Herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh virus herpes yang sudah umum di lingkungan kita. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus ini adalah herpes labialis, herpes genital, varicella (cacar air) dan herpes zoster (shingles) yang mirip dengan sipilis atau penyakit raja singa. Penyakit-penyakit yang disebabkan virus herpes ini bisa jinak, terbatas dan bisa juga fatal, tergantung dari pengobatan yang dilakukan. Untuk lebih mengetahuinya, kenali dulu ciri ciri herpes, gejala dan cara pengobatan herpes.

Ciri Ciri Herpes

Herpes biasanya memiliki ciri-ciri yang terjadi secara berulang-ulang. Berikut ini adalah ciri ciri herpes:

• Infeksi yang terjadi berulang yang diakibatkan oleh sekelompok virus yang menentukan lesi genital vesikular (berbentuk gelembung kecil) yang dikelompokkan dalam 4 sampai 5 hari.
  • Terjadi luka yang diikuti dengan penyembuhan spontan jaringan yang terserang.
  • Lesi sering terasa sakit dan didahului dengan adanya eritema (kemerahan).
  • Serangan pertama terjadi lebih intens
  • Infeksi yang terjadi berulang dan acak atau tidak ada jangka waktu tertentu.
  • Serangan bisa dipicu oleh faktor stres emosional, paparan sinar matahari, demam, imunitas rendah dan lain-lain.

Gejala Herpes

Gejala herpes biasanya akan berkembang dalam waktu 2-20 hari setelah kontak dengan virus, atau bahkan bisa memakan waktu lebih lama. Berlangsungnya gejala herpes juga berbeda-beda tiap orang. Tapi biasanya, infeksi yang pertama kali akan terjadi sangat ringan sehingga penderita tidak menyadari kalau mereka terkena herpes.

Gejala herpes bisa sangat parah bahkan menyebabkan penderitanya tidak bisa berjalan, dan rasa sakit menjalar ke kaki yang sangat menyiksa. Tapi banyak juga yang bahkan tidak mengetahui bahwa mereka terkena herpes. Biasanya serangan pertama akan menyebabkan luka. Ketika luka sembuh, fase aktif infeksi juga akan berakhir.

Gejala herpes yang kambuh biasanya menyebabkan lesi tetapi tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak ada gejala flu saat awal terkena herpes. Sebelum wabah herpes yang sebenarnya, Anda mungkin akan merasakan kesemutan, gatal, terbakar, nyeri, atau gejala flu. Tahapan ini adalah fase yang sangat menular bahkan tanpa adanya luka yang jelas.

Pada tahapan ini Anda tertular oleh virus Herpes, dan virus akan mulai berkembang biak ketika masuk ke dalam sel-sel kulit. Ciri ciri herpes saat itu adalah kulit memerah dan menjadi sensitif, selain itu akan munculnya lepuh atau benjolan. Selama tahapan itu biasanya akan menyakitkan dan terasa gatal, atau terbakar.

Ciri ciri herpes lainnya yaitu kelenjar bengkak, sakit kepala, sakit di otot, nyeri di punggung bagian bawah dan juga terjadi demam. Orang yang terjangkit herpes berisiko kambuh yang biasanya terjadi 4 sampai 5 kali dalam satu tahun, tergantung dari kondisi masing-masing orang. Namun dengan berjalannya waktu, frekuensi dari kambuhnya herpes ini biasanya akan menurun. Beberapa bentuk herpes bisa terjadi secara menyakitkan dan gejalanya dapat berlangsung mulai dari 1-4 minggu.

Pengobatan Herpes

Pengobatan pertama yang bisa dilakukan ketika ditemukan ciri ciri herpes adalah dengan bantuan salep, dan obat antiviral untuk mengurangi durasi gejala. Obat antivirus juga dapat mengurangi risiko infeksi yang bisa menyebar ke tempat lain di tubuh. Obat ini juga merupakan obat untuk mengurangi rasa sakit, dan mempercepat penyembuhan herpes.

Melakukan pengobatan ke dokter merupakan cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Jika Anda menemukan ciri ciri herpes, Anda bisa segera berkonsultasi pada dokter kami di Klinik Utama Gracia agar dapat segera didiagnosis secara tepat dan bisa dilakukan penanganan yang sesuai.