Keputihan yang gatal dan berbau merupakan masalah umum yang sering terjadi pada vagina wanita. Keluarnya cairan yang dikenal dengan sekresi tersebut merupakan hal wajar. Namun Anda memang perlu waspada sebab ada beberapa jenis keputihan yang menjadi ciri dari sebuah infeksi. Keputihan tidak normal berwarna kuning kehijau-hijauan, mempunyai bau tidak sedap, teksturnya kental, hal tersebut disebabkan oleh jamur atau infeksi yang mendasarinya.

Masalah tersebut merupakan infeksi dan gejala dari zat iritasi tertentu, menopause, dan masih banyak hal lain. Rasa gatal bisa diindikasi sebagai gangguan pada kulit bahkan penyakit menular seksual. Ketika rasa gatal yang dialami terasa semakin berat serta panas, ada baiknya segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter.

Baca juga: Mencegah Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan



Beberapa Penyebab Keputihan Gatal Dan Berbau

1.Infeksi Jamur

Penyebab keputihan gatal dan berbau yang umum yakni akibat infeksi jamur di area vagina. Infeksi tersebut merupakan organisme yang menimbulkan keputihan tanpa warna. Warna keputihan ini mempunyai kemiripan dengan tekstur keju, sebenarnya keberadaan jamur merupakan hal normal dalam vagina, jika berada dalam batasan normal. Sayang Nya, rasa gatal yang ada dalam vagina akan menunjukan masalah tidak normal.

2.Perubahan keseimbangan bakteri

Perubahan bakteri di organ reproduksi vagina merupakan salah satu penyebab dari keputihan gatal dan berbau. Keadaan tersebut biasa dinamakan Bacterial Vaginosis, yakni sebuah kondisi infeksi yang terjadi pada vagina serta disebabkan oleh bakteri. Bakteri satu ini jumlahnya tidak seimbang, maka hal tersebut dapat menyebabkan bakteri baik menjadi kalah fungsionalnya.

3.Gonore dan klamidia

Klamidia dan gonore termasuk dalam penyakit menular seksual, salah satu tanda dan gejala yang ditimbulkan penyakit tersebut yakni keputihan berwarna kuning, kehijauan, dan kental.

4.Penyakit radang panggul

Infeksi tersebut ditularkan melalui sebuah hubungan seksual. Bakteri ini akan menyebar dalam vagina sampai ke organ reproduksi wanita, sehingga menghasilkan keputihan yang berat, gatal, dan mempunyai bau busuk.

5.HPV atau kanker serviks

Penyakit HPV merupakan permasalahan yang disebabkan oleh infeksi, biasanya disebarkan melalui kontak seksual yang memicu terjadinya kanker rahim. Gejalanya bisa berupa keputihan berwarna coklat dan tak sedap, terkadang muncul disertai pendarahan.



Apa Saja Yang Menyebabkan Timbul Rasa Gatal Pada Vagina

1.Iritasi

Vagina gatal bisa memicu reaksi alergi sehingga rasa gatal kerap muncul di area tersebut. Iritasi bisa disebabkan oleh beberapa jenis produk seperti sabun, krim, detergen, pelembut wajah, dan berbagai jenis produk lainnya.

2.Penyakit kulit

Beberapa penyakit kulit salah satunya eksim bisa menimbulkan gejala keputihan gatal dan berbau pada area kewanitaan. Eksim merupakan ruam yang muncul pada penderita asma atau alergi. Ruam tersebut terasa gatal merah dan menimbulkan sisik. Masalah tersebut dapat menyebar ke daerah vagina.

Kondisi kulit tersebut bisa menyebar ke area vagina. Sedangkan psoriasis merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh kulit bersisik, bercak kemerahan, gatal yang timbul pada sepanjang kulit, sendi, dan kepala, terkadang akan ditemukan di area vagina.

3.Stres

Stress secara fisik bisa menyebabkan vagina mengalami iritasi dan gatal. Stress tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga rentan terhadap infeksi yang menyebabkan rasa gatal.

Bagi Anda yang memperoleh tanda dan gejala keputihan gatal, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut bersama kami di Klinik Utama Gracia untuk memperoleh penanganan yang tepat. Anda bisa melakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 085714263063 ini. Demikian mengenai keputihan gatal dan berbau, semoga bermanfaat.

Baca juga: Mudahnya Atasi Keputihan Kental


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgraciajakarta.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai

panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.