Seringkali penyakit kelamin yang termasuk dalam penyakit menular seksual muncul tanpa disadari oleh penderitanya. Namun umumnya ada beberapa gejala yang menandakan keberadaan penyakit kelamin pria dan juga wanita. Gejala atau tanda ini mungkin bisa mengarah pada penyakit kelamin wanita dan pria tertentu, walaupun akan lebih bila Anda memeriksakan dan memastikan diagnosis dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Apa saja gejala yang akan dialami ketika terjadi penyakit kelamin pria dan wanita? Ini dia penjelasannya.

  1. Buang Air Kecil Terasa Sakit

Walaupun bukan merupakan gejala umum adanya penyakit kelamin wanita dan pria ini, namun mengalami kondisi dimana Anda merasakan sakit ketika buang air kecil bisa membuat Anda untuk lebih waspada. Biasanya penyakit seperti klamidia, gonore, dan trikomoniasis akan membuat penderitanya merasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu urine juga bisa berubah warna bahkan disertai darah.

  1. Keluarnya Cairan Abnormal

Penyakit kelamin pria umumnya akan menyebabkan keluarnya cairan yang abnormal dari ujung penis. Penyakit seperti klamidia, gonore, dan juga trikomoniasis akan membuat pria mengalami hal tersebut.

Sedangkan penyakit kelamin wanita akan menyebabkan terjadinya keputihan yang abnormal. Keputihan abnormal umumnya terjadi karena adanya infeksi, seperti infeksi bakteri, jamur, kuman, ataupun penyakit menular seksual. Keputihan yang terjadi juga akan berbeda berdasarkan penyebabnya. Bila wanita mengalami trikomoniasis, maka keputihan akan berwarna kehijauan, berbusa, dan mengeluarkan bau tidak sedap. Berbeda jika keputihan berwarna kekuningan bahkan disertai darah, bisa menjadi tanda infeksi gonore. Sebaiknya segera periksakan ke dokter bila terjadi keputihan yang berlebih, berwarna kehijauan, kekuningan, putih susu, atau abu-abu, dan berbau tidak sedap.

  1. Berhubungan Seksual Terasa Sakit

Mungkin pada wanita, kondisi ini terbilang wajar, sehingga seringkali salah satu gejala penyakit kelamin ini diabaikan. Namun bila hal ini terjadi, ada baiknya segera berkonsultasi pada dokter. Bukan hanya pada wanita, pada pria pun juga harus waspada jika merasa sakit ketika ejakulasi.

  1. Muncul Kutil

Bila Anda mengalami munculnya benjolan seperti daging tubuh yang berada di sekitar mulut ataupun area genital, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Karena ini bisa menjadi indikasi awal adanya penyakit menular seksual yang Anda alami. Selain itu bila Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan, maka akan mudah menularkan infeksi, meskipun kutil sudah menghilang atau bahkan tidak terlihat.

Biasanya kutil akan muncul ketika seseorang mengalami herpes genital, infeksi HPV, dan juga sipilis.

  1. Sakit Pada Panggul Dan Perut Bawah

Umumnya hal ini terjadi pada wanita, dan menandakan adanya infeksi bakteri yang berasal dari penyakit menular seksual. Infeksi bakteri ini menyebabkan terjadinya radang panggul, karena bakteri tersebut naik ke rahim dan perut dan membuat peradangan atau luka. Penanganan yang tidak tepat atau bahkan dibiarkan akan menyebabkan kondisi yang serius seperti infertilitas bahkan kematian.

Itulah beberapa gejala penyakit kelamin pria dan juga wanita yang mungkin bisa menjadi tanda agar Anda juga lebih waspada terhadap keberadaan penyakit kelamin wanita maupun pria tersebut. Bila ada gejala yang Anda alami, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Jangan sampai penyakit kelamin atau penyakit menular seksual tersebut menimbulkan komplikasi ataupun menular pada pasangan. Selain itu hindari keberadaan penyakit-penyakit tersebut dengan melakukan hubungan seksual secara aman, dan tidak berganti-ganti pasangan.