Meski kondisi yang wajar, ternyata keputihan terus menerus akan mengganggu kenyamanan semua kalangan. Lantas apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya? Banyak kalangan wanita mengabaikan area kewanitaan. Padahal wanita sangat perlu menjaga area intim tersebut. Sebab area ini berkaitan dengan alat reproduksi di dalam panggul.

Tak hanya itu, infeksi atau penyakit di area intim bagian luar dengan mudah menyebar kedalam dan membawa dampak yang cukup serius. Ini menjadi penyebab banyak kalangan wanita mengalami keputihan terus menerus. Sekresi tersebut memang bersifat fisiologis atau memang sebagai tanda adanya penyakit yang menyertainya. Diambil dari sebuah sumber, keputihan merupakan alasan paling besar kenapa wanita mendatangi dokter dan mendapatkan penanganan setelahnya.

Lalu apa yang bisa menyebabkan seorang wanita mengalami keputihan? Tidak lain penyebab keputihan bisa karena infeksi maupun non infeksi. Leher rahim secara normal akan mengeluarkan cairan berwarna kuning, bersih, tak berlebihan, dan tidak akan menimbulkan keluhan. Keputihan yang normal pada umumnya terjadi menjelang masa subur seseorang.

Namun ketika keputihan terus menerus datang disertai rasa gatal, berbau busuk, kemerahan, rasa nyeri, panas, harus diwaspadai karena pertanda adanya infeksi pada vagina. Infeksi tersebut disebabkan oleh jamur, parasit, dan bakteri yang berbahaya.

Infeksi pada vagina akan berlanjut sampai ke saluran indung telur dan menyebabkan sumbatan di dalamnya. Keputihan berkaitan dengan infeksi menular seksual, dampak penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim.

Baca juga: Mudahnya Atasi Keputihan Kental

Apa Penyebab Keputihan Terus Menerus?

Keputihan yang tidak memberi infeksi, antara lain adanya benda asing yang ada dalam vagina, polip serviks, reaksi alergi atau karena persoalan kebersihan yang tidak baik di arena genital Anda.

Kunyit

Cara menangani keputihan terus menerus dan gatal tanpa ada efek samping yang serius yakni menggunakan kunyit. Kandungan zat antibakteri pada kunyit akan membantu atasi keputihan yang membandel pada vagina. Anda hanya perlu konsumsi perasan kunyit yang sudah diparut setiap hari.

Biji fenugreek memang masih terdengar asing di telinga Anda. Biji tersebut berasal dari tanaman dengan nama yang sama yakni fenugreek atau biasa disebut dengan klabet. Biji tersebut akan membantu meningkatkan jumlah PH pada vagina Anda. Caranya dengan merendam 1 biji fenugreek secara rutin setiap hari dan konsumsilah ketika sarapan.

Bawang putih merupakan resep herbal turun temurun karena mempunyai kandungan zat yang bersifat antibakteri serta antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang bisa dikatakan cukup berjalan efektif. Jika Anda mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan akan menghambat bakteri yang masuk di area genital. Kalian bisa makan bawang putih dengan cara apapun asalkan selalu teratur dan rutin. Begitulan cara mudah mengobati keputihan menggunakan bawang putih.

Daun sirih

Cara obati keputihan dengan daun sirih memang sudah terkenal. Buktinya yakni dengan banyaknya produk pembersih vagina yang menggunakan ekstrak tersebut. Zat yang ada dalam daun sirih memang bersifat antibakteri dan jamur. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu merebusnya beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelar air.

Kami Klinik Utama Gracia akan membantu masalah dan persoalan yang Anda alami. Semua proses akan ditangani oleh dokter yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Lakukan reservasi dengan mudah bersama kami di nomor 085714263063 ini. Anda juga bisa berkomunikasi dengan dokter kami dengan mudah di live chat online dibawah ini. Sekian kami sampaikan mengenai keputihan terus menerus, semoga bermanfaat, terima kasih.