Sipilis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang bisa menyerang pria dan juga wanita. Penyakit ini bisa dikatakan berbahaya, karena bila tidak tertangani dengan benar bahkan dibiarkan maka bisa menyebabkan terjadinya banyak komplikasi yang bahkan bisa membahayakan nyawa penderitanya. Karena itulah, Anda harus mengetahui cara mengobati sipilis pada pria dan juga cara mengobati sipilis pada wanita.

Sipilis dapat terjadi karena adanya infeksi bakteri bernama treponema pallidum. Banyak penderita sipilis mengalami gejala ringan yang membuat dirinya tidak menyadari bahwa sudah tertular penyakit menular seksual satu ini. Adapula penderita yang akan mengalami gejala tertentu. Gejala tersebut akan berbeda berdasarkan tahapan yang dilalui penyakit tersebut.

Tahapan Sipilis

Pada tahap primer, penderita akan mengalami luka yang muncul 10 sampai 90 hari setelah tertular, dan dapat ditemukan pada tempat bakteri pertama kali masuk. Pada tahap sekunder, akan muncul ruam yang biasanya terlihat pada telapak tangan dan juga kaki. Sipilis tahap sekunder juga akan terjadi kutil kelamin, gejala flu, serta pembengkakan kelenjar limfa.

Tahap selanjutnya yaitu sipilis tahap laten, dimana gejala tidak terlihat sama sekali, sehingga sering terabaikan. Akhirnya sipilis masuk pada tahapan yang paling berbahaya yaitu tahap tersier. Pada tahap tersier, sipilis sudah menyebar dan mempengaruhi organ tubuh lain. Bila komplikasi kerusakan organ akhirnya terjadi, maka bisa membahayakan nyawa penderita.

Cara Mengobati Sipilis Pada Pria Dan Wanita

Sebelumnya, diagnosis terkait penyakit ini akan dilakukan oleh dokter. Pemeriksaan fisik akan terlebih dulu dilakukan untuk memeriksa luka, ruam, ataupun kutil yang tumbuh. Kemudian pemeriksaan lain seperti tes darah dan memeriksa cairan dari luka (bila ada) juga akan dilakukan. Bila diagnosis sudah ditetapkan, maka baru lah dilakukan pengobatan.

Pengobatan untuk sipilis adalah berupa antibiotik jenis penisilin yang akan diberikan dengan suntikan. Jumlah suntikan penisilin yang akan diberikan dokter akan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi yang dialami pasien. Pemberian penisilin ini akan dilakukan pada penderita yang masih berada di tahap primer dan juga sekunder. Bila penderita alergi terhadap penisilin, maka akan diberikan antibiotik pengganti yang lain.

Bila sipilis sudah memasuki tahap tersier, maka cara mengobati sipilis pada wanita dan pria ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Pemberian antibiotik juga akan dilakukan melalui infus, sehingga infeksi dapat terhenti. Namun bila kerusakan organ sudah terjadi akibat sipilis tersier ini, maka pengobatan tidak akan bisa membantu memperbaikinya.

Cara mengobati sipilis pada pria dan wanita yang tepat haruslah dilakukan bersama dengan pasangan seksual. Hal ini diperlukan agar infeksi penyakit ini tidak kembali ataupun tertular pada pasangan. Selain itu, hal ini dilakukan dengan tujuan mengantisipasi kemungkinan pasangan juga ikut tertular walaupun tidak terlihat adanya gejala yang muncul.

Pencegahan Sipilis

Mencegah sipilis sudah seharusnya dilakukan setiap orang yang sudah aktif secara seksual. Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari aktivitas seksual yang dapat beresiko menularkan penyakit menular seksual. Selain itu, Anda dapat menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Walaupun tidak sepenuhnya melindungi, namun setidaknya dapat meminimalisir kemungkinan penularan penyakit menular seksual.

Karena penularan sipilis juga bisa terjadi melalui darah, maka Anda harus berhati-hati bila menggunakan jarum suntik ataupun saat mentattoo atau menindik tubuh. Pastikan bahwa jarum yang digunakan sudah steril dan bukan bekas dari pemakaian milik orang lain.

Bila Anda mengalami gejala sipilis, periksakan diri Anda pada Klinik Utama Gracia untuk penanganan yang tepat.