Sipilis atau raja singa merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema pallidum, yang bisa menyebar atau menular melalui kontak seksual ataupun penularan dari ibu hamil pada bayi yang dilahirkan nantinya. Banyak kasus pada penyakit ini yang terjadi pada wanita. Namun kadang wanita belum paham ciri ciri penyakit sipilis pada wanita.

Penting halnya untuk mengetahui ciri ciri penyakit sipilis pada wanita. Hal tersebut dikarenakan sipilis yang masih berada pada tahap awal akan lebih mudah diobati. Ciri-ciri yang terjadi biasanya akan berdasarkan tahapan dari penyakit tersebut. Namun kadang ciri ini tidak selalu dalam urutan yang sama pada tiap penderita.

Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Wanita Sesuai Tahapan

Tahap Pertama

Pada tahap pertama ini biasanya wanita akan mengalami sariawan yang kemerahan atau disebut chancre yang umumnya tidak sakit pada area bibir luar vagina (labia), di dalam vagina, rektum (bukaan anus) ataupun di dalam mulut. Jika Anda mengalami beberapa ciri atau salah satunya, hal ini bisa menjadi kecurigaan awal dari penyakit tersebut.

Chancre ini akan berkembang mulai 10 sampai 90 hari setelah awal infeksi, dengan waktu rata-rata yaitu 21 hari. Chancre ini kadang tidak disadari oleh penderita, apalagi jika chancre atau sariawan ini berada di dalam leher rahim atau bukaan vagina. Selain itu dapat terjadi pembengkakan kelenjar getah bening pada area dekat chancre muncul.

Umumnya chancre akan terjadi selama 3 sampai 6 minggu dan akan sembuh sendiri walaupun tidak diobati, namun akan sedikit meninggalkan bekas luka. Walaupun chancre sembuh, namun sipilis masih bisa menular pada orang lain melalui kontak langsung dengan chancre tersebut saat melakukan aktivitas seksual.

Tahap Sekunder

Ciri yang akan muncul seperti ruam kemerahan di kulit yang biasanya akan terlihat 2 sampai 12 minggu setelah chancre pertama kali muncul, walaupun chancre juga belum sembuh total. Ruam ini berbentuk lesi kulit datar atau sedikit terangkat yang berwarna merah kecoklatan, kecil, terasa padat, dan terjadi di seluruh tubuh, namun paling sering muncul di telapak tangan atau kaki. Ruam ini juga seringkali terlihat seperti masalah kulit biasa.

Selain itu, akan muncul kutil yang berisi nanah di area selaput lendir, seperti di dalam vagina ataupun mulut. Dua ciri ini akan sangat menular. Namun biasanya ruam kulit akan sembuh sendiri dalam waktu 2 bulan. Walaupun begitu, sipilis masih juga bisa menular pada orang lain.

Adapula ciri bahwa infeksi sipilis sudah menyebar ke seluruh tubuh, seperti demam ringan, sakit tenggorokan, lelah, penurunan berat badan, rambut rontok, kelenjar getah bening yang membengkak, gangguan sistem saraf, dan juga nyeri sendi, namun akan hilang dengan sendirinya.

Tahap Laten

Pada tahap ini tidak ada gejala yang muncul. Namun kerusakan sejumlah sistem organ mungkin saja terjadi karena sipilis yang tidak diobati. Kerusakan bisa terjadi pada otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, ataupun sendi.

Tahap Akhir

Tahap akhir atau yang berarti tahap kambuhan ini bisa juga dialami oleh banyak penderita. Pada saat ini sebenarnya Anda sudah tidak mengalami gejala sipilis apapun, namun mulai mengalami gejala kembali. Hal tersebut bisa terjadi beberapa kali.

Itulah ciri ciri penyakit sipilis pada wanita berdasarkan tahapannya. Hal tersebut harus Anda ketahui untuk segera melakukan pengobatan. Anda juga bisa melakukan konsultasi mengenai penyakit sipilis yang Anda alami, melalui layanan chatting online di bawah ini.