dan gejala yang berbeda-beda, disini kita akan membahas mengenai beberapa penyakit kulit kelamin, dan apakah penyakit kelamin itu berbahaya atau tidak? Berikut penjelasannya di bawah ini.

- Kutil Kelamin
Kutil kelamin atau genital warts, adalah salah satu penyakit menular seksual yang mudah menyebar, ditandai dengan munculnya benjolan seperti kembang kol di sekitar kelamin atau dubur, penyakit ini tidak menyebabkan nyeri pagi penderita, namun perlu diwaspadai penyakit ini menimbulkan benjolan yang mengganggu kenyamanan.

Kutil kelamin disebabkan oleh adanya Human Papilloma Virus (HPV), sebagian kutil kelamin berbentuk kecil dan datar, sehingga sulit terlihat dengan kasat mata, biasa mereka yang mengalami kondisi ini akan mengalami gatal-gatal pada area genital, selain tumbuh satu persatu, kutil kelamin biasanya tumbuh secara berkelompok.

Baca Juga: Waspada Inilah Gejala dan Tanda Seseorang Mengalami Kutil Kelamin

Pada pria kutil kelamin kerap kali tumbuh pada ujung penis, anus, zakar dan area sekitar genital, sedangkan pada wanita biasanya tumbuh pada leher rahim, dinding vagina, vulva dan area sekitar vagina dan anus. Kutil kelamin juga dapat tumbuh pada mulut dan tenggorokan bagi mereka yang sering melakukan sex oral dengan seorang penderita.

- Cervicitis
Cervicitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada area mulut rahim atau bagian serviks, awal penyakit ini tidak disertai dengan gejala, sehingga banyak wanita yang tidak merasakan atau menyadari hal ini. Terkadang hanya beberapa gejala seperti perdarahan pada menstruasi, penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi akibat hubungan seksual yang berhubungan dengan penyakit gonore, herpes genital, klamidia, dan Trikomoniasis. Gangguan keseimbangan hormon dapat juga menjadi timbulnya penyakit ini selain itu ada juga alergi terhadap kondom, pembersih vagina dan cairan pelumas.

- Chlamydia
Penyakit ini dapat terjadi pada pria ataupun wanita dan penyakit ini banyak menyerang wanita muda dan remaja. Sebenarnya ini adalah penyakit menular yang mudah diobati, namun terkadang tidak menimbulkan gejala, sehingga jika tidak diobati akan muncul komplikasi yang lebih parah.

Penyebaran penyakit ini adalah bakteri yang mudah menyebar, baik oral, anal, atau vagina. Penyakit ini juga dapat menular dari ibu ke bayi, yang dilahirkan lewat persalinan normal, akibatnya pun bisa pneumonia, dan infeksi mata.

Pada penyakit ini akan timbul gejala-gejala seperti rasa sakit saat buang air, rasa sakit pada perut bagian bawah, sering terjadi keputihan yang buruk bagi wanita, dan pada laki-laki akan muncul cairan dari penis, rasa sakit pada saat berbungaan seksual, rasa sakit pada bagian testis pada pria, dan sering terjadi perdarahan diluar menstruasi.

- Urethritis
Urethritis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada bagian lapisan uretra, yaitu saluran kencing yang menghubungkan dari kandung kemih ke penis untuk dikeluarkan, dan pada pria saluran ini juga sebagai tempat keluarnya sperma atau air mani. Infeksi ini bisa berpengaruh pada area prostat, kandung kemih dan bagian lain reproduksi.

Gejala yang sering muncul pada pria: rasa panas saat buang air kecil, keluar nanah atau lendir, rasa gatal dan panas saat lubang kencing terbuka, ada darah dalam air kencing atau mani, sedangkan pada wanita gejala yang timbul seperti: sering sakit perut terutama pada bagian bawah, sakit saat buang air kecil, keputihan yang tidak normal, demam, sering terasa ingin buang air kecil.

- Gonore

Gonore adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang pria ataupun wanita, penyakit ini sering menimbulkan masalah pada saluran kencing, rectum sampai dengan tenggorokan, bahkan jika menyerang pada wanita penyakit ini dapat menginfeksi leher rahim atau serviks, penyakit ini pun ditularkan melalui hubungan seksual.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae, bakteri ini dapat menginfeksi saat hubungan seksual, baik vagina oral ataupun anal.

Gejala yang ditimbulkan berupa rasa sakit sat buang air kecil, mengeluarkan nanah pada bagian ujung penis, nyeri atau bengkak pada bagian testis, sering keputihan pada wanita, perdarahan diluar menstruasi, sakit pada daerah perut bawah, gatal pada dubur, sakit pada saat buang air besar bahkan sampai berdarah.

Nah, itulah tadi membahas sebagai penyakit menular seksual, dan apakah penyakit kelamin itu berbahaya atau tidak? Dan tentunya sudah dipastikan berbahaya bahkan jika tidak segera disembuhkan bisa mengakibatkan komplikasi serius bagi kesehatan tubuh.

Sehingga jika Anda mengalami salah satu jenis penyakit menular seksual maka ada baiknya untuk segera berobat di Klinik Utama Gracia karena dengan pengobatan yang tepat dan cepat dapat mengurangi risiko kerusakan dari penyakit menular seksual.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.