Sebagai seorang wanita pasti tahu mengenai keputihan. Bahkan ada juga yang memiliki masalah dengan keputihan. Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina yang fungsinya adalah untuk membuang sel-sel mati dan juga bakteri agar vagina tetap bersih dan terhindar dari infeksi.

Namun ada juga keputihan yang terjadi dengan tidak normal, misalnya seperti keputihan yang sudah berubah teksturnya, berubah warna, berbau, dan juga menimbulkan gatal. Untuk itu, Anda harus mengetahui penyebab keputihan dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Keputihan

• Keputihan Karena Gangguan Di Kandungan

Penyebab terjadinya keputihan pada wanita bisa dikarenakan adanya gangguan di kandungan seperti kanker atau tumor. Hal ini dikarenakan umumnya gejala tumor ataupun kanker di kandungan diawali oleh munculnya keputihan. Keputihan karena gangguan ini biasanya disertai dengan bercak darah dan juga mengeluarkan bau yang menyengat.

Keputihan yang mengindikasikan adanya masalah di organ kandungan, biasanya ditandai dengan munculnya gejala seperti rasa tidak nyaman di perut bagian bawah, gangguan di siklus haid, demam, lemas, dan juga kurang bersemangat. Jika terjadi keputihan seperti ini, maka Anda harus segera mendapatkan penanganan, karena bisa menjadi tanda adanya kanker atau tumor. Keputihan dengan disertai bercak darah bisa menjadi tanda bahwa ada polip di organ kandungan atau leher rahim (polip rahim).

• Keputihan Karena Usia

Keputihan juga bisa dialami oleh wanita yang sudah berusia lanjut. Bahkan keputihan yang terjadi disertai dengan munculnya bercak darah. Hal ini dikarenakan organ kewanitaan mulai semakin menipis seiring bertambahnya umur.

Namun, masalah keputihan ini bisa terjadi pada wanita yang belum memasuki pubertas, wanita yang memasuki menopause dan juga wanita yang memiliki penyakit kencing manis atau diabetes. Pada wanita-wanita tersebut, lapisan selaput lendir organ kewanitaannya cenderung lebih tipis.

• Keputihan Karena Terdapat Benda Asing Di Organ Kewanitaan

Bukan tidak mungkin jika organ kewanitaan bisa dimasuki benda asing, misalnya pembalut, kapas atau yang lainnya. Hal ini lah yang bisa menimbulkan keputihan. Kejadian organ kewanitaan kemasukan benda asing juga bisa dialami oleh anak-anak yang belum terlalu mengerti tentang fungsi organ kewanitaannya.

• Terlalu Sering Dibersihkan

Keputihan sangat mungkin terjadi jika organ kewanitaan kita jarang di rawat, karena bakteri dan kuman bisa dengan mudah berkembang di area tersebut. Namun hal ini juga bisa terjadi pada organ kewanitaan yang terlalu sering dibersihkan. Apalagi jika membersihkan organ kewanitaan Anda dengan menggunakan sabun ataupun produk antiseptik yang sebenarnya tidak disarankan untuk digunakan. Kandungan keduanya bisa mengganggu keseimbangan ekosistem bakteri baik di organ kewanitaan. Hal ini bisa membuat berkembangnya bakteri buruk yang menyebabkan keputihan.

• Keputihan Karena Penyakit Menular

Ada beberapa penyakit menular atau penyakit kelamin yang bisa menyebabkan terjadinya keputihan, yaitu penyakit gonorea dan klamidia. Biasanya keputihan yang terjadi berwarna bening seperti keputihan normal. Biasanya penyakit menular ini bisa dialami wanita jika ia melakukan hubungan seksual dengan pria yang memiliki penyakit menular tersebut.

Cara Mengatasi

Keputihan bisa diatasi sesuai dengan penyebab keputihan tersebut terjadi. Misalnya seperti keputihan karena jamur, dokter akan memberikan obat anti jamur yang berbentuk krim ataupun gel. Jika disebabkan oleh bakteri, dokter akan memberikan antibiotik. Jika disebabkan oleh penyakit menular, maka dokter juga akan memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab penyakit menular tersebut.

Itulah penyebab keputihan dan cara mengatasinya yang wajib untuk Anda ketahui. Jika Anda belum yakin mengenai apa penyebab keputihan dan cara mengatasinya yang Anda alami, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kami di Klinik Utama Gracia.