Keputihan yang dialami wanita ada yang bersifat tidak normal bahkan menjadi indikasi adanya suatu penyakit. Keputihan abnormal ini biasanya akan menunjukkan gejala seperti berbau, berubah warna, dan juga menyebabkan gatal pada area kewanitaan. Hal ini tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya.

Ada beberapa cara menghilangkan keputihan pada wanita yang bisa membantu Anda untuk mengurangi gejala-gejala keputihan abnormal. Hal ini tentunya akan mengurangi rasa tidak nyaman yang kemungkinan akan Anda alami.

  1. Jaga Kebersihan Pakaian

Cara menghilangkan keputihan pada wanita yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan pakaian. Dengan menjaga kebersihan pakaian yang akan digunakan, khususnya pakaian dalam, akan membantu untuk mencegah bakteri datang dan bersarang di area vagina. Dengan begitu keputihan akan teratasi.

Gunakan pakaian longgar, dan pakaian dalam berbahan katun, agar area kewanitaan tidak lembab ataupun kering. Hal ini sangat membantu dalam menghilangkan keputihan dan juga gatal di area vagina.

  1. Hindari Cairan Pembersih Vagina

Namanya memang “pembersih vagina”, namun ternyata Anda harus menghindari penggunaannya pada organ kewanitaan Anda. Karena pembersih ini malah akan membuat keputihan meningkat. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung di dalamnya akan membuat pH murni vagina menjadi rusak, akhirnya bakteri baik di vagina akan mati.

  1. Hindari Makanan Berminyak

Keputihan akan menjadi lebih parah jika Anda mengonsumsi makanan berminyak. Dalam makanan berminyak terdapat kandungan lemak dan bisa membuat terjadinya perubahan hormon. Ketidakseimbangan hormon akan membuat keputihan menjadi lebih buruk. Selain itu, bisa juga membuat metabolisme menjadi terganggu. Oleh karena itu, cara menghilangkan keputihan pada wanita yaitu dengan menghindari makanan berminyak.

  1. Hindari Stress

Keseimbangan pH yang terganggu karena stres bisa menjadi penyebab terjadinya keputihan. Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang memiliki banyak aktivitas, sehingga banyak pula hal yang dipikirkan. Untuk itu, lakukan cara menghilangkan keputihan pada wanita dengan menghindari stres.

  1. Cukupi Kebutuhan Yodium

Tubuh yang kekurangan yodium akan membuat bakteri dan virus datang dengan mudah, termasuk bakteri yang bisa menyebabkan keputihan. Tubuh juga akan dengan mudah terinfeksi jamur yang menyerang vagina. Fungsi yodium untuk tubuh adalah sebagai antibiotik alami. Untuk itu penuhi kebutuhan yodium sehari-hari Anda.

  1. Antibiotik

Keputihan akibat infeksi jamur atau bakteri bisa diatasi dengan obat antibiotik. Namun sebelumnya Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan antibiotik golongan mentronidazole ataupun krim antibiotik. Pengobatan dengan antibiotik sebaiknya dilakukan ketika Anda sudah menjalani cara menghilangkan keputihan pada wanita secara alami.

  1. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau bisa membantu Anda untuk menghilangkan keputihan. Di dalam sayuran terdapat senyawa seperti zat klorofil, zat besi, vitamin dan mineral yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, jadi tubuh tidak mudah terserang bakteri atau jamur, terutama di area vagina.

Itulah beberapa cara sederhana untuk menghilangkan keputihan yang mengganggu. Munculnya keputihan memang akan membuat wanita menjadi tidak nyaman, dan cara-cara ini bisa membantu untuk mengatasi rasa ketidaknyamanan tersebut. Lakukan cara-cara tersebut secara rutin dan berkesinambungan, agar keputihan tidak menimbulkan masalah ataupun datang kembali.

Namun Anda tetap harus melakukan pemeriksaan ke dokter jika apa yang sudah Anda lakukan di atas sama sekali tidak membantu. Dengan melakukan konsultasi ke dokter, Anda akan tau penyebab keputihan yang Anda alami. Dan dokter bisa memberikan penanganan yang tepat.