Herpes simplex dikenal dengan penyakit herpes yang bisa menyerang area genital atau yang disebut herpes genital. Sebenarnya ada dua jenis herpes simplex adalah herpes genital dan herpes labialis. Namun yang akan dibahas kali ini adalah mengenai herpes simplex genital. Berikut penjelasannya.

Herpes genital merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simplex. Virus herpes simplex sendiri memiliki dua tipe, yaitu herpes simplex virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. Herpes genital adalah kondisi yang disebabkan oleh HSV tipe 2. Penularan virus ini akan sangat mudah melalui kontak langsung pada penderita.

Herpes simplex adalah jenis penyakit menular seksual yang bisa terjadi pada wanita ataupun pria. Ada beberapa gejala yang akan dialami oleh penderita herpes simplex genital. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai herpes simplex atau herpes genital.

Gejala Herpes Simplex (Genital)

Gejala yang akan terjadi pada penderita herpes simplex adalah tergantung jenis herpesnya. Bila dalam hal ini adalah herpes genital, gejala yang akan muncul adalah terdapat luka seperti lepuhan yang terasa sakit pada bagian alat kelamin, paha, pantat, ataupun rektum. Penderita umumnya juga akan merasakan sakit saat buang air kecil.

Terkadang adapula penderita yang tidak merasakan terjadinya gejala langsung setelah terpapar virus. Setelah gejala sembuh pun, virus ini tetap akan berada di dalam tubuh, yang bisa membuat virus ini sewaktu-waktu dapat aktif, apalagi bila sistem imunitas tubuh mulai menurun. Namun biasanya bila penyakit ini kambuh, gejala yang timbul tidak akan separah seperti gejala di infeksi awal.

Penyebaran Herpes Simplex (Genital)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, herpes simplex atau herpes genital ini akan sangat mudah menular melalui kontak langsung dengan penderita. Penularan atau penyebaran ini tetap bisa terjadi walaupun penderita tidak mengalami gejala. Bila Anda melakukan kontak seksual ataupun bersentuhan dengan area luka penderita herpes, maka Anda kemungkinan besar akan tertular infeksi virus penyebab herpes genital ini.

Diagnosis Herpes Simpleks (Genital)

Pemeriksaan fisik merupakan langkah awal untuk mendiagnosis keberadaan herpes simplex. Kemudian dokter akan mengambil sampel dari cairan luka yang Anda alami, untuk diuji di laboratorium. Tes lain yang akan dilakukan seperti tes darah, dan juga PCR, untuk melihat adakah keberadaan virus simplex tersebut di dalam tubuh.

Komplikasi Herpes Simplex (Genital)

Bila tidak segera ditangani hingga tuntas, komplikasi akan mungkin terjadi. Komplikasi yang bisa dialami penderita herpes simplex adalah seperti munculnya penyakit menular seksual lainnya, terjadi inflamasi pada saluran kemih dan dinding rektum, menular pada bayi yang dikandung oleh penderita wanita hamil, dan keguguran.

Pengobatan Herpes Simplex (Genital)

Walaupun virus tidak bisa dihilangkan dari tubuh, namun Anda bisa mengurangi gejalanya dengan melakukan pengobatan. Obat yang umumnya diberikan merupakan obat antivirus agar virus herpes tidak bisa menggandakan diri.

Namun bila gejala yang terjadi terbilang tidak terlalu parah, dokter mungkin hanya akan menyarankan Anda untuk melakukan perawatan mandiri di rumah, seperti membersihkan luka, mengurangi rasa sakit dengan membalut es batu dengan kain dan ditempelkan pada luka, menggunakan krim untuk menghilangkan rasa sakit pada luka, memperbanyak konsumsi air putih, dan juga menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat agar rasa sakit di area yang mengalami luka bisa menurun.

Itulah penjelasan tentang herpes simplex atau herpes genital yang harus Anda ketahui. Bila ada gejala herpes genital ini yang Anda alami, sebaiknya segera dilakukan pengobatan. Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan staf Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting di bawah ini yang telah disediakan.