Sudah banyak dari kita yang sering mendengar tentang virus HPV. Virus HPV atau human papillomavirus ini mungkin lebih dikenal sebagai penyebab kanker serviks pada wanita. Namun ternyata HPV juga bisa menjadi penyebab munculnya kutil kelamin, baik pada pria maupun wanita.

Ketika pria atau wanita terpapar virus ini, mungkin tidak akan secara langsung gejala muncul. Karena seringkali virus ini tidak menimbulkan gejala apapun sampai bertahun-tahun setelah terpapar. Hal inilah yang membuat pentingnya pemeriksaan bagi Anda yang memang sudah aktif secara seksual, agar virus ini dapat terdeteksi secara dini.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengenali gejala terpaparnya HPV pada pria?

Penularan HPV

Virus ini dapat dengan mudah menular melalui kontak kulit dengan kulit yang melibatkan alat kelamin, yang biasanya akan terjadi saat melakukan hubungan seksual jenis apapun, vaginal, anal, oral, ataupun menyentuh alat kelamin dengan tangan. Walaupun begitu, HPV tidak akan menular melalui jabat tangan, dudukan toilet, ataupun melalui udara.

Gejala HPV

Ada beberapa jenis HPV yang akan membuat seseorang mengalami kutil kelamin, dimana terdapatnya benjolan seperti daging tumbuh pada bagian anus ataupun alat kelamin. Jenis HPV penyebab kutil kelamin ini terbilang jenis yang berisiko rendah, dan jarang sekali bisa menyebabkan kanker.

Pria yang mengalami kutil kelamin akan menemukan benjolan di bawah kulup penis yang biasanya dialami oleh pria yang tidak disunat, di batang penis pada pria yang sudah disunat, paha, pangkal paha, testis, anus, di dalam anus atau uretra. Kutil yang muncul bisa bervariasi jumlahnya, bentuknya, warna, dan juga gejala yang menyertainya.

Walaupun jarang terjadi, namun ada beberapa jenis HPV yang dapat menyebabkan terjadinya kanker pada pria, seperti kanker anus ataupun kanker penis. Bila pria mengalami kanker anus, gejala yang terjadi yaitu terjadi pendarahan di anus, nyeri, gatal, keluar sesuatu dari anus yang tidak biasa, pembengkakan di kelenjar getah bening di sekitar anus atau selangkangan, dan juga buang air besar jadi tidak normal seperti terjadinya perubahan pada bentuk feses.

Sedangkan kanker penis akan menimbulkan terjadinya gejala seperti perubahan warna pada kulit penis, muncul benjolan atau koreng di penis, muncul ruam, keluar cairan di bawah kulup yang berbau tidak sedap dan ujung penis mengalami pembengkakan.

Faktor Resiko HPV Pada Pria

Pria akan berisiko tinggi mengalami infeksi virus HPV bila memiliki faktor-faktor yaitu:

• Mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah seperti pada penderita HIV/AIDS, baru melakukan transplantasi organ, dan seseorang yang mengonsumsi obat imunosupresan.
  • Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, dan tanpa menggunakan kondom.
  • Merokok dan mengonsumsi alkohol.
  • Belum disunat.
  • Dan juga pria yang berhubungan seksual dengan sesama pria.

Pencegahan Dan Pengobatan HPV

Mencegah infeksi HPV bisa dilakukan dengan penggunaan vaksin HPV yang akan efektif diberikan saat seseorang masih berusia muda. Pada pria, vaksin ini sebaiknya diberikan saat usia 11 sampai 21 tahun atau yang belum melakukan hubungan seksual.

Bila Anda terinfeksi HPV, dan mengalami kutil kelamin. Maka pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian salep atau krim, serta melakukan pembekuan kutil (kriyoterapi) ataupun pembedahan. Walaupun tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri, namun pengobatan biasanya dilakukan untuk mengurangi gejala yang terjadi dan juga menghilangkan ketidaknyamanan yang biasanya akan muncul karena kutil kelamin.

Walaupun Anda tidak mengalami gejala seperti munculnya kutil kelamin, namun HPV bisa saja menular pada pasangan seksual Anda. Untuk menghindarinya diperlukan komunikasi yang baik antara Anda dengan pasangan, dan juga penggunaan kondom sebagai pelindung.

Selain itu, Anda juga harus memahami, walau jenis HPV yang membuat terjadinya kutil kelamin bukan jenis virus HPV penyebab kanker, namun masih ada kemungkinan dimana Anda terinfeksi lebih dari satu jenis HPV. Untuk itu, sebaiknya dilakukan pemeriksaan mendetail untuk mengetahui kemungkinan tersebut.