Herpes merupakan penyakit yang memiliki banyak jenis, namun yang paling dikenal dan sering terjadi adalah herpes zoster dan juga herpes simpleks. Obat penyakit herpes untuk keduanya juga berbeda, karena penyebabnya pun berbeda. Sebelum mengetahui apa obat penyakit herpes yang tepat untuk keduanya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu mengenai apa itu herpes zoster dan juga herpes simpleks.

Herpes zoster atau yang biasa disebut herpes kulit disebabkan oleh virus HHV3 atau virus varicella zoster. Virus ini sama dengan virus penyebab cacar air. Ketika seseorang terinfeksi virus ini, maka orang tersebut tidak langsung mengalami virus zoster, namun biasanya akan didahului dengan munculnya cacar air. Ketika cacar air sembuh, virus ini tetap berada di tubuh, dan jika aktif kembali bisa mengakibatkan terjadinya herpes zoster.

Sedangkan herpes simpleks adalah herpes yang disebabkan oleh virus simpleks tipe 1 dan 2, atau HSV1 dan HSV2. HSV1 umumnya akan menyebabkan terjadi herpes labialis atau herpes yang terjadi di bibir dan juga sekitar mulut. Sementara HSV2 menyebabkan herpes genital yang terjadi di alat kelamin, dan merupakan salah satu penyakit menular seksual yang bisa dialami pria maupun wanita.

Obat Penyakit Herpes

1. Herpes Zoster

Sebenarnya tidak ada obat yang bisa menyembuhkan herpes zoster, dan biasanya pengobatan diberikan hanya untuk mengatasi gejala yang muncul. Namun dampak bahaya herpes zoster ini bisa dikurangi dengan melakukan beberapa hal ini:

• Melakukan vaksinasi bisa membantu secara signifikan untuk mengurangi kemungkinan menderita herpes zoster, walaupun kekebalan tersebut tidak bisa dijamin 100 persen.
  • Deteksi dini. Gejala awal herpes zoster memang mirip dengan penyakit lain pada umumnya, maka deteksi dini memang akan sulit dilakukan. Namun jika sudah terdeteksi sejak awal, maka Anda bisa menggunakan dosis kuat dari antivirus untuk mengurangi terjadinya komplikasi.

Jika Anda sudah terdiagnosis mengalami herpes zoster, maka biasanya dokter akan memberikan obat:

• Pereda nyeri. Parasetamol atau ibuprofen mungkin akan diberikan oleh dokter untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul karena herpes zoster. Jika diperlukan, dokter bisa memberikan pereda nyeri dari golongan NSAID yang lebih ampuh. Obat herpes topikal (salep) juga mungkin akan diberikan dokter.
  • Obat ini digunakan untuk menghambat kerja virus penyebab herpes zoster.
  • Biasanya jika ruam atau lepuhan pecah, luka akan terbuka dan rentan infeksi bakteri. Untuk itu diperlukan lotion calamine ataupun povidone iodine untuk melindungi luka dari infeksi.

Banyak kasus dimana herpes zoster baru terdeteksi ketika sudah berada di stadium lanjut, dan menyebabkan sakit yang sangat luar biasa.

2. Herpes Simpleks

Sama seperti sebelumnya, herpes simpleks juga tidak memiliki obat yang bisa menghilangkan virus penyebab penyakit ini. Namun obat diberikan untuk mengatasi rasa sakit, durasi dan juga frekuensi kambuhnya penyakit ini. Berikut ini ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan di rumah:

• Obat pereda rasa sakit. Anda bisa menggunakan parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan rasa sakit, dan bisa dibeli di apotik tanpa resep dokter.
  • Kompres dingin. Lakukan kompres dengan menggunakan air es, namun hindari untuk menyentuhkan es langsung ke kulit, gunakan kain untuk alasnya.
  • Hindari memakai pakaian yang ketat di area yang terinfeksi.
  • Cuci tangan sesering mungkin
  • Jangan melakukan aktivitas seksual ketika mengalami penyakit ini, untuk menghindari terjadinya penularan.

Obat penyakit herpes simpleks yang akan diberikan dokter berupa obat antivirus. Bisa juga pemberian obat dalam bentuk salep.

Anda bisa melakukan konsultasi melalui layanan chatting online Klinik Utama Gracia di bawah ini.