Terdapat macam macam penyakit kelamin yang harus Anda waspadai. Penyakit kelamin merupakan penyakit yang menyerang organ kelamin pria maupun wanita, dan sangat mudah ditularkan saat melakukan hubungan seksual. Penyebab penyakit kelamin bisa karena bakteri, virus, kuman, atau parasit yang hidup di lendir, cairan ataupun selaput kulit. Penyakit-penyakit ini hampir seluruhnya merupakan penyakit menular seksual.

Lalu apa saja macam macam penyakit kelamin pada pria maupun wanita?

  1. Klamidia

Macam macam penyakit kelamin pertama, yang juga termasuk dalam penyakit menular seksual ini bisa dialami pria maupun wanita. Penyebab klamidia adalah bakteri dengan nama yang sama yaitu chlamydia trachomatis, yang sangat mudah menyebar melalui hubungan seksual. Sebenarnya penyakit ini mudah diobati, namun banyak kasus dimana gejala tidak nampak, sehingga terjadi pembiaran, dan menyebabkan terjadinya komplikasi. Gejala yang umumnya muncul adalah sakit ketika buang air kecil, sering keputihan pada wanita, keluar cairan dari penis pria, sakit ketika berhubungan seksual, terjadi pendarahan di luar periode menstruasi, sakit pada testis untuk pria, dan juga sakit pada perut bagian bawah.

  1. Gonorrhea

Penyakit menular seksual satu ini juga bisa dialami oleh pria ataupun wanita. Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan kencing nanah ini disebabkan karena bakteri Neisseria gonorrhoeae, yang bisa menular melalui kontak seksual. Gejala yang akan muncul pada penderita yaitu keluar cairan seperti nanah pada ujung penis, sering mengalami keputihan pada wanita, sakit ketika buang air kecil, gatal pada dubur, pendarahan di luar periode menstruasi, nyeri di bagian testis pria, dan juga sakit pada perut bagian bawah.

  1. Herpes Genital

Pria dan wanita bisa mengalami penyakit herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 ini. Ketika virus ini sudah menginfeksi tubuh, maka virus akan menetap. Jika gejala sudah sembuh, namun penyakit ini bisa kambuh sewaktu-waktu saat kekebalan tubuh menurun. Gejala yang akan dialami adalah munculnya benjolan dan luka pada alat kelamin atau anus, sakit saat buang air kecil, nyeri di otot, muncul gejala flu dan juga demam.

  1. Kutil Kelamin

Penyakit yang bernama lain kondiloma akuminata ini disebabkan oleh human papillomavirus, yang juga merupakan virus penyebab kanker serviks. Kutil yang tumbuh di organ genital ini biasanya berbentuk seperti kembang kol, karena biasanya kutil muncul berkelompok. Gejala lain yang terjadi yaitu gatal di area kelamin, dan terjadi pendarahan saat melakukan hubungan seksual.

  1. Sipilis

Pria dan wanita bisa mengalami penyakit yang juga dikenal dengan raja singa ini. Sipilis ini termasuk penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berbahaya, karena jika tidak segera diobati, maka akan memasuki tahapan yang menimbulkan kerusakan permanen pada organ tubuh lain. Gejala dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum ini adalah dimulai dengan munculnya luka yang tidak sakit. Setelah itu akan muncul ruam, mengalami demam, nyeri pada sendi, sakit tenggorokan, bengkak pada kelenjar di ketiak, pangkal paha dan leher, dan juga mengalami kelelahan.

  1. Trikomoniasis

Penyebab penyakit ini adalah parasit Trichomonas vaginalis. Bukan hanya wanita saja yang bisa terinfeksi parasit ini, namun pria juga. Banyak penderita yang tidak mengalami gejala sampai penyakit ini memburuk. Namun umumnya gejala yang terjadi seperti keputihan berbusa, kekuningan atau kehijauan, sakit saat ejakulasi pada pria, gatal di bagian penis ataupun vagina, sering ingin buang air kecil, bau tidak sedap pada vagina, bengkak pada area selangkangan, dan sakit saat buang air kecil. Komplikasi yang bisa terjadi karena penyakit ini yaitu ketidaksuburan, infeksi jaringan kulit vagina, dan bisa menyebabkan bayi lahir prematur dan kurang berat badan jika dialami oleh ibu hamil.

Macam macam penyakit kelamin di atas merupakan penyakit yang juga termasuk dalam penyakit menular seksual. Sehingga penularannya sangat mudah terjadi saat melakukan hubungan seksual. Untuk mencegah penularan, sebaiknya Anda mengetahui gejala yang terjadi.

Jika Anda mengalami penyakit di atas, sebaiknya periksakan kondisi Anda untuk diagnosa tepat terkait penyakit apa yang Anda alami. Hal ini lebih baik secepatnya dilakukan, agar tidak terjadi komplikasi yang berbahaya bagi tubuh.

Anda bisa berkonsultasi terkait penyakit kelamin atau penyakit menular seksual yang Anda alami pada staff medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online di bawah ini. Anda juga bisa memeriksakan kondisi Anda langsung ke Klinik Utama Gracia. Semoga bermanfaat.