Kutil kelamin atau kutil kemaluan ataupun yang juga dikenal dengan kondiloma akuminata, adalah pertumbuhan kutil jinak pada area genital. Penyebab pertumbuhan kutil ini adalah karena human papillomavirus atau HPV yang menginfeksi tubuh. Kutil yang tumbuh akan membuat ketidaknyamanan sehingga penderita memerlukan cara mengobati kutil kelamin untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Umumnya kutil akan tumbuh berwarna abu kemerahan, coklat kemerahan ataupun merah, dan seperti daging tumbuh. Ukuran dari kutil ini akan berbeda-beda, namun umumnya kecil dan dalam jumlah yang banyak karena akan muncul secara berkelompok. Kutil kelamin ini bisa menyerang pria maupun wanita, dan mudah menular melalui kontak kulit dengan kulit saat melakukan hubungan seksual karena letak kutil yang berada di area genital.

Sebelum mengetahui cara mengobati kutil kelamin, Anda terlebih dulu memerlukan diagnosa yang tepat dari dokter terkait dengan kondisi yang Anda alami. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada area genital. Jika berada di luar area genital, maka kutil akan langsung terlihat oleh pemeriksaan biasa. Namun jika berada di dalam area genital, akan dilakukan pemeriksaan mendetail lainnya untuk memastikan diagnosis.

Cara Mengobati Kutil Kelamin

Jika Anda sudah didiagnosa mengalami kutil kelamin, maka dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan kondisi Anda. Pengobatan untuk kutil kelamin sendiri dibagi menjadi dua, yaitu obat topikal dan juga melalui prosedur ablasi.

Obat topikal akan diberikan pada penderita kutil kelamin yang lunak dan belum terlalu menyebar. Sedangkan ablasi akan dilakukan jika kutil kelamin tidak juga sembuh dengan pengobatan topikal, serta kutil sudah menyebar. Ablasi juga akan dilakukan pada penderita yang merupakan wanita hamil, karena penggunaan obat topikal cenderung akan memberikan efek samping pada janin.

1. Obat Topikal

Obat topikal adalah obat-obatan yang diberikan dengan cara mengoleskan obat pada bagian yang terinfeksi agar sistem kekebalan tubuh terangsang untuk melawan infeksi yang terjadi. Obat-obat ini akan berbentuk salep, atau krim yang dioleskan pada area kutil. Walaupun yang digunakan adalah obat kutil, namun bukan berarti Anda bisa menggunakan obat kutil yang banyak dijual bebas. Karena obat kutil untuk area genital akan berbeda dengan obat kutil biasanya.

1. Prosedur Ablasi

Prosedur ablasi terdiri dari empat metode utama, yaitu:

• Eksisi. Prosedur akan dilakukan dengan memotong dan membuang kutil. Kemudian luka bekas pemotongan kutil akan dijahit. Sebelumnya, dokter akan memberi bius lokal di area yang terinfeksi kutil. Biasanya prosedur ini dilakukan pada penderita kutil yang tumbuh dalam kelompok kecil.
  • Bedah listrik. Metode bedah listrik umumnya dikombinasikan dengan prosedur eksisi. Setelah melakukan eksisi dengan memotong kutil, kemudian sisa jaringan kutil yang tersisa akan dibakar dengan kawat panas dari aliran listrik. Metode ini akan digunakan pada penderita yang mengalami kutil yang berada di bagian vulva dan juga anus.
  • Cryotheraphy. Metode ini akan membekukan kutil dengan cairan nitrogen hingga akhirnya terlepas. Biasanya metode ini dilakukan pada kutil yang tumbuh berkelompok kecil pada area penis dan vulva. Metode ini dilakukan secara berkala sampai kutil hilang seluruhnya dan tertutup kulit baru.
  • Bedah laser. Metode ini akan menggunakan energi laser untuk menghilangkan kutil dengan cara dibakar. Metode bedah laser bisa menjadi pilihan terakhir jika metode lain tidak dapat mengobati permasalahan Anda, terutama pada kutil yang berukuran besar dan sulit dijangkau.

Cara mengobati kutil kelamin di atas sebaiknya dikonsultasikan langsung dengan dokter, agar Anda mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Anda juga bisa berkonsultasi pada staf medis Klinik Utama Gracia terkait kutil kelamin melalui layanan chatting dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.