Sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi penderitanya. Penyakit sifilis yang tidak mendapatkan penanganan hingga tuntas, akan membuat terjadi kerusakan pada organ tubuh hingga terjadi kematian. Karena itulah, Anda harus mengetahui penyebab sifilis dan juga beberapa hal lain yang terkait dengan penyakit kelamin yang bisa menyerang pria atau wanita ini.

Penyebab Sifilis

Penyebab sifilis yang utama memang disebabkan karena adanya infeksi bakteri Treponema pallidum. Namun ada beberapa faktor penyebab yang dapat membuat seseorang tertular penyakit ini, yaitu:

1. Melakukan Hubungan Seksual

Bakteri penyebab sifilis dapat dengan mudah menyebar dan ditularkan melalui kontak seksual. Kontak seksual ini bukan hanya bila melakukan seks vaginal saja, namun seks anal ataupun oral juga dapat menyebabkan seseorang tertular penyakit ini. Selain itu, bila seseorang sering bergonta-ganti pasangan seksual dan tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual, maka resiko tertularnya penyakit ini akan semakin tinggi.

1. Cairan Tubuh

Cairan tubuh seperti darah juga bisa menjadi media penularan penyakit sifilis. Misalnya ketika Anda memakai jarum suntik untuk menggunakan narkoba atau saat membuat tato ataupun menindik telinga, bila pemakaian jarum suntik ini digunakan bergantian dengan seseorang yang memiliki penyakit ini, maka Anda akan sangat mudah tertular penyakit yang sama. Untuk itu, selalu pastikan bahwa jarum yang digunakan memang steril, dan juga hindari kontak langsung pada luka ataupun sariawan orang lain yang mungkin saja mengalami penyakit tertentu.

1. Plasenta

Penularan sifilis juga dapat dilakukan oleh penderita yang merupakan wanita hamil pada bayi yang sedang dikandungnya. Sifilis ini dinamakan sifilis kongenital. Akan ada banyak efek buruk jika terjadi penularan, seperti gangguan pada organ, atau bahkan kematian.

Bakteri sifilis merupakan bakteri yang tidak akan bisa bertahan terlalu lama di luar tubuh, sehingga tidak akan terjadi penularan melalui penggunaan toilet, peralatan makan, pakaian, kolam renang ataupun kamar mandi yang sama dengan penderita sifilis.

Gejala Sifilis

Gejala biasanya akan muncul kira-kira setelah 3 minggu bakteri terpapar ke tubuh. Dan gejala yang dialami penderita akan berbeda berdasar tahapan dari penyakit tersebut.

1. Sifilis Primer

Luka atau lesi di alat kelamin ataupun mulut akan terjadi pada tahapan awal ini. Biasanya luka yang muncul tidak membuat rasa sakit. Luka ini akan terjadi selama 1 sampai 2 bulan, dan sembuh sendiri tanpa ada bekas.

1. Sifilis Sekunder

Pada tahap ini akan muncul ruam merah di bagian telapak tangan dan telapak kaki. Penderita juga akan mengalami demam, radang tenggorokan, kutil kelamin dan juga penurunan nafsu makan. Pada tahapan ini, penderita akan mengalami gejala tersebut selama 1 sampai 3 bulan. Bila pada tahap primer dan sekunder penderita melakukan hubungan seksual, maka akan berisiko besar menularkan penyakit ini pada pasangan seksualnya.

1. Sifilis Laten

Penyakit akan seakan-akan menghilang karena tidak ada gejala yang timbul pada tahapan ini. Namun kemungkinan bakteri masih berada di tubuh. Bila dibiarkan, sifilis akan memasuki tahapan berikutnya yang membahayakan.

1. Sifilis Tersier

Tahap ini akan terjadi bila penderita tidak melakukan pengobatan hingga tuntas, atau malah membiarkan penyakit ini. Infeksi pada tahap ini akan membuat kerusakan pada organ tubuh lain, sehingga penderita kemungkinan akan mengalami gangguan kesehatan lainnya. Bahkan pada tahap ini, sifilis juga bisa menyebabkan penderita kehilangan nyawanya, akibat komplikasi yang terjadi.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang penyakit menular seksual sifilis. Bila merasakan ada gejalanya, atau Anda pernah melakukan faktor penyebab dari penyakit ini, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendeteksi kemungkinan Anda tertular penyakit sifilis.

Anda juga bisa melakukan konsultasi secara online dengan staf medis Klinik Utama Gracia dengan mengklik tombol layanan konsultasi yang sudah disediakan.