Infeksi saluran kemih merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi pada organ sistem kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Pria atau wanita bisa mengalami gejala infeksi saluran kemih ini. Namun lebih banyak terjadi pada wanita, karena jarak saluran uretra yang lebih pendek. Infeksi saluran kemih ini memang terdengar sepele, namun bisa menjadi membahayakan jika tidak dilakukan pengobatan infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih ini terbagi menjadi dua berdasarkan gejala infeksi saluran kemih, yaitu infeksi saluran kemih bagian atas, dan bagian bawah. Infeksi saluran kemih bagian atas terjadi di ureter dan ginjal. Gejala infeksi saluran kemih bagian atas biasanya munculnya nyeri di selangkangan mual, dan juga demam. Sedangkan infeksi saluran kemih bagian bawah terjadi di uretra dan kandung kemih (sistitis). Gejala infeksi saluran kemih bagian bawah seperti sering merasa ingin buang air kecil, nyeri ketika buang air kecil, urine berwarna keruh, dan juga urine berbau tidak sedap.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Biasanya infeksi ini disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E. coli yang hidup di saluran cerna manusia. Namun bakteri ini bisa masuk ke saluran uretra ketika Anda tidak baik melakukan pembersihan setelah melakukan buang air kecil ataupun besar. Misalnya seperti penggunaan tisu toilet untuk membersihkan anus, namun menyentuh bagian kelamin, sehingga bakteri menjadi dapat masuk pada saluran kemih.

Infeksi saluran kemih juga bisa terjadi karena iritasi sehabis melakukan hubungan seksual, dan juga karena terganggunya kinerja dari pengosongan urine akibat sumbatan saluran kemih karena batu ginjal, dan lainnya.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

• Konsumsi air putih yang cukup. Konsumsi air putih yang cukup akan membantu untuk meningkatkan jumlah urin yang diproduksi oleh tubuh. Dengan begitu, infeksi saluran kemih dapat terobati dengan cara pembersihan kandung kemih dan juga saluran kencing. Konsumsi air putih ini juga berguna untuk membuang bakteri yang ada di dalam tubuh.
  • Konsumsi makanan sehat. Makanan seperti buah-buahan bisa dijadikan sebagai pengobatan infeksi saluran kemih yang Anda alami. Buah-buahan seperti nanas, dan juga blueberry bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan infeksi. Dalam buah nanas ini terdapat sifat anti inflamasi dan juga blueberry dapat menghambat bakteri. Anda juga bisa mengonsumsi jus apel atau cuka apel yang kaya akan kandungan kalium, enzim, dan mineral yang baik untuk mencegah tumbuhnya bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Keduanya juga dapat menjadi antibiotik alami untuk infeksi saluran kemih.
  • Menjaga kebersihan. Jagalah kebersihan organ intim Anda untuk pengobatan infeksi saluran kemih yang Anda alami. Usahakan, jika akan membasuh kemaluan, khususnya untuk wanita, harus dilakukan dari arah depan ke belakang. Lakukan hal ini setiap kali Anda buang air besar ataupun kecil. Biasakan untuk buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual. Tidak dianjurkan untuk sering berendam dan juga penggunaan wangi-wangian di area kewanitaan.
  • Kompres hangat. Lakukan kompres hangat untuk meminimalisir rasa sakit dan juga tekanan di bagian kandung kemih akibat infeksi saluran kemih tersebut. Selain itu juga dapat berguna untuk mengurangi peradangan dan mencegah bakteri menyebar.
  • Obat antibiotik. Dokter biasanya akan memberi obat antibiotik yang bisa Anda konsumsi. Biasanya anjuran penggunaan antibiotik untuk pria dan wanita akan berbeda. Untuk pria, dokter akan memberikan antibiotik untuk 7-14 hari minum, dan wanita selama 3-5 hari. Penggunaan antibiotik ini harus sampai habis agar bakteri musnah sepenuhnya dan infeksi yang Anda alami bisa sembuh.