Penyakit kutil kelamin bisa menyerang pria dan juga wanita. Ketika seseorang terinfeksi penyakit menular seksual ini, maka penderita akan mengalami tumbuhnya semacam daging atau kutil pada area kelamin. Ada beberapa cara menghilangkan kutil kelamin yang bisa membantu Anda mengatasi permasalahan seksual ini.

Umumnya kondisi ini akan terjadi pada pria atau wanita yang berusia 17 sampai 33 tahun, dan biasanya pada mereka yang sudah pernah melakukan hubungan seksual. Karena penularan penyakit ini memang terjadi melalui kontak seksual. Penyebab dari penyakit menular seksual ini adalah infeksi human papillomavirus. Virus ini sendiri memiliki banyak jenis, yang beberapa diantaranya dapat menyebabkan seseorang mengalami kutil kelamin.

Kutil kelamin ini bisa tumbuh pada penis, skrotum, bagian luar atau dalam vagina, rahim, pangkal paha ataupun anus. Namun kutil juga bisa ditemukan pada mulut atau tenggorokan, jika seseorang melakukan oral seks dengan penderita. Karena kemunculannya yang menimbulkan ketidaknyamanan, maka Anda harus mengetahui cara menghilangkan kutil kelamin berikut ini.

1. Obat Topikal

Pada pengobatan awal setelah Anda didiagnosis mengalami kutil kelamin, maka dokter akan memberikan obat topikal untuk permasalahan Anda. Obat ini akan digunakan dengan cara mengoleskan salep, krim ataupun cairan di bagian tubuh yang terinfeksi agar sel kutil dapat mati, dan juga bisa merangsang sistem kekebalan tubuh agar bisa melawan infeksi yang sedang terjadi.

Walaupun obat topikal ini adalah sejenis obat kutil, namun sebaiknya jangan gunakan obat kutil yang bukan diberikan oleh dokter untuk permasalahan Anda, apalagi dengan menggunakan obat kutil yang dijual bebas. Hal ini dikarenakan, penanganan kutil di kelamin dengan kutil di bagian tubuh lain tentu akan berbeda.

1. Prosedur Ablasi

Prosedur ini umumnya akan dilakukan bila kondisi kutil kelamin yang Anda alami tidak juga merespon pengobatan awal dengan obat topikal. Selain itu prosedur ini juga kemungkinan akan dilakukan bila kutil sudah menyebar. Dan penderita yang merupakan wanita hamil juga akan disarankan menjalani prosedur ini untuk mengatasi permasalahan kutil kelamin yang dialaminya.

Ada berbagai macam metode dari prosedur ablasi sebagai cara menghilangkan kutil kelamin, yaitu:

• Eksisi. Metode ini akan dilakukan jika kutil yang tumbuh masih berskala kecil. Proses akan dimulai dengan pemberian bius lokal, kemudian dokter akan memotong dan membuang kutil.
  • Bedah listrik. Metode yang akan dilakukan setelah eksisi ini akan membakar sisa-sisa jaringan kutil yang tertinggal dengan menggunakan kawat panas yang dialiri listrik. Biasanya bedah listrik akan dilakukan jika penderita memiliki kutil pada area vulva ataupun anus.
  • Cryotheraphy. Metode ini dilakukan dengan membekukan kutil menggunakan nitrogen cair sampai kutil lepas dengan sendirinya. Cryotheraphy biasanya akan diberikan pada penderita yang memiliki kutil pada area penis ataupun di sekitar vulva.
  • Bedah laser. Penanganan kutil ini akan dilakukan dengan membakarnya sehingga kutil hilang. Metode ini umumnya dipilih jika cara lain tidak juga bisa mengobati kutil kelamin yang berukuran besar serta sulit untuk dijangkau.

Selama Anda menjalani cara menghilangkan kutil kelamin di atas, ada baiknya Anda tidak melakukan hubungan seksual bersama pasangan dan juga penggunaan sabun, lotion, ataupun busa mandi yang memiliki kandungan parfum di dalamnya. Melakukan hubungan seksual ketika Anda masih terinfeksi kutil kelamin, akan membuat infeksi virus ini bisa menyebar ke area tubuh lainnya, dan pasangan juga bisa dengan mudah tertular penyakit ini. Untuk itu, lakukan pengobatan hingga tuntas.

Konsultasikan permasalahan kutil kelamin yang Anda alami pada staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting di bawah ini.