Mengalami anyang-anyangan merupakan kondisi yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Ketika mengalami kondisi ini, maka penderitanya akan merasakan keinginan buang air kecil terus menerus bahkan juga merasakan sakit ketika buang air kecil. Namun ada beberapa cara menghilangkan anyang anyangan yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang mungkin Anda rasakan.

Ada banyak sekali penyebab anyang anyangan, salah satunya yaitu adanya bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih, dan membuat terjadinya infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan. Untuk pemeriksaan, biasanya dokter akan mengambil sample urine untuk mendiagnosa apakah adanya bakteri yang menyebabkan anyang-anyangan. Kemudian dokter akan memberikan obat antibiotik yang harus dikonsumsi penderita sampai obatnya habis. Namun Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan anyang anyangan berikut ini:

  1. Gemericik Air

Mendengarkan gemericik air ternyata bisa menjadi cara menghilangkan anyang anyangan. Dengan mendengar gemericik air, maka penderita akan bisa untuk buang air kecil sedikit demi sedikit. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anyang-anyangan. Namun cara ini tidak bisa digunakan jika penyebab anyang-anyangan adalah karena adanya gangguan di prostat.

  1. Memijat Telapak dan Ibu Jari Kaki

Menghilangkan anyang-anyangan juga bisa dilakukan dengan cara memijat bagian telapak kaki dan juga ibu jari kaki. Cara ini dipercaya dapat memicu seseorang ingin buang air kecil. Pijat telapak kaki dengan arah vertikal dan juga pada bagian ibu jari kaki. Lakukan dengan pijatan yang lembut. Banyak juga yang mengatakan menghilangkan anyang-anyangan dengan mengikat ibu jari, namun sebenarnya cara tersebut sedikit berbahaya. Lebih baik lakukan pijatan saja pada telapak dan juga ibu jari kaki.

  1. Minum Air Putih

Anyang-anyangan juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Kondisi ini terjadi karena Anda kurang konsumsi air putih. Maka dari itu perbanyaklah konsumsi air putih. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat, selain itu bakteri dan juga kuman dalam tubuh akan dibuang bersama urine, dan Anda juga tidak akan mengalami anyang-anyangan.

  1. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan anyang anyangan yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan air jeruk nipis. Buah yang kaya akan vitamin C ini bisa membantu mengurangi anyang-anyangan. Caranya, Anda hanya perlu memeras jeruk nipis kemudian seduh dengan menggunakan air hangat. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan sedikit gula, kemudian minum selagi masih hangat.

  1. Daun Kumis Kucing

Ramuan kumis kucing juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan anyang-anyangan. Caranya mudah, Anda hanya memerlukan beberapa helai daun kumis kucing, kemudian jemur sampai kering. Setelah kering, seduh daun kumis kucing seperti teh. Agar rasa pahitnya tersamarkan, Anda bisa mencampurkan gula jawa. Namun jangan gunakan gula lain selain gula jawa, agar khasiat daun kumis kucing tidak hilang. Campuran ini bisa Anda minum tiap pagi dan juga sore sampai anyang-anyangan yang Anda alami menghilang.

Itulah beberapa cara menghilangkan anyang anyangan yang bisa Anda coba. Anda bisa melakukan cara tersebut untuk mendukung pengobatan yang diberikan oleh dokter. Jika tidak segera ditangani, anyang-anyangan bisa saja menimbulkan penyakit yang lebih serius, seperti kerusakan ginjal karena infeksi ginjal yang sudah kronis. Selain itu disarankan juga bagi Anda agar selalu menjaga kebersihan organ vital, agar tidak terjadi lagi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Selain itu penuhi nutrisi harian tubuh dan konsumsi air putih yang cukup setiap harinya agar Anda terhindar dari berbagai penyakit yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.