Kutil kelamin atau condyloma merupakan salah satu penyakit menular seksual yang berupa benjolan-benjolan daging yang ukurannya kecil pada area kelamin ataupun dubur. Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan jengger ayam, karena bentuk kutil yang muncul menyerupai jengger. Penyebab kutil kelamin sendiri adalah virus yang sama dengan penyebab kanker serviks.

Human papillomavirus atau HPV adalah penyebab kutil kelamin yang utama. Virus ini dapat menginfeksi seseorang ketika melalui kontak seksual dengan orang lain yang sudah terinfeksi virus tersebut. Walaupun penyebab utama penyakit ini adalah HPV, namun ada faktor lain penyebab kutil kelamin yang bisa dialami oleh pria dan wanita ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan tentang penyakit kutil kelamin.

Penyebab Kutil Kelamin

1. HPV. Virus yang juga menyebabkan kanker serviks ini memiliki banyak jenis, yang salah satunya adalah penyebab penyakit kutil kelamin.
  2. Aktif seksual. Seseorang yang sudah aktif secara seksual sejak remaja, sangat rentan terinfeksi virus HPV, sehingga mudah mengalami kutil kelamin.
  3. Tidak menjaga kebersihan. Organ kelamin yang tidak diperhatikan kebersihannya, akan sangat mudah terserang berbagai penyakit kelamin, salah satunya adalah kutil kelamin.
  4. Sering berganti pasangan. Berganti-ganti pasangan bisa memudahkan seseorang terinfeksi HPV yang berasal dari pasangan sebelumnya yang memiliki virus ini.
  5. Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman. Bukan hanya kutil kelamin, seseorang yang melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman, juga sangat mudah mengalami penyakit kelamin.
  6. Riwayat penyakit. Orang yang sebelumnya pernah mengalami penyakit kelamin, sangat mudah terserang kutil kelamin. Sama halnya dengan mereka yang sebelumnya pernah mengalami kutil kelamin, akan beresiko tinggi kambuhnya penyakit ini.

Gejala Kutil Kelamin

Seperti namanya, gejala yang akan muncul karena penyakit ini adalah adanya kutil pada area kelamin yang ukurannya kecil dan datar. Penderita akan merasakan ketidaknyamanan pada area kelaminnya karena munculnya gatal. Selain itu ketika melakukan hubungan seksual, kutil bisa saja berdarah.

Kutil yang muncul akan berwarna kemerahan ataupun abu-abu. Biasanya kutil akan tumbuh berkelompok, dan membentuk seperti kembang kol, atau jengger ayam. Kutil ini juga bisa bertambah banyak, dan menyebabkan terjadinya bengkak dan kemerahan.

Pada pria, kutil biasanya akan muncul di batang atau ujung penis, buah zakar, selangkangan, paha atas, sekitar anus, dan juga di uretra bagian dalam. Sementara pada wanita, kutil bisa muncul pada vulva, anus, area kelamin dan anus, leher rahim, dan juga paha atas. Selain di kelamin dan anus, kutil juga bisa terjadi di mulut atau tenggorokan, yang biasanya terjadi pada orang yang melakukan oral seks.

Diagnosis Kutil Kelamin

Kutil kelamin akan mudah didiagnosis melalui pemeriksaan biasa. Namun pemeriksaan mendetail akan dilakukan jika kutil kelamin berada di lokasi-lokasi tertentu, seperti kutil yang tumbuh di anus akan digunakan alat proktoskop untuk melihat anus bagian dalam. Lalu kutil kelamin yang tumbuh pada vagina bagian dalam, dokter akan menggunakan spekulum untuk melihat vagina bagian dalam dan juga leher rahim.

Bagi wanita, bisa dilakukan pap smear dan juga pemeriksaan panggul secara rutin. Selain melihat adanya perubahan yang terjadi, juga bisa mendeteksi dini kemungkinan tanda kanker rahim.

Jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit kutil kelamin, segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Ataupun Anda juga bisa terlebih dulu berkonsultasi pada staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online yang sudah tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat.