Tidak semua keputihan yang dialami oleh wanita merupakan keputihan yang wajar, ada pula penyakit keputihan pada wanita yang ditandai dengan munculnya keputihan yang abnormal, misalnya seperti mengeluarkan bau yang tidak sedap, muncul rasa gatal, berubah warna, dan menyebabkan munculnya rasa panas. Penyakit keputihan wanita yang membuat keputihan abnormal atau biasa disebut keputihan patologis ini bisa disebabkan oleh banyak hal.

Kuman

Penyebab penyakit keputihan pada wanita yang pertama yaitu karena adanya kuman. Kuman bisa saja berasal dari tangan yang menyentuh vagina. Tangan yang kotor dapat sangat mudah membawa kuman. Bukan hanya tangan yang kotor saja, namun juga kuman bisa berasal dari air yang kotor. Kuman-kuman ini akan membuat keputihan yang abnormal.

Lembab

Kebiasaan tidak mengeringkan alat kelamin terlebih dahulu setelah buang air kecil atau besar dapat membuat area kewanitaan menjadi lembab dan kuman ataupun dapat berkembang dengan baik pada area tersebut, dan hal ini bisa membuat terjadinya keputihan.

Bakteri Vaginosis

Penyebab keputihan pada wanita selanjutnya yaitu karena bakteri vaginosis. Walaupun penyebabnya belum diketahui, namun bakteri ini bisa mengakibatkan ketidakseimbangan cairan sehingga seorang wanita yang mengalaminya akan merasakan keputihan yang berlebihan.

Trikomoniasis

Infeksi penyebab keputihan yang abnormal ini disebabkan oleh mikroorganisme protozoa yang bisa ditularkan lewat hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki bakteri ini. Bakteri ini bisa hidup di daerah vagina yang lembab.

Vulvovaginitis

Infeksi yang dikenal dengan vaginitis ini bisa menyerang bagian vulva vagina, dan juga rongga vagina wanita. Keputihan abnormal yang dialami karena vaginitis ini akan lebih parah jika vagina dalam keadaan kotor.

Kebersihan Vagina

Kurang menjaga kebersihan vagina juga bisa membuat munculnya keputihan yang abnormal. Pada vagina terdapat bakteri-bakteri baik yang akan menjaga keseimbangan kadar asam pada daerah kewanitaan tersebut. Namun kebersihan vagina yang tidak terjaga akan membuat bakteri jahat berkembang lebih banyak dan mengganggu bakteri baik, akhirnya muncul keputihan abnormal.

Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan juga bisa menjadi penyebab penyakit keputihan wanita, misalnya seperti antibiotik yang dikonsumsi dalam waktu yang lama akan mengganggu sistem imun tubuh, dan akhirnya bakteri baik akan mati karena pemberian antibiotik, dan terjadi lah keputihan abnormal. Untuk itu jangan sembarangan untuk mengonsumsi obat-obatan. Konsultasikan dahulu dengan dokter terkait dengan penggunaan obat-obat tertentu.

Virus HPV

Penyebab penyakit keputihan pada wanita adalah karena virus HPV. Virus ini juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit menular seksual. Virus ini jika tidak segera diobati bisa menyebabkan seseorang terkena kanker. Virus ini bukan hanya menyebabkan keputihan, namun juga membuat munculnya rasa gatal dan juga sensasi panas pada lubang vagina.

Makanan

Makanan-makanan tertentu juga bisa menyebabkan keputihan, bahkan terjadi keputihan yang berlebihan. Makanan tersebut adalah tape singkong, jamur, pasta tomat, keju, mentimun, nanas, soda, makanan pedas, dan yang lainnya. Untuk menghindari terjadinya keputihan yang berlebihan, maka Anda cukup membatasi ataupun menghindari konsumsi makanan-makanan tersebut.

Jika Anda mengalami keputihan, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui penyebab keputihan yang Anda alami tersebut. Untuk mendiagnosa penyebab keputihan, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Setelah itu barulah Anda bisa melakukan cara mengatasi keputihan untuk mengurangi gejala ataupun mengobati keputihan yang Anda alami.

Untuk penggunaan obat-obatan penghilang bakteri, ataupun virus, bisa dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter terkait, agar tidak ada efek samping yang timbul karena penggunaan obat yang tidak benar.