Sering merasakan gatal pada vagina? Biasanya ketika Anda mengalami gatal di vagina, akan dibarengi juga dengan munculnya keputihan yang sifatnya abnormal. Keputihan abnormal biasanya akan memiliki gejala seperti keputihan yang berbau, berubah warna, berubah tekstur ataupun menyebabkan gatal. Lalu apa penyebab keputihan gatal yang Anda alami? Lalu bagaimana solusi tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya?

Penyebab Keputihan Gatal

  1. Virus, Bakteri Dan Parasit

Penyebab keputihan gatal yang Anda alami bisa saja salah satunya disebabkan oleh virus, bakteri ataupun parasit yang ada di vagina. Misalnya seperti adanya bakteri vagina bernama candida albicans, bakteri vaginosis ataupun monilia. Banyak juga jenis jamur yang bisa membuat vagina wanita mengalami keputihan yang menimbulkan gatal. Keputihan yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit akan menimbulkan gejala seperti berbau, berwarna putih seperti susu dan juga kental. Biasanya keputihan seperti banyak dialami oleh ibu hamil, penderita diabetes dan juga seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya rendah.

  1. Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual juga bisa menjadi salah satu penyebab keputihan gatal pada wanita. Penyakit ini bisa saja tertular pada Anda ketika Anda melakukan hubungan seksual dengan penderita penyakit-penyakit tersebut. Ketika seorang wanita tertular penyakit menular seksual maka keputihan yang terjadi akan berlebihan, berbau, dan juga gatal.

Cara Mengatasi Gatal Karena Keputihan

Rasa gatal yang muncul karena keputihan tersebut pasti akan membuat rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Untuk itu perlu dilakukan penanganan untuk permasalahan tersebut. Berikut ini adalah cara mengatasi gatal karena keputihan.

  1. Menjaga Kelembaban

Idealnya, kelembaban dari vagina wanita yaitu pada pH 3,8 sampai 4,2. Pada pH ini bakteri baik akan meningkat dan bisa menjaga keseimbangannya secara alami. Untuk menjaga keseimbangan, maka gunakanlah celana dalam yang berbahan katun, agar keringat dapat terserap dan vagina terjaga kelembabannya.

  1. Menjaga Kebersihan

Pembersihan organ kewanitaan sebenarnya tidak dianjurkan untuk digunakan. Karena pembersih tersebut umumnya menggunakan bahan kimia yang bisa merusak perkembangan dari bakteri baik di vagina. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menjaga kebersihan vagina dengan cara membilasnya dengan air bersih saja. Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkan vagina setelah buang air kecil ataupun besar.

  1. Hubungan Seksual Yang Sehat

Melakukan hubungan seksual yang tidak sehat bisa berisiko tinggi menularkan infeksi menular seksual. Untuk itu, lakukan hubungan seksual yang sehat dan juga aman. Penggunaan kondom juga bisa meminimalisir tertularnya penyakit menular seksual.

  1. Jangan Digaruk

Gatal yang dirasakan ketika keputihan memang kadang sering membuat kita refleks untuk menggaruk bagian yang gatal. Namun sebaiknya Anda menghindari kegiatan tersebut. Menggaruk vagina malah akan membuat rasa gatal semakin parah. Jika merasa gatal, Anda bisa mengompres bagian yang gatal menggunakan air es.

  1. Hindari Pakaian Ketat

Menggunakan pakaian yang ketat terutama celana akan membuat peredaran darah menjadi terhambat. Selain itu juga bisa menyebabkan area vagina lebih mudah berkeringat dan akhirnya lembab. Ketika vagina lembab, akan membuat jamur berkembangbiak dan juga menyebabkan gatal. Untuk itu gunakan pakaian yang longgar untuk meminimalisir terjadinya gatal.

Itulah beberapa penyebab keputihan gatal dan juga cara mengatasi gatal yang diakibatkan oleh keputihan. Jika masalah ini masih membuat keseharian Anda menjadi tidak nyaman, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter yang tepat di Klinik Utama Gracia. Dengan diagnosa yang tepat, Anda akan mendapatkan penanganan untuk mengatasi permasalahan keputihan Anda.