Gejala vaginitis merupakan sebuah penyakit inflamasi pada area kelamin wanita yang mayoritas disebabkan oleh sebuah infeksi. Penyakit ini akan menimbulkan berbagai macam gejala yang diderita oleh kalangan anak-anak sampai dewasa.

Hampir semua kalangan wanita merasakan keluhan yang menimbulkan vaginitis, namun derajat penyakit yang ringan terkadang bisa hilang dengan sendirinya, sehingga banyak kalangan tidak mempermasalahkan kondisi yang ada.

Baca juga: Ketahui Penyebab Dan Gejala Vaginitis Pada Wanita



Bagaimana Gejala Vaginitis Bagi Kalangan Wanita?

Vaginitis secara umum disebabkan aktivitas infeksi yang secara langsung meyerang alat kelamin wanita. Penyakit juga dapat timbul akibat kebersihan yang kurang serta aktivitas seksual yang tidak sehat. Beberapa penyebab yang menimbulkan Vaginitis pada wanita antara lain:

Gejala vaginitis secara garis besar disebabkan oleh kegiatan infeksi yang secara langsung menyerang alat kelamin kalangan wanita. Penyakit tersebut timbul akibat kebersihan yang kurang efektif dan kegiatan seksual yang kurang sehat. Beberapa penyebab yang menimbulkan vaginitis terjadi kepada wanita diantaranya:

1.Infeksi

Infeksi di bagian vagina bisa disebabkan oleh paparan bakteri, jamur, dan virus yang akan menimbulkan berbagai gejala. Infeksi tersebut berkembang dan membuat keluhan kian parah. Contohnya penyebab infeksi antara lain:

2.Bakterial vaginosis

Salah satunya yakni infeksi bakteri yang menyebabkan vagina Anda terserang. Gardnerella vaginalis merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit tersebut. Gejala yang timbul tidak lain yakni keputihan, bau amis, nyeri ketika kencing dan gatal.

3.Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan infeksi bakteri yang timbul karena bakteri trichomonas vaginalis. Gejala yang bisa Anda rasakan yakni cairan berwarna kehijauan, berbau amis, bercak merah di vagina, serviks, dan nyeri perut.



4.Penyakit menular seksual

Kegiatan seksual yang tidak sehat akan menimbulkan infeksi yang berat pada wanita. Beberapa penyakit menular seksual yang berhubungan dengan gejala vaginitis antara lain:

Gonorea

Penyakit infeksi menular seksual akibat penularan bakteri gonore akan menimbulkan banyak tanda dan gejala. Salah satunya timbul cairan berwarna putih dari kelamin, sakit di area bawah perut, darah muncul ketika berhubungan seksual, atau terasa nyeri ketika kencing.

Sifilis

Penyakit sifilis merupakan kondisi yang disebabkan oleh bakteri dengan nama Treponema Pallidum. Gejala yang timbul adalah munculnya luka dengan bentuk bulat dan bersih pada area mulut serta kelamin yang terasa sakit. Jika dalam beberapa pekan luka tak segera disembuhkan, maka akan berisiko menjadi tampak kotor, nyeri, dan terdapat warna kemerahan yang mudah menyebar.

Herpes

Penyakit herpes memang sering dikenali, kondisi tersebut disebabkan oleh virus herpes simples atau HSV. Gejala herpes genital menjadi semakin terlihat seperti luka dengan warna putih kemerahan yang disertai rasa gatal dan nyeri. Virus yang masuk dalam tubuh memang tidak langsung aktif, lemahnya antibodi akan menimbulkan reaksi HSV sehingga menimbulkan beberapa tanda dan gejala.

HIV

Infeksi HIV merupakan kondisi mematikan yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus tersebut dapat menular melalui kegiatan seksual dan penggunaan jarum suntik. Banyak kombinasi gejala vaginitis yang timbul karena stadium penyakit tersebut, terutama karena adanya peradangan di area vital.

Estrogen

Hormone jenis estrogen memang mempengaruhi munculnya vaginitis pada beberapa kalangan wanita. Kekurangan hormone estrogen terkadang akan menimbulkan keluhan berupa iritasi dan gatal di area vagina. Kondisi tersebut memang sering muncul pada kalangan ibu hamil atau menopause. Hadirnya peradangan juga disebabkan oleh alergi serta iritasi pada bahan-bahan tertentu.

Penyebab munculnya alergi memang beragam. Anda bisa melakukan konsultasi bersama kami di Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan akurat. Lakukan reservasi dengan mudah bersama kami melalui nomor 085714263063 ini. Sekian kami sampaikan kepada kalian mengenai gejala vaginitis semoga bermanfaat.

Baca juga: Komplikasi Radang Panggul Parah Berulang


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.